6 Cara Mengatasi Demotivasi agar Selalu Produktif

Sumber foto : Freepik

Dihadapkan dengan sejumlah deadline yang menumpuk tapi hasrat untuk mengerjakannya kok tak pula muncul, ya? Bisa jadi kamu sedang merasa demotivasi dimana rasa jenuh atau bosan menghampiri diri. Demotivasi adalah sebuah perasaan lelah, ingin menyerah dan merupakan lawan kata dari motivasi yang diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Mengutip pernyataan Dimas Aryo, seorang Dosen Fakultas Psikologi di Universitas Airlangga, “Demotivasi muncul apabila seseorang merasa stres karena tidak ingin dan tidak mampu melakukan sesuatu”. Demotivasi rentan terjadi dan berdampak buruk untuk produktivitas. Jadi sama-sama menggali lebih dalam yuk bagaimana cara mengatasinya!

1. Interaksi dengan Orang Sekitar

Two young asian women working with laptop computer at home office ...

Sumber foto : Freepik

Interaksi dengan orang sekitar dapat memberimu perspektif baru dalam berpikir. Jika kamu mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dalam lingkungan sosial, misalnya, mintalah teman atau anggota keluarga untuk pergi bersama kamu. Teman atau anggota yang kamu ajak untuk pergi berfungsi sebagai pereda stres dan dapat mengurangi rasa kesulitan saat kamu sedang merasa demotivasi. Orang tersebut akan membantu kamu untuk merasa aman dan nyaman, sehingga kamu cukup percaya diri untuk melakukannya sendiri. 

2. Hindari Overthinking

Beautiful asian business young woman fell happy after receiving ...

Sumber foto : Freepik

Overthinking datang kerap disebabkan oleh sejumlah masalah yang datang bertubi-tubi namun tak kunjung kamu temukan solusinya. Rasa jenuh akan masalah membuat demotivasi datang menghampiri. Alih-alih terus memikirkan masalah tersebut, mari buat skala prioritas. Buat lah sebuah daftar mengenai problematika yang kamu hadapi dan lihat urgensi dari setiap poin yang kamu buat. Dengan begitu, kamu dapat membertimbangkan masalah mana yang solusinya lebih mudah untuk ditemukan. Perlahan-lahan, cara ini akan membantu kamu terbebas dari beban pikiran. 

3. Temukan Hobi

Asian beautiful woman playing electronic piano at home. | Premium ...

Sumber foto : Freepik

Habiskan waktu luang yang kamu punya untuk melakukan hobi atau kegiatan yang kamu sukai, seperti memasak, membaca buku, berolahraga, menonton film, bermain musik atau mulai geluti hobi baru seperti bersepeda mungkin yang sedang hype akhir-akhir ini? Selain itu, pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin kamu coba. Selain terhindari dari demotivasi, membuat kamu bahagia, mempelajari dan menguasai keterampilan baru bisa menjadi pengingat tentang bakat dan minat kamu, lho! 

4. Set Your Goal!

Happy asian woman working in office | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Demotivasi dapat diatasi dengan cara ini : mulailah untuk menentukan pilihanmu. Ingat, fokus pada hal yang ingin kamu raih. Buat target yang realistis untuk kamu gapai, misalnya saat ini kamu sedang merasa demotivasi karena tidak ada tantangan baru terhadap apa yang kamu kerjakan. Kamu dapat keluar dari zona nyaman dengan mengambil tanggung jawab lebih besar, mempelajari hal yang sebelumnya tidak pernah terjamah dan hindari konsentrasi yang terpecah-pecah. Jauhkan diri dari gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi  misalnya saat belajar atau bekerja, jauhkan diri dari handphone dan medsos.

5. Lawan Rasa Takut

Worried, hopeful young asian male entrepreneur, businessman ...

Sumber foto : Freepik

Rasa takut dapat muncul di luar kendali. Hadapi rasa takut yang kamu rasakan, menerima kondisi tersebut bisa sangat membantu dalam mengekang pemikiran yang berlebihan. Tanamkanlah dalam diri bahwa rasa takut adalah hal yang manusiawi dan setiap manusia memiliki batasan masing-masing, kamu tidak harus menguasai semua aspek. Fokus pada hal yang kamu sukai, gali lebih dalam potensi yang kamu miliki dan melangkah maju. Kegiatan seperti berolahraga ringan dapat membantumu dari pikiran yang berlarut-larut. 

6. Istirahatkan Tubuh

Sleeping Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Manfaat tidur cukup adalah menumbuhkan komunikasi silang yang lebih besar antara belahan kanan dan kiri otak kamu, yaitu mendorong pembicaraan silang antara otak kreatif dan otak analitis kamu. Jadi, saat kamu sedang merasa sulit untuk menemukan ide-ide baru, yang ujung-ujungnya membuatmu merasa demotivasi tatkala melakukan pekerjaan, kamu bisa menyempatkan diri untuk tidur sejenak atau perbaikilah pola tidur. Selain itu, waktu tidur yang cukup dapat membantu memperkuat kemampuan tubuh untuk mengatasi stres, jadi disarankan untuk manfaatkan waktu tidur optimal agar tubuh dan pikiran dapat optimal di keesokan hari! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share