6 Cara Cegah Lemas selama Puasa saat WFH

Sumber foto : Fine Art America

Menjalani puasa selama WFH (Work From Home), tidak jarang dilanda rasa lemas dan lapar. Konsentrasi penuh yang diberikan saat bekerja menyebabkan energi tubuh terkuras. Nah, bagaimana cara mensiasati agar tetap bekerja produktif di rumah dan puasa berjalan lancar tanpa lemas dan lapar melanda? Yuk lakukan 6 cara ini!

1. Makan dan Minum yang Cukup selama Sahur dan Berbuka Puasa

Comida vegana saludable en envases de vidrio, vista superior ...

Sumber foto : Freepik

Kalau kamu kerap merasakan gejala penyakit maag, jangan sampai melewatkan sahur yaa. Makan sahur dapat mencegah tubuh yang lemas saat lebih dari 12 jam berpuasa serta mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat sedang berpuasa. Oh iya, makanlah dengan perlahan dan dalam jumlah secukupnya. Hindari makan dalam jumlah yang banyak dalam waktu sahur maupun berbuka. 

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih

6 Tips Diet saat Puasa yang Efektif & Tanpa Lesu

Sumber foto : We Heart It

Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Nah, penting banget nih untuk kamu agar selalu konsumsi air putih selama buka puasa dan sahur. Hindari konsumsi minuman manis dan dingin saat berbuka puasa guna cegah radang tenggorokan. Kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih, yaitu sekitar 8 sampai 12 gelas per harinya yang dapat kamu bagi 4 sampai 5 gelas sahur dan sisanya saat berbuka puasa. Jadi, selalu sedia air minum ya agar tidak dehidrasi. 

3. Jangan Lupa Olahraga

Sumber foto : Freepik

Berpuasa tidak menjadi halangan untuk produktif, lho! Justru kalau kamu hanya berdiam diri saat puasa, rasa lapar dan haus kian terasa. Tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan selama puasa. Untuk menambah kebugaran tubuh saat berpuasa dan cegah lemas, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Selain itu, pastikan kamu mendapat tidur yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa di tengah pandemi. Olahraga dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit. 

4. Hindari Gorengan dan Makanan Instan saat Sahur

Instant Noodle | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Siapa disini yang gemar konsumsi gorengan atau makanan instan saat sahur? Jauhkan diri dari kedua makanan ini dulu yaa. Sebab gorengan dan makanan instan hanya memberi rasa kenyang sementara saja. Untuk cegah lemas saat puasa selama WFH, konsumsi karbohidrat baik seperti gandum, oat, nasi merah, ubi atau jagung agar puasa tidak lesu namun perut tetap terisi. Tenang, kalori dalam karbohidrat baik ini kecil, tidak membuat berat badan melonjak.

5. Pilih Karbohidrat dan Serat

Toast Bread | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan serat seperti almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum adalah asupan yang tepat dikonsumsi saat puasa saat sahur dan berbuka untuk cegah lemas saat puasa selama WFH. Untuk menu buka puasa, dapat diawali dengan air putih dan hindarilah minuman manis seperti es buah atau yang memiliki kandungan gula tinggi.

6. Konsumsi Vitamin C

Orange Fruit | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Pastikan kamu dan keluarga mengkonsumsi vitamin C yang cukup saat sahur dan buka puasa, ya! Bukan rahasia lagi jika vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa peroleh vitamin C dari banyak sumber, contohnya buah-buahan. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C. Tahukah kamu bahwa menjaga kekebalan tubuh dan juga melawan berbagai macam jenis penyakit. Buah jeruk cocok sekali sebagai alternatif menjaga kekebalan tubuh alih-alih mengkonsumsi obat-obatan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!6 Tips Diet saat Puasa yang Efektif & Tanpa Lesu

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

 

Share