6 Cara Cegah Diare Saat Berpuasa yang Efektif

Sumber foto : Freepik

Melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tentu tidak ingin pelaksanaannya terganggu karena kondisi kesehatan menurun bukan? Penyakit yang umumnya menyerang saat puasa adalah diare. diare Saat puasa seringkali disebabkan karena penerapan pola makan yang salah selama puasa. Yuk, simak 6 cara cegah diare saat berpuasa yang efektif berikut ini!

1. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Aneka Gorengan Unik Untuk Dijual - 5 Ide Gorengan yang Menguntungkan

Sumber foto : Ruang Bisnis Indonesia

Ketika buka puasa, biasanya digunakan untuk memilih makanan sepuasnya karena sudah menahan lapar dan haus seharian. Untuk cegah diare saat berpuasa di esok jari, baiknya hindari pemilihan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti sosis, pizza, keju, gorengan, kue kering dan juga cokelat. Makanan berlemak tinggi dapat memperparah diare dan sakit perut, jadi sebisa mungkin hindari makanan ini untuk saat buka puasa maupun sahur, ya! 

2. Penuhi Asupan Cairan Tubuh saat Sahur dan Buka Puasa

Terapkan 4 Tips Ini Agar Selalu Aman Saat Berbuka Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona!

Sumber foto : Freepik

Disaat hari-hari biasa, kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2,5 liter per hari. Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Nah, penting banget nih untuk kamu agar selalu konsumsi air putih selama buka puasa dan sahur. Hindari konsumsi minuman dengan pemanis buatan saat berbuka puasa guna mencegah diare.

3. Jangan Konsumsi Makanan Pedas

Ramen Instant | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kalau bulan puasa seperti sekarang paling nikmat waktu berbuka ditemani dengan gorengan dengan cabe rawit pedas atau baso aci pedas berkuah panas. Wuih, ini nih yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan. Nah, tapi untuk cegah diare saat puasa, hindari makanan pedas, baik untuk makan sahur maupun berbuka. Makanan pedas yang banyak ini bisa membuat perut iritasi dan mengakibatkan perut sakit hingga diare. 

4. Konsumsi Yogurt

Yoghurt | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Wah, kalo manfaat yogurt satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Minuman yang mengandung probiotik ini memiliki khasiat baik untuk pencernaan. Bakteri baik alias probiotik dalam yogurt baik untuk pencernaan sehingga dapat mencegah diare. Kalau kamu merasa buang air kurang lancar, konsumsi yogurt secara rutin. Yogurt bermanfaat untuk meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus. Yogurt memang sahabat yang baik untuk pencernaan!

5. Rutin Cuci Tangan

Wash your Hands, 41 Best Free Graphics on Freepik

Sumber foto : Freepik

Sebelum menyiapkan makanan, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun antiseptik. Cucilah tangan selama 20 detik dengan bersih secara menyeluruh hingga ke sela-sela jari. Jika bahan makanan baru dibeli dari supermarket, cuci terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun. Pastikan alat makan dan alat memasak juga dicuci dengan bersih untuk menghindari virus atau bakteri yang menempel.

6. Masak Makanan Hingga Matang

Portrait of asian woman showing green basil leaves in kitchen ...

Sumber foto : Freepik

Usahakan agar semua bahan makanan dimasak dengan matang dan mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak. Gunakan pisau yang berbeda saat memotong daging dan makanan matang, jika tidak bakteri yang masih menempel dalam makanan mentah dapat berpindah ke makanan yang sudah matang. Gunakan alas saat memotong bahan makanan. Cara cegah diare saat puasa ini dinilai efektif karena makanan yang diproses dengan baik saat dimasak dapat memberantas bakteri penyebab diare muncul.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Memungkinkan Untuk Berpuasa

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app 

Share