5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Kulibur

Wah, tidak terasa sebentar lagi hari Raya Idul Fitri segera datang! Bagaimana puasanya di bulan Ramadhan ini? Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak lagi bisa dirayakan dengan mengunjungi rumah-rumah kerabat dan keluarga ataupun berkumpul bersama seluruh anggota keluarga besar sambil menyantap ketupat serta sajian khas lebaran lain. Namun, kamu tetap bisa lho rayakan lebaran di rumah saat pandemi corona seperti ini dengan seru tanpa menghilangkan unsur silaturahmi. Apa saja tipsnya?

1. Bersih-Bersih Rumah

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Freepik

Kebersihan adalah hal yang utama untuk memerangi virus. Nah, untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona), langkah preventif berupa membersihkan barang-barang pribadi atau yang sering mengalami kontak dengan kita. Yuk lakukan bersih-bersih rumah sebelum rayakan lebaran bersama keluarga di rumah!

Para peneliti berkata bahwa virus corona dapat bertahan hingga sembilan jam di benda-benda keras, seperti baja, plastik, tak terkecuali benda-benda di rumah. Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (corona), langkah preventif berupa membersihkan ruangan dan benda-benda yang sering kita sentuh. Agar lebaran di rumah terasa lebih comfy, tidak ada salahnya tuk lakukan bersih-bersih.

2. Silaturahmi Virtual dengan Keluarga Besar

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Unsplash.com

Di rumah aja tidak menghalangimu untuk silaturahmi dengan keluarga besar. Meski raga tak bersua, kamu bisa memanfaatkan pertemuan virtual lho berkat canggihnya teknologi. Kalau biasanya lebaran dirayakan dengan berkumpul bersama seluruh anggota keluarga besar, kini kamu bisa menggunakan video call nih untuk berkumpul untuk jalin silaturahmi bersama mereka. 

Sebelum melakukan online video meeting, pastikan kamu memilih aplikasi yang tepat. Ada berbagai aplikasi yang memfasilitasi pertemuan online dalam jumlah banyak seperti Zoom dan Google Hangout. Supaya lebih seru, jangan lupa janjian untuk menggunakan warna outfit yang sama dengan keluarga besar agar momen lebaran tetap kompak.

3. Kirim Hampers Lebaran melalui Layanan Delivery

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Instagram/pandorcakes

Terapkan sistem contactless delivery untuk mengirim hampers lebaran pada kerabat dan keluarga. Saat memesan, informasikan kepada petugas untuk tidak memberikan makanan secara langsung pada para kerabat dan keluarga. Pastikan kamu menggunakan pembayaran non-tunai, memudahkanmu membayar dari jarak jauh. 

Ingatkan para kerabat dan keluarga setelah menerima hampers lebaran yang kamu kirim, segera buang plastik pembungkus. Jangan lupa semprotkan cairan desinfektan yang aman untuk makanan (jika hampers lebaran ada unsur makanan) agar higienis. Terapkan hal yang sama saat kamu menerima hampers lebaran, ya!

4. Jaga Kebersihan Bahan Makanan

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Wikipedia

Lebaran identik dengan hidangan lezat seperti ketupat, rendang, opor… wuih lengkap deh pokoknya! Sebelum menyiapkan makanan, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun antiseptik. Jika bahan makanan baru dibeli dari supermarket, cuci terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun.  

Pastikan alat makan dan alat memasak juga dicuci dengan bersih untuk menghindari virus atau bakteri yang menempel. Usahakan agar semua bahan makanan dimasak dengan matang dan mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak. Gunakan pisau yang berbeda saat memotong daging dan makanan matang, jika tidak bakteri yang masih menempel dalam makanan mentah dapat berpindah ke makanan yang sudah matang.

5. Tidak Menerima Kunjungan ke Rumah

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Sumber foto : Freepik

Saat lebaran, sebaiknya lakukan dengan orang-orang rumah saja, ya! Jangan mengundang teman, saudara, dan sebagainya untuk menghindari keramaian serta perkumpulan agar menekan penyebaran virus corona. Kita tidak tahu apakah orang yang kita undang terbebas dari virus corona atau tidak. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang tersebut adalah carrier atau silent carrier

Menerima tamu-tamu atau mengundang banyak orang ke rumah saat lebaran membuat kita tidak menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman antar manusia 1,5 – 2 meter. Kemudian, interaksi antar manusia yang terlalu dekat juga dapat meningkatkan risiko penularan karena virus corona menular dari droplets atau percikan liur manusia. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

5 Tips Rayakan Lebaran di Rumah saat Pandemi Corona

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

 

Share