5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Semakin dini dalam mempersiapkan tabungan hari tua, maka akan semakin ringan bebanmu tatkala menghadapi masa pensiun nanti. Usia produktif bekerja rata-rata hingga usia 55 tahun. Kemudian, bagaimana kehidupan hari tua kelak? Agar terencana, yuk mulai cari tahu tips merencanakan tabungan hari tua! Kelola dana sejak dini, berinvestasi, dapat jadi pilihan.

1. Siapkan Rekening Khusus untuk Menabung

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Kamu bisa menggunakan rekening terpisah untuk menyimpan tabungan. Dengan begitu, kamu akan membuatmu merasa tenang karena siap akan kemungkinan-kemungkinan yang ada serta menjadi tabungan tersendiri di hari tua kelak. Kamu bisa menghilangkan pengeluaran untuk jalan-jalan dan bersenang-senang untuk mengisi pos dana darurat. 

Jika kamu mempunyai sisa dana atau sisa gaji sebaiknya kamu simpan sebagai di rekening khusus tabungan. Kamu bisa menggunakan dana tersebut sewaktu-waktu saat momen krisis seperti ini. Jika gaji yang kamu terima dipotong, kamu boleh untuk tidak menabung dulu untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bekerja di rumah. Jika kamu masih ada sisa dana, segera prioritaskan untuk mengisi rekening khusus tabungan, ya!

2. Kenali Program Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta BJPS Ketenagakerjaan atau ahli warisnya. Jaminan Pensiun memberikan penghasilan setelah peserta memasuki masa pensiun, mengalami cacat total, atau meninggal dunia.

Kemudian Jaminan Hari Tua adalah program jangka panjang yang diberikan secara berkala sekaligus sebelum peserta memasuki masa pensiun, anak atau ahli waris yang sah jika peserta meninggal dunia, dan bisa diterimakan pada janda atau duda. JHT baru akan diberikan jika karyawan telah mencapai usia 57 tahun/meninggal/cacat total tetap, berhenti bekerja, dan telah memenuhi kesertaan selama lima tahun dan masa tunggu selama 1 bulan, atau pergi ke luar negeri dan tidak kembali lagi. 

3. Siapkan Asuransi Kesehatan Sedini Mungkin

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Penghitungan jumlah premi pada asuransi kesehatan bergantung pada beberapa faktor seperti biaya tanggungan, profesi dan tak terkecuali usia untuk menentukan jumlah yang kamu bayarkan. Tentunya, terdapat perbedaan jumlah premi nasabah yang berusia 20 tahun dan 40 tahun bahkan lebih. Kondisi sehat dan lajang pun turut mempengaruhinya.

Tidak dipungkiri lansia cenderung lebih rentan terkena penyakit sehingga lebih banyak memerlukan pengobatan atau perawatan. Nah, tidak ada salahnya lho untuk memiliki asuransi kesehatan sedini mungkin, terlebih dengan riwayat penyakit yang belum tergolong parah agar jumlah premi yang dibayarkan tidak terlalu besar. 

4. Investasi Alih-Alih Lakukan Pengeluaran Tidak Perlu

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Mungkin kamu banyak menghabiskan waktu pada ponsel atau sekedar membuka aplikasi shopping online, apalagi setelah gajian. Nah, jangan tergiur dengan diskon atau promo-promo lainnya, ya! Kurangi belanja kebutuhan yang konsumtif seperti baju, sepatu, make up, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa hindari membeli barang-barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Kamu bisa mengalihkan anggaran tersebut untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari yang memang dibutuhkan. Selain itu, sebaiknya simpan dana untuk tabungan hari tua kelak seperti berinvestasi saham, reksdana, properti dan lain-lain Sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengeluarkan dana jika ingin memiliki hari tua sejahtera.

5. Buat Catatan Keuangan

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Sumber foto : Freepik

Sebaiknya kamu mengatur target maksimum jumlah uang yang kamu keluarkan dalam sebulan. Nah, setiap kamu menerima gaji, langsung catat ya! Setelah itu, catat pengeluaran kamu sehari-hari agar lebih terkontrol. Selain itu, kamu akan lebih bijak dalam memakai serta mengatur keuangan.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran sangat bermanfaat untuk kamu jika kamu termasuk orang yang boros dan susah mengatur keuangan. Dengan selalu mencatat pengeluaran, kamu akan lebih mudah mengevaluasi pengeluaran sehari-hari serta bulanan kamu. Jadi, tidak perlu lagi khawatir dengan keuangan di hari tua. Mulailah untuk mencatat pengeluaran kamu sekarang juga!

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

5 Tips Merencanakan Tabungan Hari Tua Agar Selalu Sejahtera

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app 

Share