5 Tips Mengelola Keuangan saat New Normal

Sumber foto : Freepik

Aksi antisipatif perlu dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan tak terkecuali keuangan. Mengumpulkan uang untuk mempersiapkan tabungan memang tidaklah mudah, perlu perhitungan khusus untuk mengalokasikannya dari penghasilan yang didapat terlebih di masa New Normal seperti ini. Beberapa dari kita sudah kembali bekerja seperti biasa di kantor maupun tetap WFH. Nah, supaya tidak kalap begitu terima gaji, yuk ketahui 5 tips mengelola keuangan saat New Normal!

1. Alokasikan Gaji untuk Menabung

Asian women save money with collect coins in glass bottles ...

Sumber foto : Freepik

Kamu dapat menyimpan sebagian uang gaji untuk mengisi tabungan. Hal ini penting banget karena tabungan ditujukan untuk menghadapi berbagai kondisi tak terduga dalam kehidupan. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, saat keuangan tidak stabil, dana darurat dapat membantu jika kamu mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kamu bisa mengalokasikan 20-30% uang dari gaji untuk mengisi pos dana tabungan. Pisahkan tabungan dalam rekening khusus yang terpisah agar tidak tercampur dengan dana lainnya dalam keuangan. Pilih instrumen tabungan yang mudah dicairkan dan rendah risiko, seperti uang tunai, deposito, emas, atau reksadana pasar uang. Jadi, uang gaji tidak hanya akan kamu habiskan dengan berbelanja keperluan sehari-hari. 

2. Buat Rekening Khusus Tabungan

Debit Credit | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Kamu bisa menggunakan rekening terpisah untuk menyimpan gaji. Dengan memiliki rekening khusus tabungan juga akan membuatmu merasa tenang karena siap akan kemungkinan-kemungkinan yang ada di tengah-tengah pandemi seperti ini. Kamu bisa menghilangkan pengeluaran untuk jalan-jalan dan bersenang-senang untuk mengisi rekening tabungan. 

Jika kamu mempunyai sisa dana atau sisa gaji sebaiknya kamu simpan sebagai di rekening tabungan ini. Kamu bisa menggunakan dana tersebut sewaktu-waktu saat momen krisis. Jika gaji yang kamu terima dipotong di masa New Normal, kamu boleh untuk tidak menabung dulu untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bekerja di rumah. Jika kamu masih ada sisa dana, segera prioritaskan untuk mengisi rekening tabungan, ya!

3. Tinggalkan Gaya Hidup Konsumtif

Beautiful asian woman friends using smartphone while shopping in ...

Sumber foto : Freepik

Yuk mulai jauhi gaya hidup konsumtif, untuk mengelola keuangan saat New Normal Mungkin kamu banyak menghabiskan waktu pada ponsel atau sekedar membuka aplikasi shopping online. Nah, jangan tergiur dengan diskon atau promo-promo lainnya, ya! Kurangi belanja kebutuhan yang konsumtif seperti baju, sepatu, make up, dan sebagainya.

Gaya hidup konsumtif hanya membuatmu membeli barang-barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Kamu bisa mengalihkan anggaran dari gaji untuk membeli kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah. Selain itu, sebaiknya simpan dana untuk ditabung atau berinvestasi di saat seperti ini. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, jadi sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengeluarkan dana. 

4. Yuk Investasi!

Asian couple planning for the investment | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Nih satu tips lagi untuk mengelola keuangan saat New Normal. ketika mendapat gaji, bisa kamu alihkan untuk investasi. Demi keuangan yang sehat, kamu harus sadar pentingnya investasi lho! Investasi dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan di masa depan. Nah, kamu bisa menyisihkan 10-20% uang gaji untuk mengisi pos investasi.

Pilih instrumen investasi yang rendah risiko, aman, dan sesuai dengan pengetahuan finansial kamu. Investasi memberikan keuntungan jangka panjang bagi kamu ataupun keluarga kamu. Investasi dalam bentuk properti, emas, deposito, kurs mata uang asing memiliki risiko yang lebih kecil dibanding investasi saham. Nah, investasi sangatlah penting untuk mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa yang akan datang dan melindungi aset yang kita miliki. 

5. Miliki Asuransi

Life and health insurance policy | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Asuransi dapat dikatakan sebagai salah satu solusi pencegahan meski terjadi musibah yang tentunya tidak diinginkan. Untuk itu, dengan memiliki asuransi, sama saja dengan menyiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi dan dapat berfungsi sebagai salah satu investasi juga lho. 

Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan karena hal ini berpengaruh juga lho ke premi yang akan dibayar. Terlebih jika mengenai asuransi kesehatan keluarga yang tentunya membutuhkan budget lebih. Jadi pastikan kamu memilih jenis perawatan yang memang kamu butuhkan agar bisa mengatur biaya.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share