5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : Freepik

Memiliki asuransi kesehatan sangat bermanfaat karena kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya kesehatan yang harus dikeluarkan. Dalam dunia asuransi, terdapat dua sistem klaim, yaitu reimbursement dan cashless. Tentu saja cashless lebih praktis dan efisien dalam proses klaim serta berbagai manfaat dapat kamu temui dengan memiliki asuransi ini. Lalu, apa saja kah tips memilih asurasni kesehatan cashless yang tepat?

1. Pilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Jaminan yang Lengkap

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : Freepik

Saat memilih asuransi kesehatan cashless, cermati jaminan yang ditawarkan, minimal harus meliputi perawatan jalan dan rawat inap. Fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini biayanya paling besar. 

Kemudian, kamu bisa menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan kamu untuk mendapat jaminan tambahan dan fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan cashless. Fitur layanan tambahan dapat berupa perawatan kesehatan gigi, persalinan, program kehamilan, dan sebagainya. Luas jaminan yang kamu inginkan akan mempengaruhi besaran premi yang harus kamu bayar tiap bulan. 

2. Perhatikan Masa Tunggu Penyakit

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : Freepik

Asuransi kesehatan memiliki syarat masa tunggu, yaitu beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal berlaku asuransi. Pilih asuransi kesehatan cashless dengan masa tunggu penyakit yang singkat. Sebaiknya tanyakan ke agen asuransi tentang penyakit apa yang masuk ke dalam masa tunggu dan berapa lama waktunya. 

Jika penyakit kamu masuk ke dalam masa tunggu, pilih asuransi kesehatan cashless dengan masa tunggu tersingkat walaupun rentang waktu yang dibutuhkan biasanya bervariasi dan bergantung pada jenis penyakitnya. Pilih asuransi yang memiliki reputasi serta kualitas yang baik dengan pelayanan yang handal dan prima. 

3. Manfaat Perlindungan yang Lengkap adalah Hal Penting

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : New Straits Times

Biasanya asuransi kesehatan cashless memberikan manfaat perlindungan terhadap penggantian biaya kesehatan lebih lengkap dibanding reimburse. Nah, asuransi kesehatan reimburse hanya mengganti biaya kamar per hari, obat-obatan, dan biaya operasi. 

Dengan metode cashless, pihak asuransi mengganti biaya kamar, obat-obatan, dokter, operasi, biaya yang terjadi sebelum rawat inap, biaya setelah rawat inap, kemoterapi, pasien kecelakaan, rawat jalan, dan sebagainya. Oleh karena itu, ketika kamu atau anggota keluarga sakit, kamu hanya perlu membayar kelebihan biaya apabila kamu menggunakan kamar di atas manfaat yang diambil atau biaya obat-obatan yang melebihi pertanggungan. 

4. Pilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Proses Klaim Mudah

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : Freepik

Agar klaim asuransi kesehatan cashless kamu tidak ditolak oleh rumah sakit, pastikan klinik atau rumah sakit yang kamu kunjungi bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang kamu miliki. Selain itu, pelajari polis asuransi kesehatan cashless karena beberapa polis memiliki beberapa pengecualian, yaitu kondisi di mana biaya kesehatan tidak ditanggung oleh pihak asuransi. 

Pelajari pengecualian yang berupa masa tunggu karena berlaku untuk kondisi kesehatan tertentu. Kemudian, pelajari plafon dari setiap produk asuransi kesehatan yang tersedia. Plafon sendiri adalah batas maksimal biaya medis yang ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi, jika biaya kesehatan kamu melebihi maksimal biaya yang ditanggung, maka kamu harus membayar sisanya. 

5. Miliki Asuransi Kesehatan Cashless Sedini Mungkin

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Sumber foto : Freepik

Umur menentukan jumlah premi maka ada baiknya untuk ajukan asuransi kesehatan cashless sedini mungkin. Kamu dapat menghemat karena membayar premi asuransi kesehatan lebih murah. Risiko terkena penyakit lebih kecil saat usia muda, sehingga kemungkinan diterima asuransi lebih besar. 

Selain itu, memiliki asuransi kesehatan sejak muda menjamin kesejahteraan hidup di hari tua kelak lho. Jadi seperti memiliki tabungan sejak muda. Tidak ada salahnya mencoba tips ini! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless dengan Tepat

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share