5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan. Apa Saja?

Sumber foto : We Heart It/@Witszen

Memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu prioritas penting lho dalam hidup. Manfaat asuransi kesehatan lain adalah dapat membantu kamu dalam mengatur keuangan. Seperti layaknya tabungan, asuransi kesehatan merupakan aset yang melindungimu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Nah, ada tips-tips jitu lho ketika hendak memilih asuransi kesehatan. Apa saja, ya?

1. Sesuaikan dengan Keuangan

Saat ini sudah banyak banget asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari rawat inap dengan pilihan kamar kelas atas, hingga berbagai layanan perawatan lainnya seperti kesehatan gigi dan lain-lain. Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan karena hal ini berpengaruh juga lho ke premi yang akan dibayar. Terlebih jika mengenai asuransi kesehatan keluarga yang tentunya membutuhkan budget lebih. Jadi pastikan kamu memilih jenis perawatan yang memang kamu butuhkan agar bisa mengatur biaya.

2. Bandingkan

Nah, kalau kamu sudah memilih asuransi dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu, saatnya melakukan perbandingan. Tidak ada salahnya untuk melihat asuransi serupa dari perusahaan-perusahaan lain untuk membandingkan kualitas, seperti rumah sakit mitra. Hal ini penting, terlebih perihal pemilihan rumah sakit. Perbandingan ini berpengaruh juga lho terhadap fasilitas kesehatan yang kamu terima seperti obat-obatan serta layanan-layanan penunjang lainnya. Jadi, harus dibandingkan betul-betul terlebih dahulu, ya! 

3. Pilih Asuransi Kesehatan yang Praktis

Untuk memudahkan claim saat menggunakan asuransi, kamu disarankan menggunakan sistem cashless nih dimana kamu hanya perlu menggunakan kartu asuransi saja untuk melakukan pembayaran biaya kesehatan. Lebih praktis, bukan? Jadi, kamu tidak perlu lagi melakukan reimbursement yang mewajibkanmu membayar dengan uang cash terlebih dahulu di awal lalu diganti pihak asuransi setelahnya. Mempersingkat waktu dan efisien tentunya!

4. Lihat Rumah Sakit Rekanan

Setiap perusahaan asuransi memiliki jumlah rekanan rumah sakit yang berbeda-beda. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan rumah sakit yang memiliki lokasi dekat dengan rumah, jadi akan memudahkan  ketika perlu menggunakan fasilitas kesehatan dalam keadaan apapun. Oh iya, pilihlah asuransi yang memiliki cakupan kerjasama dengan banyak rumah sakit sehingga fasilitas kesehatan yang ditawarkan beragam dan tidak terpaku di satu rumah sakit saja.

5. Miliki Asuransi Sedini Mungkin

Umur menentukan jumlah premi maka ada baiknya untuk ajukan asuransi kesehatan sedini mungkin. Kamu dapat menghemat karena membayar premi asuransi kesehatan lebih murah. Risiko terkena penyakit lebih kecil saat usia muda, sehingga kemungkinan diterima asuransi lebih besar. Selain itu, memiliki asuransi kesehatan sejak muda menjamin kesejahteraan hidup di hari tua kelak lho. Jadi seperti memiliki tabungan sejak muda. Tidak ada salahnya mencoba tips ini!

Selayaknya peribahasa ‘sedia payung sebelum hujan’, asuransi kesehatan dapat dikatakan sebagai salah satu solusi pencegahan meski terjadi musibah yang tentunya tidak diinginkan. Untuk itu, dengan memiliki asuransi kesehatan, sama saja dengan menyiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Perasaan kamu akan lebih tenang karena adanya jasa asuransi kesehatan yang akan melindungi dari kerugian-kerugian finansial. 

Share