5 Tips Bersepeda saat New Normal yang Aman dan Nyaman

Sumber foto : Freepik

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang sedang tren di tengah era new normal. Nampaknya, olahraga yang satu ini kian digandrungi, terlihat dari eksistensinya di media sosial (medsos). Semakin banyak orang yang sering update sedang bersepeda nih. Olahraga satu ini memang banyak manfaatnya, seperti meningkatkan detak jantung dan membuat darah memompa ke seluruh tubuh kamu. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan oleh National Heart Service (NHS) sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Sebelum mulai bersepeda, pelajari dulu yuk 5 tips aman agar terhindari dari penularan Covid-19!

1. Pakai Masker

Woman in medical mask rides a bicycle in the park | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Saat memutuskan bersepeda yang tentunya di tempat terbuka, tentu kamu wajib memakai masker. Namun, bersepeda sambil memakai masker berisiko membuat tidak nyaman penggunanya. Oleh karena itu, kamu perlu memilih bahan masker yang tepat. Hindari masker bedah dan dengan material kertas untuk bersepeda. 

Kamu bisa menggunakan masker kain karena terbuat dari bahan yang memudahkan untuk bernapas atau sintesis, sehingga mengurangi kelembaban pada masker. Oh iya, selain pilih masker yang tepat, pastikan kamu juga perhatikan intensitas bersepeda. Jangan terlalu memforsir dengan bersepeda dalam jangka waktu lama. Jadi, olahraga memakai masker diperbolehkan saja, namun harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, intensitas olahraga yang dilakukan, serta masker yang digunakan. 

2. Pilih Lokasi Bersepeda yang Aman

A woman on a bicycle with safety mask on her face | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Bersepeda sulit untuk dilakukan di dalam rumah. Diperlukan area yang cukup luas untuk mengayuh sepeda, seperti di area sekitar rumah misalnya. Nah, sebelum kamu mulai bersepeda, cek dahulu wilayah mana yang kamu akan tuju. Jika wilayahnya masuk ke dalam zona hijau atau zona kuning, kamu masih bisa bersepeda di wilayah tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku

Jika wilayahnya masuk ke dalam zona merah bahkan zona hitam, sebaiknya urungkan bersepeda kesana karena risiko penyebarannya juga besar. Sekarang, pengecekan wilayah juga bisa diakses dengan sangat mudah. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah meluncurkan situs yang bisa kamu akses guna mengetahui perkembangan terkini soal penyebaran virus corona.

3. Bawa Botol Minum Sendiri

Close-up of a male hiker drinking the water from bottle | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Dengan banyak minum air putih, maka selaput lendir akan terhidrasi dengan baik. Selaput lendir yang lembab dan tipis harus selalu terhidrasi agar bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus. Kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 2,5 liter per hari ya! Disarankan nih jika kamu bersepeda untuk bawa tumblr (botol minum) sendiri dari rumah beserta sedotan guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. 

Tujuannya agar lebih aman dan higienis alih-alih membeli langsung di luar. Oh Iya, siapkan tisu antiseptik juga karena cocok menjadi salah satu pilihan untuk membunuh kuman secara efektif dan praktis. Sama seperti hand sanitizer, tisu antiseptik juga mengandung alkohol untuk menghilangkan bakteri. Tisu antiseptik juga tidak hanya dapat membersihkan tangan, namun bisa juga membersihkan permukaan benda-benda sekitar kamu.

4. Minimalisir Kontak dengan Benda Sekitar

Asian riding man sitting with bicycle with nature background ...

Sumber foto : Freepik

Ini adalah syarat terpenting, yaitu usahakan tidak menyentuh benda-benda yang ada di sekitar tempatmu berolahraga. Terutama benda-benda yang sekiranya sering disentuh orang lain. Pasalnya, kita tidak tahu apa saja yang menempel pada benda-benda tersebut. Tempat-tempat olahraga publik, seperti taman kota, atau stadion menyediakan fasilitas umum, nah sebisa mungkin kurangi sentuhan atau kontak dengan benda-benda ini. 

Dengan banyaknya orang yang menggunakan fasilitas umum tersebut, banyak bakteri bahkan virus yang menempel tanpa kamu ketahui sebelumnya. Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas umum ya! Jika tidak sengaja menyentuh, gunakan hand sanitizer segera. Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer atau tisu basah antiseptik.

5. Jaga Jarak dengan Pesepeda Lain

Asian young woman goes wearing a helmet to riding by folding ...

Sumber foto : Freepik

Menjaga jarak minimal 1,5 meter berlaku untuk semua olahraga yang kamu lakukan, ya! Dengan melakukan physical distancing, kamu akan terhindar dari risiko penyebaran virus corona melalui droplets atau risiko bersentuhan dengan orang lain. Nah, sebaiknya hindari olahraga yang akan sulit menerapkan physical distancing, seperti sepak bola, basket, voli, dan sebagainya. 

Memilih bersepeda sebagai salah satu olahraga yang bisa dilakukan selama New Normal adalah pilihan yang tepat. Bersepeda adalah salah satu aktivitas aerobik yang berarti bahwa jantung, paru-paru, dan pembuluh darah kamu, semuanya ikut berolahraga. Bersepeda juga membantu mengurangi tekanan darah, lho! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share