5 Manfaat Diffuser untuk Kesehatan dan Lingkungan

Sumber foto : Freepik

Perkembangan teknologi yang kian pesat, semakin mempermudah kehidupan manusia bahkan beberapa produk elektronik dirancang khusus untuk menjernihkan udara di ruangan, seperti diffuser. Pasti kamu sudah sering liat alat ini wara wiri di media sosial terlebih semenjak pandemi. Ya, diffuser memiliki segudang manfaat salah satunya dapat menjernihkan udara sehingga menghalau bakteri, debu serta virus yang ada. Aroma essential oil yang ditebarkan diffuser pun beragam mulai dari jasmine tea, orange, lavender, membuat ruangan di rumah kian harum dan nyaman. Penasaran apa saja manfaat lain dari diffuser? Simak yuk artikel berikut!

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Happy asian young family homeowners bought new house. japanese mom ...

Sumber foto : Freepik

Essential oil yang terdapat dalam diffuser bermanfaat untuk meningkatkan meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan flu dan batuk. Alat ini bermanfaat untuk membersihkan udara dengan menghilangkan jumlah kontaminan (kotoran, kuman atau zat-zat yang berbahaya di udara) di dalam ruangan. Saat essential oil di dalam diffuser mulai menyebar,  senyawa organik di dalam minyak tersebut akan bersentuhan langsung dengan patogen di udara sebelum dapat menyerang tubuh. Jadi, tubuh dapat terhindar dari berbagai bakteri dan virus yang berbahaya untuk kesehatan. 

2. Mengatasi Kecemasan

Asian woman relaxing and smiiling on her couch at home | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Ada banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dengan memasang diffuser di rumah, salah satunya adalah menghilangkan depresi dan menciptakan suasana hati yang bahagia. Hal ini dikarenakan essential oil beraroma orange, jasmine, rose, scotch pine dan vanilla yang terdapat dalam diffuser dapat membawa ketenangan dengan aroma nya yang calm. Bahkan, banyak orang yang menggunakan aroma lavender dan chamomile untuk memberikan nuansa rileks dan ketenangan dalam rumah. Oh iya, aroma lavender terkenal efektif pula dalam menekan nafsu makan. Essential oil berinteraksi dengan sistem limbik (sisi emosional otak kita) dan hal tersebut dapat mempengaruhi nafsu makan yang dimiliki, cocok nih untuk yang sedang diet!

3. Mengusir Serangga

Air Diffuser Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Ini dia salah satu manfaat diffuser yaitu mengusir serangga! Ini dia nih beberapa aroma essential oil terbaik yang digunakan untuk mengusir serangga termasuk lemongrass, rosemary dan cedarwood. Oh iya, kamu yang miliki alergi dengan debu, serbuk bunga atau serangga tertentu juga dapat teratasi masalahnya dengan diffuser. Bagi kamu yang memiliki alergi, hal-hal kecil dan sepele seperti bulu hewan atau serbuk sari dapat memicu reaksi alergi. Diffuser bekerja menghilangkan sebagian besar polutan udara dalam ruangan, termasuk bulu hewan, serbuk sari, dan debu pemicu alergi. 

4. Kualitas Udara di Rumah Meningkat

Microclimate | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Diffuser dapat membantu membersihkan udara di ruangan dari partikel virus dan bakteri. Selain menjaga kebersihan, diffuser juga dapat menjaga kualitas udara di ruangan tetap bersih jadi kualitas udara yang ada di dalam ruangan meningkat. Bonusnya, diffuser juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ruangan, lho dengan aroma yang ditawarkan seperti lavender, chamomile atau green tea yang menenangkan sekali! Memang sangat membantu untuk kamu yang memiliki anak atau lansia, karena lebih rentan terkena penyakit. Diffuser juga mengurangi risiko kamu menghirup pemicu alergi.

5. Tidur Lebih Pulas dan Nyaman

Beautiful asian woman stretching hands and body in bed after wake ...

Sumber foto : Freepik

Kamu ingin miliki tidur yang cukup agar terbangun di esok hari dengan tubuh yang fit? Kalau begitu, kamu harus banget nih menaruh diffuser di kamar tidur agar bisa istirahat dengan nyenyak. Essential oil yang cocok digunakan adalah chamomile dan lavender serta clary sage untuk menciptakan suasana yang mendukung kualitas tidur mu menjadi maksimal. Diffuser dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter di otak dan merangsang pelepasan hormon serotonin dan dopamin, yang menyebabkan tidur lebih lama. Oh iya, jika kamu kerap merasakan gangguan pernafasan yang menyulitkanmu untuk tidur, kamu dapat mencoba diffuser beraroma lemon, tea tree dan eucalyptus untuk kesehatan pernapasan.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share