5 Manfaat Antioksidan untuk Perawatan Tubuh

Sumber foto : Freepik

Kamu kerap menemukan skincare dengan kandungan antioksidan? Sebetulnya, apa itu antioksidan dan manfaatnya untuk kulit? Inilah sejenis nutrisi, vitamin atau mineral yang menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Contoh antioksidan yaitu vitamin C, vitamin E, dan karotenoid seperti lutein, beta karoten, serta likopen yang bisa kamu temukan di skincare lho. Apa saja yaa manfaat antioksidan untuk perawatan tubuh?

1. Mencegah Penuaan Dini

Asian woman with healthy skin close up portrait | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Antioksidan dapat mempengaruhi sirkulasi darah agar lebih lancar. Mereka yang rutin menggunakan vitamin E (antioksidan terdapat dalam vitamin E) secara oral atau topikal merasakan perbedaan yang cukup signifikan pada kulit mereka, seperti lebih kencang dan elastis. Kandungan antioksidan pada vitamin E juga dapat memperlambat photoaging dan munculnya keriput. Kulit kering cenderung terlihat lebih keriput daripada kulit yang lembab dan terhidrasi.

Vitamin E dapat melembabkan kulit, sehingga kulit tampak lebih muda lho! Tidak hanya bermanfaat untuk anti-aging, vitamin E juga baik untuk membantu memudarkan hiperpigmentasi. Bercak gelap pada kulit yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak pigmen (melanin), yang dipicu oleh hormon atau penyebab lainnya, disebut sebagai melasma. Kondisi ini diyakini dapat diobati melalui penggunaan vitamin  secara topikal. Namun, hasilnya akan jauh lebih maksimal jika menggabungkan vitamin C dan vitamin E. 

2. Atasi Rambut Rontok

Portrait of a beautiful young woman comb wonderful hair isolated ...

Sumber foto : Freepik

Manfaat antioksidan salah satunya mencegah rambut rontok. Antioksidan dapat kamu temukan pada vitamin E dapat membantu mengurangi jumlah stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel folikel rambut di kulit kepala rusak. Vitamin E dapat membantu kulit kepala serta rambut yang sehat karena memiliki manfaat antioksidan alami yang dapat membantu menjaga pertumbuhan rambut. 

Selain itu, sebuah penelitian yang melibatkan 38 orang yang mengalami kerontokan rambut membuktikan bahwa konsumsi atau penggunaan vitamin E dapat mengurangi kerontokan. Penelitian ini membuktikan bahwa vitamin E berperan dalam pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Vitamin E juga dapat mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat paparan bahan kimia dan produk penata rambut. 

3. Memperkuat Kuku

Nail | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dapat melindungi kuku dari penuaan dan mengubah kuku yang berwarna kuning menjadi sehat kembali. Selain itu, jika kamu kerap mengalami kuku yang rapuh dan mudah patah, vitamin E dapat mengembalikan kekuatan kuku kamu. Kamu bisa mengonsumsi vitamin E sebagai suplemen, atau menggunakan krim khusus kuku dan telapak tangan yang mengandung vitamin E untuk merawat kuku. 

Selain bermanfaat untuk rambut, vitamin E dapat mencegah kuku kuning, yang menyebabkan kuku mengelupas, pecah, dan menguning. Kuku yang bewarna kekuningan membuatnya semakin lemah dan mudah pecah. Salah satu solusinya adalah minyak vitamin E yang dioleskan pada kuku. Manfaat pelembab minyak Vitamin E juga menyehatkan kuku dengan mencegah kutikula pecah dan kulit kering di sekitar kuku.

4. Atasi Jerawat

Skin | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak. Menurut sebuah penelitian, kandungan polifenol dalam teh hijau, ketika diaplikasikan pada kulit dapat membantu mengurangi produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Jika kulit kamu termasuk acne-prone dan kerap mengalami jerawat yang terus tumbuh, kamu bisa mempertimbangkan produk skincare dengan ekstrak green tea di skincare routine kamu. 

Selain itu, dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, partisipan mengonsumsi 1.500 mg ekstrak teh hijau selama 4 minggu. Pada akhir penelitian, ekstrak teh hijau mampu mengurangi jerawat pada kulit secara signifikan. Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Hal ini berarti bahwa teh hijau berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. 

5. Mengatasi Komedo dan Cerahkan Kulit

Portrait of beautiful asian young woman caring of her skin sitting ...

Sumber foto : Freepik

Kandungan likopen yang bersifat antioksidan pada tomat efektif mencegah dan menghilangkan komedo sebab mampu menangkal radikal bebas serta mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah jadi wajah tambah cerah dan mulus. Cara mengaplikasikan tomat sebagai masker wajah alami mudah banget! 

Potong tomat menjadi kecil-kecil lalu tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur. Oleskan masker tomat pada wajah lalu diamkan selama 30 menit. Setelahnya, jangan lupa bilas dengan air bersih ya! Antioksidan yang terdapat pada tomat dapat bekerja untuk mengatasi segala permasalahan kulit mulai dari cegah penuaan dini hingga komedo membandel dan mencerahkan warna kulit lho. Tak hanya mencerahkan wajah, buah tomat mampu untuk mengatasi jerawat dan mengecilkan pori-pori. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share