5 Kesalahan Saat Memakai Masker yang Harus Dihindari

Sumber: Freepik

Di tengah era new normal pandemi virus corona seperti sekarang ini, memakai masker adalah suatu kewajiban saat beraktivitas di luar rumah. Memakai masker menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona yang menular melalui droplet atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Umumnya, droplet akan keluar saat bersin dan batuk. Memakai masker wajib bagi orang yang sehat maupun yang sakit sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Namun, yang perlu dicatat adalah penggunaan masker tidak bisa sembarangan. Alih-alih melindungi, pemakaian masker yang tidak tepat justru akan mempermudah penularan virus. Oleh karena itu, ketahui kesalahan-kesalahan umum saat memakai masker di bawah ini. 

1. Menurunkan MaskerAsian women use surgical mask or face mask at car parked road ...

Sumber: Freepik

Saat sedang memakai masker dan ingin makan, minum, atau sesekali menarik napas, kita kerap menurunkan masker. Namun, tahukah kamu bahwa menurunkan masker ternyata berbahaya? Ketika memakai masker, bagian dalam masker akan menyentuh bagian mulut dan hidung secara langsung. Ketika kamu menurunkan masker ke dagu atau bahkan sampai leher saat tengah makan atau minum, maka area dalam masker yang tadinya menyentuh mulut dan hidung akan menyentuh leher. Akibatnya, terjadi kontaminasi yang disebabkan oleh area leher yang terekspos dan ada kemungkinan bakteri dan virus dapat menempel di area leher. Ketika masker menempel di dagu atau leher, maka kuman di area tersebut akan mengontaminasi masker kamu. Kemudian, masker itu kamu pakai kembali di area hidung atau mulut. 

2. Tidak Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memakainya

Person washing hands with soap Free Photo

Sumber: Freepik

Sebelum memakai masker, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu, bakteri atau virus yang ada di tangan dapat berpindah pada masker dan berpotensi langsung menyentuh area hidung serta mulut. Setelah tangan kamu bersih, pasang masker dan pastikan bagian hidung dan mulut tertutup masker dengan benar. Jangan sampai ada celah di antara masker dan wajah yang bisa menjadi celah masuknya virus.

3. Tidak Mengganti Masker Young asian woman wearing surgical face mask against novel ...

Sumber: Freepik

Saat beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, hindari memakai satu masker yang sama untuk seharian penuh. Masker yang lembab berisiko menjadi tempat berkembangbiak virus serta bakteri. WHO menyarankan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali. Ganti masker saat terasa lembab dan kotor. Untuk itu, biasakan untuk selalu membawa masker cadangan saat beraktivitas di luar rumah. Di samping itu, menggunakan masker yang sama secara berulang dapat menyebabkan jerawat pada wajah. 

4. Sering Menyentuh Masker Dengan Tangan 

Front view of man in the city wearing medical mask Free Photo

Sumber: Freepik

Saat sedang memakai masker, hindari menyentuh permukaan masker dengan tangan yang kotor. Jangan terlalu sering menyentuhnya dan mengubah posisi masker. Sering memegang masker dengan tangan yang kotor dapat meningkatkan risiko masker terkontaminasi. Masker dapat terkontaminasi dari bakteri atau virus yang menempel pada tangan. Sementara itu, tangan juga dapat kontak langsung dengan bakteri atau virus yang menempel pada permukaan masker. Jika sering disentuh atau sering mengubah posisi masker, maka masker akan menjadi longgar dan tidak efektif untuk menyaring udara dan menutupi wajah. 

5. Melepas Masker yang Salah

Woman wrongly taking off her mask in public space Free Photo

Sumber: Freepik

Cara melepas masker pun ternyata harus diperhatikan, lho! Saat melepas tali masker, usahakan untuk memegang tali pengaitnya, bukan maskernya. Jika kamu melepas masker sementara saat makan, pastikan bagian dalam masker menghadap ke bawah, dan bagian luar masker menghadap ke atas. Kemudian, letakkan masker kain di area yang tertutup seperti ziplock untuk dicuci kembali. Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, langsung buang masker di tong sampah tertutup, atau kamu bisa membungkusnya dengan koran terlebih dahulu sebelum dibuang. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share