5 Jenis Face Brush dan Fungsinya

Sumber foto : Freepik

Dalam dunia make up, tentu saja kita mengenal apa itu brush. Jenis dan tipe brush bermacam-macam, tergantung fungsinya. Dari mulai khusus untuk mata, bibir, dan wajah. Hampir semua brush memiliki bentuk kuas yang berbeda, disesuaikan dengan fungsi masing-masing. Nah, buat kamu yang penasaran, kami merangkum jenis dan fungsi dari brush untuk wajah. Check this out! 

1. Foundation & Concealer Brush

Makeup Brushes - Classic Foundation Concealer Brush Small ...\

Sumber: Coastalscents

Sesuai dengan namanya, foundation dan concealer brush digunakan untuk mengaplikasikan foundation dan concealer cair atau krim. Untuk foundation brush terdapat dua jenis, yaitu dengan bentuk brush yang bulat dan pipih. Untuk hasil yang lebih natural, kamu bisa menggunakan foundation brush yang pipih, sedangkan untuk hasil full coverage kamu bisa menggunakan brush yang bulat.

Namun, tidak hanya foundation saja yang dapat kamu gunakan dengan foundation brush, kamu juga bisa mengaplikasikan tinted moisturizer, cc cream, atau bb cream dengan foundation brush. Concealer brush dengan bentuk pipih dan kecil membantu untuk mengaplikasikan concealer pada bawah mata, hidung, jerawat atau noda hitam pada wajah. Dengan concealer brush, noda-noda di wajah akan tertutup dengan baik karena bentuknya yang kecil dan pipih yang dapat menjangkau area-area spesifik, seperti ujung mata, jerawat, atau noda bekas jerawat

2.  Powder & Kabuki Brush

Real Techniques Powder Brush | Ulta Beauty

Sumber: Ulta

Dengan ujung yang tebal dan cembung, powder brush berfungsi untuk membaurkan bedak secara merata pada seluruh wajah. Bedak yang digunakan bisa bedak padat atau bedak tabur. Tidak hanya membaurkan dan meratakan bedak ke seluruh wajah, powder brush juga dapat kamu gunakan untuk teknik baking, lho! Selanjutnya, kabuki brush yang sering disamakan dengan powder brush.

Kabuki brush adalah brush dengan bentuk besar dengan bagian atas yang rata. Kabuki brush bisa dibilang sebagai brush multifungsi karena dapat dipakai untuk mengaplikasikan berbagai produk make up, mulai dari bedak tabur, blush on, hingga bronzer. Bulu kabuki brush yang sintetis dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation cair dengan coverage medium to full, tetapi dengan bulu yang rapat, kabuki brush cocok untuk pengaplikasian bedak tabur atau mineral foundation

3. Contour, Highlight, & Blush Brush

Angled Blush Brush | e.l.f. Cosmetics

Sumber: Elfcosmetics

Brush untuk contour wajah didesain dengan bentuk asimetris (cenderung miring ke satu sisi) dan meruncing pada bagian ujungnya. Bentuk sisi yang asimetris berfungsi untuk membentuk siluet tirus atau contouring dengan mempertegas garis dahi, area rahang, dan tulang pipi. Blush brush cenderung memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang dibandingkan powder brush. Ketebalan kuasnya pun lebih sedikit dan biasa digunakan untuk produk blush on atau shimmer.

Untuk mengaplikasikan highliter, umumnya menggunakan fan brush. Kuas ini berbentuk seperti kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Fungsi fan brush berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya, fan brush berukuran kecil atau medium biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi bagian atas, sedangkan fan brush berukuran besar digunakan untuk membersihkan sisa bedak yang berjatuhan pada wajah. 

4. Eyeshadow dan Eyeliner Brush

Flawless Finish Eyeshadow Brush Set – Thin Lizzy

Sumber: Thinlizzy

Untuk riasan mata, terutama eyeshadow, bentuk brush pipih dengan ujung yang tebal dan cenderung cembung. Eyeshadow brush biasanya dipakai untuk membentuk sudut mata dengan baik. Selain itu, terdapat blending brush untuk eyeshadow dengan bentuk oval dan berukuran kecil, sehingga cocok untuk membaurkan warna eyeshadow untuk mencampurkan gradasi warna pada kelopak mata agar tampak natural.

Untuk eyeliner juga terbagi menjadi dua, yaitu angled eyeliner dan precise eyeliner brush. Angled eyeliner berbentuk asimetris di satu sisi, dan memiliki tekstur lebih keras, biasanya kuas tersebut digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang berjenis gel lebih presisi. Selanjutnya precise eyeliner berbentuk berbentuk sangat kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya adalah untuk membuat garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara presisi.

5. Brush Alis, Bulu Mata dan Bibir

Kjaer Weis | Lip Brush | Cult Beauty

Sumber: Cultbeauty

Brush yang lebih dikenal dengan sikat alis berfungsi untuk menyisir alis sebelum menggambar alis. Sikat alis juga berfungsi untuk memperbaiki tampilan alis yang sudah digambar agar tampak lebih natural dan tidak terlalu tebal. Selain itu, brush yang berbentuk seperti sisir mini berfungsi untuk untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan juga dapat berfungsi memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata.

Terakhir, lip brush berbentuk tipis, memiliki ujung yang lancip, dengan bulu yang sedikit keras untuk membentuk garis bibir secara presisi. Bulu-bulu kuasnya berfungsi untuk menyempurnakan pemakaian lipstik, sehingga lebih merata. Lipstik yang digunakan bisa berbentuk cair, krim, atau palet. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share