5 Fakta Pemakaian Masker di Dalam Mobil

Sumber: Freepik

Beberapa terakhir ini, media dihebohkan dengan pemberitaan tentang aturan memakai masker saat di mobil. Selain itu, tiap individu juga kabarnya diwajibkan untuk menggunakan masker walaupun sendirian di mobil. Netizen pun memberikan berbagai tanggapan, salah satunya adalah tidak perlu memakai masker jika sendirian di dalam mobil karena cenderung tidak ada penularan virus. Lantas, apakah perlu memakai masker di dalam mobil? Simak fakta-faktanya di bawah ini! 

1. Risiko Penularan Rendah

Sumber: Freepik

Saat kita sedang berkendara sendirian di dalam mobil, maka risiko terjadi penularan sebenarnya rendah bahkan sangat rendah. Jadi, jika kamu sedang berkendara sendirian di dalam mobil tanpa menggunakan masker, kemungkinan kamu tertular Covid-19 hampir tidak ada.

Namun, hal tersebut berlaku jika kamu tidak membuka jendela mobil, menyimpan masker dengan baik dan benar, dan tidak melakukan kontak dengan siapapun. Apabila kamu bersama orang lain dalam mobil, disarankan menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19 dari aerosol. 

2. Pentingnya Memakai Masker di Dalam Mobil 

Side view man cleaning car Free Photo

Sumber: Freepik

Walaupun penularannya rendah, tidak ada ruginya apabila kamu tetap memakai masker saat berkendara seorang diri. Saat sedang di mobil, kita tidak tahu jika tiba-tiba harus membuka kaca mobil, melakukan kontak dengan orang lain, dan lupa tidak memakai masker.

Saat pengemudi atau penumpang membuka kaca atau pintu mobil, potensi virus berada di sana tetap bisa terjadi. Jadi, penggunaan masker saat berkendara seorang diri adalah untuk menghindari kejadian-kejadian seperti itu. Apalagi, jika kamu banyak melakukan interaksi keluar masuk mobil. 

3. Penularan Melalui Aerosol

Brunette sneezing in a tissue Premium Photo

Sumber: Freepik

Memakai masker di dalam mobil juga menjadi salah satu cara untuk menghindari penularan virus corona melalui aerosol. Aerosol adalah partikel cair atau padat yang tersuspensi di udara. Para ilmuwan yakin bahwa virus corona menyebar di udara karena angka positif Covid-19 tidak juga turun. Aerosol terbentuk ketika droplets menguap lebih cepat daripada jatuh ke tanah, meninggalkan inti berukuran kurang dari lima mikrometer.

Tanpa cairan berat yang menyeretnya ke bawah, partikel virus dari tetesan yang menguap ini dapat melayang di udara hingga setengah jam. Penyebaran melalui aerosol dapat terjadi jika mobil kamu pernah ditumpangi pasien Covid-19 yang kemudian kamu kembali berada di mobil tanpa melakukan sterilisasi terlebih dahulu. Penularan pun dapat terjadi jika kamu tidak memakai masker walaupun pasien Covid-19 tersebut sudah meninggalkan mobil. 

4. Kondisi yang Mengharuskan Penggunaan Masker di Dalam Mobil 

Sumber: Freepik

Kamu wajib memakai masker jika berada di dalam mobil dengan orang lain yang tidak satu rumah dengan kamu, seperti saat naik taksi atau taksi online. Disarankan untuk membawa masker cadangan yaa antisipasi apabila masker yang dipakai di jalan menjadi kotor atau basah.

Selain itu, kamu wajib memakai masker jika kamu sedang sakit dan ada orang lain di dalam mobil yang sama, termasuk keluarga satu rumah. Kemudian, kamu wajib memakai masker jika kamu perlu berinteraksi keluar masuk mobil untuk menghindari melepas pasang masker berkali-kali. 

5. Jadi, Pentingkah Memakai Masker di Dalam Mobil?

Mechanic spraying to kill the covid-19 in the car that can kill the virus in the car. mechanic wearing a protective mask and spraying aerosol or virus in the car. Premium Photo

Sumber: Freepik

Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil, meskipun sendirian, sebaiknya kamu tetap menggunakan masker. Terutama jika ada banyak tempat yang kamu kunjungi, sehingga kamu tidak sering melepas masker. Tujuan memakai masker di dalam mobil jika banyak tempat yang dikunjungi adalah agar kamu tidak terlalu sering menyentuh masker dengan tangan.

Selain itu, agar tidak menyebabkan kontaminasi pada masker. Namun, jika sekiranya kamu hanya melakukan perjalanan ke satu tempat tujuan tanpa melakukan pemberhentian atau melakukan kontak langsung dengan orang lain, kamu diperbolehkan untuk tidak memakai masker di mobil. Namun, pastikan saat sampai di tempat tujuan, kamu kembali memakai masker dengan cara yang benar dan tangan yang bersih, ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.appuntuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share