5 Cara Mengatasi Lelah yang Melanda

Sumber foto : Freepik

Kerap dihadapkan dengan segudang aktivitas dan tanpa disadari, munculah rasa lelah. Indikatornya adalah rasa sakit, kram atau pegal linu mulai menghampiri serta sulitnya berkonsentrasi. Jika sudah begini, kamu perlu melakukan 5 cara berikut ini untuk mengatasi lelah. Agar performa mu dalam bekerja, belajar atau aktivitas lainnya tidak menurun, yuk atasi lelah yang melanda!

1. Tidur yang Cukup

Woman Sleeping | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Jangan lupa istirahat yang cukup. Memaksimalkan tidur sekitar 7 sampai 8 jam sehari itu perlu lho karena tubuh yang terlalu lelah berakibat pada berbagai penyakit seperti sakit leher misalnya. Pastikan kamu tidur dengan nyaman, pilih bantal yang padat tapi tetap empuk supaya dapat mempertahankan posisi kepala dengan baik sepanjang malam. 

Memakai bantal yang berbahan licin, misalnya, bisa membuat kepala mudah bergeser ke samping, jadi pastikan kamu memilih bantal yang nyaman dan pilih posisi tidur paling rileks agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan tidur yang cukup, rasa lelah akan terobati diesok hari dan aktivitas tidak akan terganggu.

2. Minum Air Putih secara Rutin

Drinking water. young asian man drinking water on bed | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Kala lelah melanda yang disebabkan oleh terlampau sering bekerja dan menatap layar laptop serta duduk dalam waktu lama, tanpa sadar munculah rasa sakit pada punggung. Tanpa sadar, tiba-tiba sampai rumah rasanya badan sakit semua. Duh! Tubuh manusia terdiri dari 60 sampai 70% air. 

Jadi, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Kebutuhan cairan bisa kamu penuhi dengan minum air putih, minum jus buah, makan buah, atau sayur. Asupan air dan mineral dapat menutrisi otot sehingga dapat bekerja normal. Sehingga, minum air merupakan solusi tepat sebagai cara atasi lelah.

3. Lakukan Peregangan Sejenak

Asian women stretch before exercise,fitness concept | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Banyak orang yang memilih untuk melakukan yoga sebagai cara atasi lelah dan menghilangkan stres setelah beraktivitas. Terlalu lelah dapat menimbulkan masalah sakit pinggang, apalagi kalau kamu sering duduk dalam waktu yang lama dan jarang menggerakan badan. Latihan relaksasi bisa jadi cara untuk mengatasi lelah yang ampuh. 

Mulailah dengan menarik napas dari hidung dalam secara perlahan. Kemudian, keluarkan lewat mulut secara perlahan. Latihan ini bisa membantu membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang serta mengusir rasa lelah. Atau kamu dapat melakukan yoga di pagi hari sebelum memulai aktivitas, agar tubuh menjadi rileks, pikiran tenang dan terhindar dari lelah.

4. Pijat-Pijat Ringan

Self Massage | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Semua terapi dan pijatan bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku dan pegal linu serta melancarkan peredaran darah. Tidak harus pergi ke tempat refleksi, apalagi kalau kamu sedang sibuk. Pijat adalah cara atasi lelah, terlebih jika rasa lelah ini sudah menimbulkan dampak lain seperti pegal linu, sakit leher, kram dan lainnya. 

Jika kamu pegal linu di bagian leher dan punggung, maka kamu harus lakukan pijat ini : pertama, tekan bagian leher yang pegal dengan tangan. Lalu, urut secara perlahan dari atas ke bawah. Miringkan kepala ke kiri lalu tekan otot di sepanjang sisi kanan leher hingga bahu. Lakukan secara bergantian sisi. Pijatan ringan pada area-area tubuh tersebut dapat mengatasi rasa lelah yang menghampiri.

5. Kelola Stress dengan Baik

Landline | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber foto : Freepik

Berkomunikasi dengan mereka dapat meringankan beban pikiran serta dapat menghindari stres. Demi kesehatan mental kamu, jangan sungkan untuk menceritakan keluh kesah dan rasa kekhawatiranmu tentang apapun yang membuatmu lelah. Hal tersebut akan membantu menurunkan rasa cemas dan khawatir yang memicu stres.

Menurut Psychology Today, panik dan pikiran negatif dapat membuat seseorang tidak dapat berpikir jernih dan tidak dapat mengambil keputusan dengan baik. Ketidakstabilan emosi karena rasa panik dan khawatir dapat memicu seseorang untuk mengambil keputusan yang buruk. Jadi, tetaplah bersosialisasi dengan orang-orang terdekat dan orang-orang tersayang dapat membantu kesehatan mental kamu. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share