5 Aktivitas Seru di Rumah Saat Work From Home

Sumber foto : Freepik

Istilah work from home (WFH) akhir-akhir ini menjadi trending topic seiring mewabahnya coronavirus di Indonesia. Pemerintah pun mengeluarkan imbauan untuk work from home kepada perkantoran di Indonesia untuk menekan penyebaran virus tersebut. WFH dianggap sebagai langkah efektif untuk mencegah penyebaran coronavirus karena meminimalisir pertemuan antar individu. WFH mungkin terdengar menyenangkan karena kamu bisa bekerja dari rumah secara jarak jauh. Namun, WFH juga bisa menjenuhkan. Nah, agar WFH tidak membuat kamu bosan, lebih baik diisi dengan aktivitas yang seru. Apa saja sih

1. Nonton Film atau Series TV

Shocked woman sitting on sofa with popcorn watching television Free Photo

Sumber: Freepik

Kalau kamu punya wishlist film atau series yang belum kamu tonton, sekarang adalah waktunya! Agar lebih seru, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk nonton bersama. Jangan lupa untuk menyiapkan popcorn serta matikan lampu agar seolah-olah kamu berada di bioskop.

Nonton film atau series dapat menghilangkan rasa penat, serta meningkatkan kemampuan bahasa asing juga lho! Namun, jangan sampai kebablasan ya! Sebaiknya atur waktu sebaik mungkin untuk nonton film sekitar 2-3 jam sehari agar kamu tetap produktif. Pastikan pekerjaan dari kantor selesai terlebih dahulu, kemudian kamu bisa bersantai sambil menonton film. Tertarik untuk mencobanya? 

2. Bermain Game Tanpa Internet

Close-up father and child playing uno Free Photo

Sumber: Freepik

Permainan yang seru tidak melulu harus memerlukan koneksi internet, kok! Kamu bisa bermain monopoli, kartu uno, ular tangga, atau scrabble. Ajak anggota keluarga kamu untuk bermain agar lebih seru dan ramai. Permainan-permainan tersebut dapat melatih kemampuan pemecahan masalah dan menguji kecerdasan individu, strategi dan keterampilan.

Bermain games tersebut dapat menjalin keakraban dan kedekatan antara keluarga menjadi lebih erat. Selain itu, dapat mengasah kemampuan dan skill kognitif, memacu untuk berpikir lebih dalam menentukan strategi permainan. Namun, pastikan kamu punya batasan waktu untuk bermain game agar lebih produktif, ya! Rekomendasi permainan-permainan tersebut tidak hanya seru, namun juga bermanfaat untuk mengasah otak. Selamat mencoba! 

3. Olahraga Bersama

Young woman doing yoga exercises Free Photo

Sumber: Freepik

Agar menjaga tubuh selalu tetap bugar dan fit, kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Agar tidak membosankan, ajak anggota keluarga kamu untuk berolahraga bersama. Banyak pilihan olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah seperti, yoga, pilates, zumba, atau aerobik. Kamu bisa melihat video tutorialnya di platform seperti Youtube.

Jangan lupa pasang musik agar momen olahragamu menjadi seru. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alat-alat olahraga sebelum dan setelah dipakai, ya! Kamu bisa menyemprotkan cairan desinfektan pada alat-alat olahraga kamu. Work from Home bukan menjadi alasan untuk kamu bermalas-malasan dan tidak olahraga. Justru dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk menghindari infeksi virus. 

4. Membaca Buku

Collage female is reading a book. Premium Photo

Sumber: Freepik

Kamu pasti punya buku yang belum pernah dibaca karena lapar mata. Seiring dengan kesibukan kamu, pasti buku-buku tersebut terbengkalai sampai berdebu. Nah, disaat seperti ini membaca buku adalah salah satu cara yang tepat untuk mengusir kebosanan dan kejenuhan. Selain itu, membaca buku dapat menambah pengetahuan, meningkatkan kreativitas, serta dan mengurangi stress.

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menghibur diri kamu agar tidak jenuh selama di rumah. Selain itu, membaca buku dapat mengurangi frekuensi kamu untuk selalu menatap ponsel atau gadget lainnya, sehingga mata kamu dapat beristirahat sejenak dari radiasi ponsel. Jadi, tidak ada alasan untuk bosan selama berada di rumah. 

5. Belajar Memasak

Crop couple cooking salad together Free Photo

Sumber: Freepik

Agar meminimalisir aktivitas di luar rumah, sebaiknya kamu memasak sendiri untuk kamu dan keluarga. Selain itu, kamu bisa mengatur asupan gizi yang baik untuk tubuh. Kamu bisa bereksperimen resep masakan yang lezat dan bergizi. Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk memasak bersama agar lebih seru.

Daripada membeli makanan dari luar, memasak sendiri lebih terjamin kebersihannya, serta mengusir rasa jenuh dan bosan selama di rumah. Sebaiknya hindari makanan beku dan kalengan yang mengandung banyak pengawet, ya! Jangan lupa untuk menambah sayur dan buah untuk dikonsumsi agar tubuh semakin sehat, bugar, serta kebutuhan nutrisi sehari-hari tercukupi. 

Share