4 Tips Waspada Corona bagi Ibu Hamil

Sumber foto : Freepik

Masa-masa kehamilan bisa menjadi momen yang menakutkan saat pandemi seperti virus corona muncul. Imunistas tubuh yang rendah dapat membuat seseorang lebih mudah terpapar virus tersebut, terutama lansia, ibu hamil dan anak-anak. Menurut Dokter Denise Jamieson, seorang ginekolog di Emory Healthcare, sejauh ini belum ada indikasi bahwa ibu hamil lebih mudah terserang virus corona. Namun, di tengah-tengah pandemi seperti ini, ibu hamil wajib waspada agar sistem imun tetap terjaga. Cek tips di bawah ini yuk agar ibu hamil tetap terlindungi dari wabah virus corona!

1. Melakukan Social Distancing

Pregnant woman's belly close up, without her face, among lupines field Free Photo

Sumber: Freepik

Social distancing adalah salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang yang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Ibu hamil dianjurkan untuk tidak berkunjung ke tempat umum serta berada di dalam keramaian karena risiko penyebaran virus yang tinggi. Selain itu, infeksi virus corona dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin dalam kandungan.

Terapkan social distancing secara tegas dengan menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, dan tidak diperkenankan untuk berjabat tangan. Jika tidak mendesak, hindari ke luar rumah, ya!

2. Perhatikan Asupan Makanan

White empty frame over the colorful vegetables on backdrop Free Photo

Sumber: Freepik

Agar virus tidak mudah menyerang, asupan gizi dan nutrisi pada ibu hamil wajib diperhatikan. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting karena bermanfaat untuk menunjang perkembangan janin. Asupan protein bisa didapatkan dari ikan, telur, keju, susu, kacang kedelai, daging sapi dan daging ayam. Pastikan olahannya matang, ya! Selain itu, vitamin A, B6, B12,C dan D juga berperan penting dalam menguatkan sistem tubuh, membantu pertumbuhan janin, bayi dan ibu.

Asupan vitamin tersebut sangat penting untuk kekebalan tubuh ibu hamil agar terhindar dari COVID-19. Pastikan asupan makanan dibarengi dengan istirahat yang cukup, ya! Ibu hamil dan menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah. Bila perlu, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Jaga Kebersihan

Hand hygiene. person in the bathroom is cleaning and washing hands using soap foam Premium Photo

Sumber: Freepik

Jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya 20 detik dan pastikan seluruh permukaan telapak tangan serta kuku terjangkau oleh sabun. Penggunaan air mengalir serta sabun jauh lebih efektif disbanding menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol. Jika ibu hamil terpaksa keluar rumah untuk pergi ke dokter kandungan atau ke supermarket, sebaiknya kenakan pakaian tertutup rapat dan gunakan masker.

Setelah dari rumah, segera cuci pakaian yang sudah dipakai, bersihkan badan dan segera mandi. Bersihkan dan lakukan desinfeksi secara rutin pada permukaan dan benda yang sering disentuh seperti pintu, remote tv, ponsel, dan sebagainya. Penting untuk selalu menjaga higienitas terutama bagi ibu hamil yang rentan terkena penyakit. Hindari sering menyentuh hidung, mata, dan mulut untuk mengurangi risiko penyebaran.

4. Olahraga Teratur

Yoga and meditation lifestyles. close up view of young beautiful woman practicing yoga namaste pose in the living room at home. Premium Photo

Sumber: Freepik

Untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat dan bugar, sebaiknya melakukan olahraga ringan di rumah. Olahraga teratur selama kehamilan dapat membangun lebih banyak stamina, dan mengurangi beberapa keluhan yang sering dialami saat hamil.

Ibu hamil bisa mencoba pilates, berenang, dan yoga. Ibu hamil sebaiknya tidak khawatir, panik, dan stress berlebihan mengenai pandemi ini. Nah, olahraga rutin saat kehamilan dapat mengurangi stres juga lho! Selain itu, olahraga saat hamil merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorphin yang berfungsi untuk membuat pikiran tenang, mengurangi stress, dan meningkatkan kualitas tidur.

Share