4 Tips Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Sumber foto : Freepik

Refluks asam lambung (GERD) atau yang biasa disebut dengan kenaikan asam lambung memunculkan rasa tidak nyaman pada mulut biasanya muncul di area mulut bagian belakang. Rasa tidak nyaman yang muncul biasanya berupa mulut yang terasa pahit atau asam. Hal ini disebabkan oleh asam lambung, makanan, dan minuman yang baru dikonsumsi kembali naik ke kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam atau pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman. Nah, kalau kamu kerap mengalami GERD, yuk simak tips berikut ini agar GERD tertangani dengan baik secara alami! 

1. Teh Chamomile 

Cup of tea and chamomile on white table against yellow background Premium Photo

Sumber: Freepik

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh yang mengandung antioksidan dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk membantu meringankan gejala GERD, minum teh chamomile satu jam sebelum tidur. Tidak hanya bekerja untuk lambung, teh ini juga efektif meredakan stres yang menjadi salah satu penyebab GERD. Chamomile sendiri mengandung khasiat antiinflamasi dan antimikroba.

Pada GERD, asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan peradangan yang terasa tidak nyaman bahkan terasa sakit. Sifat antiinflamasi pada chamomile membantu meredakan rasa sakit tersebut. Studi yang dilakukan pada tahun 2006 membuktikan bahwa ekstrak chamomile dapat menurunkan keasaman pada lambung. Cara membuat teh ini adalah dengan merebusnya, diamkan beberapa menit, lalu sajikan. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu atau gula rendah kalori lho! 

2. Lidah Buaya 

Sliced aloevera natural organic renewal cosmetics on white background Free Photo

Sumber: Freepik

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah dan kulit tubuh saja, lho! Lidah buaya juga dapat membantu kamu mengatasi GERD secara alami. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus lidah buaya murni merupakan pengobatan yang aman dan efektif untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung. Para peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya bekerja dengan mengurangi produksi asam dan berfungsi sebagai antiinflamasi.

Lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan pada lambung, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung.  Kamu bisa mengonsumsi jus lidah buaya dua kali sehari, di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Konsumsi rutin jus lidah buaya dapat mengobati GERD kamu secara alami dan aman lho! 

3. Jahe

Fresh ginger root and sliced on wooden table. Free Photo

Sumber: Freepik

Jahe adalah salah satu bahan alami yang sering kamu temukan dalam bentuk minuman jamu di Indonesia. Dalam dosis yang rendah, jahe berfungsi sebagai antiinflamasi pada tubuh. Senyawa fenolat pada jahe dapat meredakan iritasi saluran cerna dan mengurangi kontraksi pada lambung. Jadi, jahe dapat mengurangi asam lambung dari perut kembali ke kerongkongan, yang menyebabkan GERD.

Sifat antiinflamasi pada jahe dapat meredakan peradangan yang terjadi pada kerongkongan akibat GERD. Jahe juga dapat mengurangi mual yang diakibatkan oleh refluks asam. Jahe secara efektif dapat menurunkan produksi asam lambung karena jahe dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tidak hanya itu, jahe juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung dan dapat memperparahnya.

4. Lemon

Flat lay of lemon and leaves with copy space Free Photo

Sumber: Freepik

Walaupun lemon terasa sangat asam, lemon dapat mengatasi masalah pada asam lambung lho! Air campuran lemon dapat mengurangi gejala akibat asam lambung, seperti rasa terbakar pada ulu hati dan mual. Selain itu, lemon kaya akan vitamin C, yang dikenal sebagai asam askorbat.

Asam askorbat adalah jenis antioksidan yang cukup kuat, dan membantu melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel yang bisa disebabkan oleh refluks asam. Tidak hanya itu, jika refluks asam yang kamu alami disebabkan oleh asam lambung yang rendah, minum air lemon bermanfaat bagi kamu karena efek alkali yang dihasilkannya. Senyawa terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi lendir yang bertugas untuk melindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam lambung. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share