4 Tips Facial di Rumah dengan Mudah

Sumber foto : Allure

Kalau selama ini kamu berpikir bahwa facial hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan saja, maka kamu salah besar. Demi mendapatkan kulit yang halus, cerah, dan bebas dari komedo, semua orang merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan facial di klinik. Padahal, facial juga bisa lho kamu lakukan sendiri di rumah. Gimana sih caranya? Simak tipsnya berikut ini ya! 

1. Membersihkan Kulit 

Asian girl washes face. Free Photo

Sumber: Freepik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin memulai facial adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Untuk memulai dengan “kanvas” yang bersih, sebaiknya lakukan double cleansing. Bersihkan wajah dengan pembersih oil-based untuk menghilangkan make up dan sebum.

Tahap kedua adalah bersihkan wajah dengan foaming cleanser untuk membersihkan kulit dari kotoran dan keringat. Atau, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang terdapat di rumah, yaitu madu. Raw honey memiliki sifat antibakteri dan dapat kulit, sehingga kulit kamu terasa lembut, bersih dan kenyal. Setelah mencuci muka gunakan air dingin untuk membilasnya. Nah untuk menambah suasana relaksasi layaknya di spa, kamu bisa menambahkan aromaterapi atau menggunakan minyak esensial. 

2. Eksfoliasi

How to Exfoliate 2: All About Chemical Exfoliants | Lab Muffin ...

Sumber: Labmuffin

Tahap selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori sampai ke dalam. Nah, untuk eksfoliasi sebaiknya gunakan eksfoliator kimiawi, seperti peeling dengan kandungan AHA dan BHA. Eksfoliasi menggunakan scrub dapat meninggalkan goresan kecil (mikro) yang dapat mengiritasi wajah. Menggunakan eksfoliator kimiawi dapat menghaluskan tekstur wajah kamu.

Kamu bisa menggunakan cairan peeling, atau peeling pad untuk eksfoliasi. Saat mengaplikasikan eksfoliator kimiawi, mungkin akan terasa sensasi tingling beberapa saat. Setelah itu, diamkan beberapa menit sesuai dengan cara pemakaiannya. Kamu juga bisa sambil memijat area t-zone, karena area tersebut lebih berminyak atau memiliki pori-pori yang tersumbat. 

3. Aplikasikan Masker

Face Mask 101: Everything You've Ever Wanted to Know About Masking ...

Sumber: Lorealparis

Bukan facial namanya kalau tidak menggunakan masker wajah. Setelah wajah kamu bersih dan sudah dieksfoliasi, saatnya mengaplikasikan masker wajah sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Untuk memastikan pori-pori kamu bersih, kamu bisa menggunakan masker clay atau charcoal. Kedua jenis masker tersebut mampu mendetoksifikasi kulit dan membersihkan pori, karena pori-pori kulit terbuka setelah melakukan eksfoliasi.

Namun jika kamu memiliki kulit yang kering, kamu juga bisa menambahkan masker yang melembabkan, seperti sheet mask atau wash-off mask. Pilih masker dengan kandungan aloe vera, hyaluronic acid, dan vitamin E untuk menambah kelembaban pada kulit. Jika kamu memiliki masalah dengan kulit kusam, pilih masker dengan kandungan antioksidan, vitamin C, licorice, dan ekstrak berry. 

4. Lanjutkan Dengan Skincare Rutin 

Best Moisturizer for Oily Skin: Why You Should Moisturize Greasy ...

Sumber: Spy

Sekarang wajah kamu sudah bersih dan lembab, saatnya melanjutkan dengan skincare rutin kamu. Tahap pertama menggunakan skincare adalah memulainya dengan toner. Toner membantu menyeimbangkan pH alami kulit setelah eksfoliasi dan pemakaian masker. Selain itu, toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare selanjutnya.

Toner juga membantu menutup kembali pori-pori agar kotoran tidak menempel pada kulit. Setelah memakai toner, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab sesuai dengan jenis kulit kamu. Pelembab berfungsi mengunci kelembaban dan memberi nutrisi pada kulit kamu. Kamu juga bisa memijat wajah dengan ringan sambil memakai pelembab agar sirkulasi darah lebih lancar. Nah, sekarang kamu udah tau nih tips melakukan facial di rumah. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share