4 Tips Efektif Untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Sumber foto : Freepik

Kaki pecah-pecah pada area tumit adalah hal yang biasa dialami semua orang. Namun, bagi sebagian orang area tumit yang pecah-pecah dapat mengganggu penampilan. Bahkan tumit yang pecah-pecah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit, hingga berdarah. Kulit telapak kaki memang lebih kering dibanding bagian kulit lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh karena itu, tidak heran bahwa sebagian besar orang mengalami kulit tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Nah, jika kamu mengalami tumit yang pecah-pecah, simak tips berikut ini yuk! 

1. Menggunakan Pelembab

Woman holds a jar with a cosmetic cream in her hands Free Photo

Sumber: Freepik

Area kaki terutama tumit memang jarang dijangkau dan kerap diabaikan. Padahal, area tumit butuh perhatian khusus agar tidak pecah-pecah. Nah, kamu bisa menggunakan foot cream atau menggunakan pelembab dengan kandungan shea butter, petroleum jelly, cocoa butter, atau almond oil.

Semakin lengket dan berminyak tekstur pelembab, maka semakin baik pula untuk mengatasi kulit yang pecah-pecah. Sebaiknya gunakan pelembab sebelum tidur dan membungkusnya dengan kaus kaki agar lebih efektif. Jika tumit yang pecah-pecah sudah parah, kamu dapat mengoleskan pelembab tebal-tebal. Agar terserap lebih baik, oleskan pelembab setelah mandi, ya! Niscaya keesokan harinya kaki kamu akan lebih halus dan pecah-pecah berkurang. 

2. Masker Pisang dan Alpukat

Mango and banana facial mask, natural cosmetic. Premium Photo

Sumber: Freepik

Alpukat dikenal menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Alpukat mengandung beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang mampu memperbaiki kulit kering. Pisang juga menjadi salah satu bahan alami untuk melembutkan kaki. Cara membuatnya adalah, ambil satu buah pisang serta setengah buah alpukat dan haluskan keduanya sampai berbentuk pasta.

Kamu juga bisa mencampurkan alpukat dengan minyak kelapa. Nah, kemudian oleskan campuran tersebut pada tumit yang pecah-pecah dan diamkan selama 15-20 menit. Agar lebih efektif, kamu bisa membungkusnya dengan kaus kaki dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas kaki dengan air hangat dan jangan lupa oleskan pelembab pada kaki. Niscaya kaki kamu akan halus dan lembab kembali. Mudah bukan? 

3. Pijat dengan Minyak

Physiotherapist woman giving a feet massage to female patient in clinic Premium Photo

Sumber: Freepik

Penyebab utama kaki pecah-pecah adalah kulit yang sangat kering. Oleh karena itu, kulit tumit kaki butuh kelembapan yang sangat tinggi. Minyak menjadi salah satu bahan untuk memasok kelembapan untuk kaki yang kering dan pecah-pecah. Bahkan minyak lebih efektif daripada lotion karena lebih cepat menyerap. Kamu bisa menggunakan minyak sayur, minyak zaitun, minyak wijen, minyak almond, hingga minyak kelapa.

Kamu juga bisa menggunakan vitamin E untuk menyembuhkan kaki yang pecah-pecah. Agar manfaat dari minyak semakin baik terserap kulit, kamu bisa sambil memijat bagian kaki yang pecah-pecah. Pertama-tama, oleskan minyak pada area kaki yang pecah-pecah, kemudian pijat perlahan dan lakukan setiap malam sebelum tidur. Pijatan akan membantu sirkulasi agar mempercepat penyembuhan. Kemudian, jangan lupa untuk membungkus dengan kaus kaki agar semakin terserap dengan baik. 

4. Lemon

Fresh lemons on light surface,top view Free Photo

Sumber: Freepik

Kandungan asam pada lemon dapat melembutkan kulit kasar yang memicu kulit yang pecah-pecah. Pertama-tama, siapkan air hangat dengan campuran perasan lemon. Kemudian, rendam kaki kamu selama 10-15 menit. Setelah itu, gosok bagian kaki yang pecah-pecah dengan batu apung. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan lemon dengan petroleum jelly untuk menyembuhkan kaki yang pecah-pecah secara instan dan efektif.

Caranya adalah, rendam kaki terlebih dahulu pada air hangat selama 10-15 menit. Kemudian buat campuran tiga sendok air lemon dengan satu sendok teh petroleum jelly, aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada area kaki yang bermasalah dan diamkan selama satu jam. Atau, kamu juga bisa membungkus dengan kaus kaki dan biarkan semalam suntuk. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk mengobati kaki yang pecah-pecah. Selamat mencoba! 

Share