4 Tips Pergi ke Mall Saat New Normal dengan Aman

Sumber foto : Freepik

Di era new normal seperti sekarang, hampir semua sektor ekonomi maupun hiburan sudah beroperasi kembali. Pemerintah Indonesia mengimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona, tak terkecuali di mal. Mal atau pusat perbelanjaan menjadi salah satu tempat yang ramai dan rentan dengan penyebaran virus corona. Oleh karena itu, buat kamu yang beraktivitas di dalam mal terdapat beberapa protokol yang harus diikuti. Yuk kenali tips aman dan nyaman saat pergi ke mal di tengah era new normal di bawah ini! 

1. Cek Kondisi Tubuh

Doctor woman use infrared thermometer gun to check body temperature Free Photo

Sumber: Freepik

Sebelum memutuskan untuk pergi ke mal, pastikan kondisi tubuh sedang sehat dan fit. Kondisi yang sehat dan fit ditandakan dengan kondisi tubuh yang tidak memiliki gejala penyakit sama sekali. Jika tubuh sedang terasa letih dan lelah, sebaiknya urungkan niat kamu untuk pergi ke mal. Tubuh yang tidak fit dan letih cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga rentan terhadap infeksi penyakit, seperti virus corona.

Pastikan kamu tidak memiliki gejala-gejala, seperti batuk, pilek, dan demam tinggi. Hal itu dikarenakan jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, maka akan rentan menularkannya ke orang lain dan rentan terinfeksi penyakit. Jadi, pastikan kondisi tubuh kamu benar-benar fit, sehat, dan bugar ya! 

2. Proteksi Diri

Young woman in medical mask and protective shield on her head looking away. Premium Photo

Sumber: Freepik

Nah, jika kondisi badan kamu fit dan bugar, sekarang saatnya untuk menyiapkan perlengkapan untuk proteksi diri selama di mal. Sebaiknya gunakan baju dan celana panjang untuk menghindari virus yang menempel langsung pada kulit. Kemudian, pastikan rambut kamu diikat atau ditutupi dengan topi karena virus mudah menempel pada rambut.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan face shield, jangan lupa untuk menggunakan masker. Penggunaan face shield dan masker secara berbarengan lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus corona melalui droplets. Tidak hanya itu, sebaiknya gunakan sepatu yang tertutup, ya! Setelah pulang dari mal, segera mandi, ganti baju, cuci pakaian, dan bersihkan semua perlengkapan proteksi diri. Kalau kamu menggunakan aksesoris seperti jam tangan dan tas, jangan lupa untuk membersihkannya ya! 

3. Higienitas Selama di Mall

Hands sanitizer alcohol gel. woman use for cleaning hands and protect from corona virus, covid-19. Premium Photo

Sumber: Freepik

Jika proteksi diri sudah lengkap dan aman, sekarang saatnya menjaga higienitas selama di mal. Selalu lengkapi diri dengan membawa hand sanitizer, masker cadangan, semprotan desinfeksi, tisu kering, dan tisu basah. Jika masker sudah basah dan digunakan lebih dari empat jam, sebaiknya ganti masker, ya! Tisu basah dan tisu kering juga bisa kamu gunakan untuk melap sesuatu ketika berjalan-jalan di mall.

Selain itu, usahakan menggunakan pembayaran cashless untuk menghindari uang fisik yang menjadi metode penularan virus corona. Kamu bisa menggunakan kartu debit atau dompet elektronik di gadget kamu. Jangan lupa untuk melap kartu pembayaran dengan tisu basah dan menggunakan hand sanitizer setelah transaksi. Paling penting, hindari menyentuh apapun yang sering disentuh oleh orang banyak, seperti pegangan eskalator. 

4. Jaga Jarak Fisik

Businesswoman wearing face mask talking on cell phone working on laptop. Premium Photo

Sumber: Freepik

Mal rentan dengan kerumunan yang berpotensi desak-desakan. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menjaga jarak minimal 2 meter sesuai dengan rekomendasi WHO. Selain itu, pastikan kamu juga tetap menjaga jarak dengan orang lain saat sedang mengantre atau makan di restoran. Jaga jarak diberlakukan hampir di semua tempat di mal, seperti di toko, eskalator, dan lift.

Pada eskalator minimal dua jarak, dan di lift disarankan tidak berhadap-hadapan langsung dengan orang sekitar. Beberapa mal juga menerapkan pembatasan pengunjung, seperti hanya menerima maksimal 30 persen dari kapasitas mal untuk menghindari kerumunan. Hampir di semua mal juga tersedia pengukur suhu tubuh, alat steril barang belanja, dan sistem touchless button

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share