4 Tanaman Herbal yang Dipercaya Dapat Mencegah Covid-19

Sumber: Freepik

Angka pasien terinfeksi positif virus corona semakin hari semakin meningkat. Bahkan, beberapa di antara kita sudah merasakan Covid-19 semakin dekat dengan kita, seperti kerabat jauh atau sanak saudara yang positif terinfeksi virus corona. Untuk itu, menjaga imunitas tubuh adalah hal utama yang harus dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Selain mengonsumsi buah, sayur, serta suplemen, konsumsi tanaman herbal juga ternyata berpengaruh, lho! Apalagi, Indonesia kaya akan tanaman herbal yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Jadi, apa saja sih tanaman herbal yang bermanfaat untuk mencegah Covid-19? 

1. Jahe Merah

An elevated view of herbal tea cup with lemon; ginger and dried herbs on white backdrop Free Photo

Sumber: Freepik

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, jahe telah terbukti secara alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain antioksidan, jahe juga memiliki senyawa anti-inflamasi. Kedua senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jahe mengandung beberapa vitamin, di antaranya adalah magnesium, zat besi, zinc, dan kalsium.

Jahe dapat membantu membunuh virus penyebab flu dan dapat mengusir rasa dingin saat demam. Sejumlah  penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak jahe mengurangi peradangan dengan kondisi seperti rheumatoid arthritis, penyakit radang usus, asma, dan kanker tertentu. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan merebus atau mencampurkan air rebusannya dengan gula merah ataupun madu. 

2. Temulawak

Fresh turmeric and powder Premium Photo

Sumber: Freepik

Temulawak adalah tanaman herbal yang kaya akan kurkumin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengatasi penyakit liver, demam, kerusakan kulit, dan diare. Selain itu, temulawak juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE (Public Library of Science), kandungan kurkumin dalam temulawak baik untuk sistem imunitas tubuh.

Kandungan kurkumin pada temulawak mempunyai fungsi anti-inflamasi yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Temulawak juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antivirus, yang membuatnya semakin ampuh untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit akibat infeksi. 

3. Jeruk dan Kulit Jeruk

Many oranges from valencia, spain. Premium Photo

Sumber: Freepik

Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun tahukah kamu bahwa kulit jeruk juga ternyata bermanfaat? Kandungan flavonoid berjenis hesperidin pada jeruk dianggap mampu memberikan perlindungan untuk tubuh dari serangan bakteri dan virus. Hesperidin juga terkandung di dalam kulit jeruk, lho! Kamu bisa memarut sedikit kulit jeruk dan mencampurkannya ke dalam jus jeruk atau air jeruk yang ingin diminum.

Selain itu, sifat antiinflamasi pada jeruk juga dapat membantu mengurangi peradangan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada jeruk juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan bisa membantu melindungi tubuh terhadap kondisi kronis seperti penyakit jantung, kanker, hingga diabetes. 

4. Jambu Biji

Close-up guava fruit, pink, fresh, organic, with leaves, whole and sliced, isolated on white background. front view Premium Photo

Sumber: Freepik

Jambu biji kerap dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus atau smoothies. Ternyata, kandungan vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi dibandingkan buah lain seperti jeruk, lho! Tidak heran jika sumber vitamin C dalam jambu biji sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa melindungi dan menghindarkan tubuh dari serangan berbagai infeksi kuman, bakteri hingga virus penyebab penyakit. Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji merah juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah.

Bahkan vitamin C juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika kamu ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa rutin mengonsumsi jambu biji untuk menguatkan imun tubuh. Sejauh ini, obat-obat herbal yang diteliti terkait Covid-19 lebih bertujuan untuk melihat kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun, bukan untuk benar-benar menyembuhkan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share