4 Risiko dan Cara Mengatasi Karang Gigi

Sumber: Freepik

Karang gigi adalah kondisi di mana terdapat lapisan seperti kotoran pada gigi, dan sulit untuk dihilangkan dengan sikat gigi. Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Plak pada gigi terbentuk karena bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Nah, plak yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan karang gigi. Lantas, risiko apa yang ditimbulkan oleh karang gigi? Kemudian, bagaimana cara mengatasinya? 

1. Menyebabkan Radang Gusi Close up asian man feeling pain from toothache | Premium Photo

Sumber: Freepik

Karang gigi yang dibiarkan akan memicu iritasi dan peradangan pada gigi maupun gusi. Gingivitis atau radang gusi adalah peradangan pada gusi yang ditandai oleh memerahnya gusi di sekitar akar gigi. Gingivitis harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi. Bila dibiarkan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, yaitu infeksi serius yang bisa merusak gigi dan tulang di sekitarnya.

Salah satu ciri-ciri kamu mengalami gingivitis alias radang gusi adalah gusi bengkak, berwarna kemerahan, dan terasa lunak jika disentuh. Selain itu, gusi tampak berwarna merah kehitaman dan mudah berdarah. Walau terkadang, gejala gingivitis seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Oleh karena itu, perlu untuk mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kondisi gigi dan gusi. 

2. Menyebabkan PeriodontitisAsian woman suffering from toothache or tooth sensitivity pain ...

Sumber: Freepik

Setelah gingivitis terjadi, sementara karang gigi tetap ada, maka akan timbul penyakit selanjutnya, yaitu periodontitis. Periodontitis merupakan salah satu komplikasi dari radang gusi (gingivitis) yang tidak terobati. Jika kondisi ini terjadi dalam jangka panjang, maka jaringan di sekitar gusi dan gigi akan rusak, sehingga menyebabkan gigi tanggal. Tidak hanya itu, periodontitis juga dapat menyebabkan adanya kumpulan nanah pada gigi.

Periodontitis sendiri adalah infeksi gusi yang merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi. Jika tak kunjung diobati, radang gusi akan menyebabkan terbentuknya celah di gusi yang memisahkan jaringan gusi dengan gigi. Selain dapat menyebabkan gigi tanggal, radang gusi juga dapat melemahkan imunitas tubuh. 

3. Cara Mengatasi Karang Gigi

Dental treatment with expander. modern technology Premium Photo

Sumber: Freepik

Untuk menghindari gingivitis dan periodontitis, kamu harus rajin untuk membersihkan karang gigi di dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Pembersihan karang gigi atau scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi. Scaling gigi juga akan dilakukan pada pasien penderita periodontitis kronis.

Plak dan karang gigi sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi biasa, sehingga membutuhkan tindakan dan alat khusus melalui prosedur scaling gigi. Selain membersihkan plak dan karang gigi, scaling gigi juga bermanfaat untuk mengurangi asam dan enzim berlebih yang dirproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Selain itu, scaling gigi juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi. 

4. Cara Mencegah Karang Gigi 

Close-up handsome man flossing Free Photo

Sumber: Freepik

Cara yang paling mudah untuk mencegah timbulnya karang gigi adalah menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pilih sikat gigi yang bulu-bulunya halus agar dapat menjangkau di sela-sela gigi. Meskipun kamu sudah menyikat gigi secara rutin, flossing dan menggunakan mouthwash sangat penting untuk mengurangi terbentuknya karang gigi. Flossing adalah benang gigi yang secara efektif dapat menghilangkan plak di sela-sela gigi dan di area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Sementara itu, mouthwash berfungsi untuk membunuh bakteri pada gigi. Tidak hanya itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Bakteri dalam mulut tumbuh subur pada makanan atau minuman manis. Saat bakteri terpapar dengan makanan atau minuman manis, bakteri tersebut akan melepaskan zat asam yang dapat merusak lapisan gigi. Zat asam yang berbahaya tersebut dapat membentuk lubang-lubang mikro pada gigi. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share