4 Rekomendasi Perlombaan HUT RI saat Pandemi

Sumber: WhatsNewIndonesia

Satu minggu lagi, Indonesia akan merayakan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Namun, perayaan kemerdekaan tahun ini akan terasa berbeda karena angka korban terinfeksi virus corona di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Oleh karena itu, baik pelaksanaan upacara dan kegiatan hiburan untuk merayakan HUT RI tetap di bawah aturan protokol kesehatan. Menyambut 17 Agustus nanti, pemerintah sudah menerbitkan surat edaran melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Republik Indonesia nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 mengenai Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) tahun 2020. Untuk itu, kita harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur untuk menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia. Lantas, apakah kegiatan hiburan masih diperbolehkan untuk diselenggarakan? Kemudian, apa saja kegiatan yang diperbolehkan? Cek jawabannya di bawah ini.. 

1. Kegiatan Perayaan 17 Agustus Tetap Diperbolehkan, Asal….. 

Celebrating Indonesian Independence Day – Australia-Indonesia Youth  Association

Sumber: aia.org.au

Perayaan Kemerdekaan RI umumnya dirayakan dengan melakukan lomba khas 17 Agustus, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, memasukkan kelereng, dan sebagainya. Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, perlombaan tersebut tidak disarankan karena berpotensi menimbulkan keramaian serta kerumunan. Padahal, jaga jarak fisik adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Selain itu, perlombaan yang kerap dilakukan juga berpotensi bersentuhan dengan peserta lainnya. Oleh karena itu, panitia diharapkan dapat membuat inovasi mengenai perlombaan tanpa harus bersentuhan secara fisik, bersalam-salaman, dan memicu kerumunan. Hal itu dikarenakan sentuhan fisik dan berdekat-dekatan sangat berpotensi dengan penularan virus corona. Lantas, apa saja sih lomba yang bisa dilakukan untuk 17 Agustus mendatang?

2. Lomba Menghias Masker Asian women wearing mask over yellow background | Premium Photo

Sumber: Freepik

Masker menjadi salah satu barang yang wajib dipakai saat ini. Agar masker terlihat lebih trendy dan unik, kini masker kain hadir dalam berbagai macam motif. Oleh karena itu, lomba menghias masker menjadi salah satu lomba yang patut diselenggarakan dalam perayaan 17 Agustus mendatang. Lomba menghias masker juga tidak mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku.

Selain itu, lomba menghias masker juga bermanfaat bagi mereka yang membuatnya. Masker dapat digambar atau dihias dengan krayon, pensil warna, cat air, kreasi tie dye, atau menempelkan brokat serta manik-manik. Jenis lomba ini dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang termasuk ke dalam panitia 17 Agustus. Seperti biasa, pemenang dengan masker terunik akan mendapatkan hadiah. 

3. Lomba Membuat Video Protokol Kesehatan

View of professional modern camera screen on tripod Free Photo

Sumber: Freepik

Selain lomba menghias masker, lomba edukatif lainnya yang dapat diselenggarakan adalah lomba membuat video protokol kesehatan. Tujuan lomba ini adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Protokol kesehatan harus mencakup cara memakai dan melepas masker, mencuci tangan dengan benar, menjaga jarak fisik, dan makan minum yang bergizi. Lomba membuat video protokol kesehatan ini dapat dilakukan baik secara individu, maupun keluarga. Dengan perlombaan seperti ini, risiko berdesak-desakan dan bersentuhan juga menjadi sangat minim. Kita juga tetap dapat merayakan 17 Agustus dengan semangat kemerdekaan sambil mengedukasi warga lainnya mengenai pencegahan virus corona. 

4. Membuat Poster Protokol Kesehatan Stay safe and healthy covid-19 poster template | Free PSD File

Sumber: Freepik

Masih dalam nuansa pencegahan virus corona, selain menghias masker dan membuat video protokol kesehatan, panitia juga bisa menyelenggarakan perlombaan membuat poster protokol kesehatan. Poster termasuk media yang dapat menyampaikan pesan lewat gambar dan tulisan yang unik, menarik, serta mudah untuk dibaca. Dalam pembuatan poster protokol kesehatan, warga diminta berkreasi sekreatif mungkin.

Protokol kesehatan harus mencakup penggunaan masker, cara mencuci tangan dengan benar, sterilisasi barang, jaga jarak fisik, serta etika batuk dan bersin di tempat umum. Tentu saja, poster yang paling menarik akan mendapatkan hadian yang sudah disepakati oleh panitia. Selain melatih kreativitas, kegiatan ini juga dapat menambah ilmu baru tentang pencegahan virus corona bagi masyarakat. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share