March 31, 2020

4 Rekomendasi Obat Gatal Aman dan Efektif

Sumber foto : Freepik

Gatal di kulit memang sangat mengganggu, terlebih lagi ruam merah yang mengganggu penampilan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gatal, seperti alergi, iritasi, atau kulit yang sensitif. Saat gatal menyerang, biasanya kamu akan menggaruknya untuk menghilangkan gatal. Tapi, dengan menggaruk area yang gatal, akan menimbulkan masalah baru, seperti kulit yang bersisik, luka, dan kering. Nah, berikut beberapa tips untuk mengatasi gatal di rumah!

1. Lidah Buaya

Aloe vera leaves for beauty treatment Free Photo

Sumber: Freepik

Selain untuk kulit wajah, lidah buaya bermanfaat untuk meredakan kulit yang gatal karena iritasi. Mengoleskan gel lidah buaya dapat melembapkan kulit kering dan menjaga tingkat air pada kulit tetap tercukupi. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual bebas ya! Biasanya penggunaan gel lidah buaya tidak menimbulkan reaksi negatif. Namun, pastikan kamu cek alergi sebelum mengoleskannya ke daerah yang gatal. Kamu bisa mengoleskannya terlebih dahulu pada punggung tangan untuk mengetahui reaksi yang timbul. Nah, dengan mengoleskan lidah buaya pada area yang gatal kamu akan merasakan kulit yang lebih nyaman dan mengembalikan kelembapan kulit. 

2. Air Dingin atau Air Es

Ice cubes on the table Free Photo

Sumber: Freepik

Kamu bisa mengompres air dingin untuk meredakan gatal di area yang terkena infeksi atau alergi. Tutuplah area kulit yang gatal dengan kain atau waslap yang sudah dibasahi oleh air dingin atau air es untuk mencegah kulit dari garukan. Suhu dingin dapat memengaruhi saraf penyebab gatal dan mampu melambatkannya sehingga dapat mengurangi gatal. Kamu bisa melakukan ini berulang kali dengan durasi 5-10 menit. Selain dengan kompres air dingin atau air es, kamu juga bisa mandi dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi. Mengompres kulit dengan air dingin hampir tidak ada efek samping apapun untuk kulit yang gatal, sehingga aman untuk kamu lakukan. Pastikan setelah mandi kamu mengenakan baju yang tepat dan tidak ketat untuk mengurangi iritasi. Pilihlah pakaian yang lembut, dan menggunakan serat alami seperti sutra atau katun. 

3. Oatmeal 

Oat flakes  in ceramic bowl and wooden spoon and spikelets Premium Photo

Sumber: Freepik

Tidak hanya kamu konsumsi sebagai menu sarapan sehat, oatmeal juga bisa membantu meredakan gatal pada kulit. Oatmeal memiliki sifat humektan, yaitu menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa mencampurkan oatmeal pada bak mandi dan air dingin sehingga rasa gatal di kulit akan mereda dan kelembapan kulit akan terjaga. Oatmeal juga memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta melunakkan kulit yang keras. Perlu diketahui bahwa oatmeal yang kamu gunakan bukan oatmeal yang biasa kamu konsumsi. Kamu harus menggunakan havermut koloid untuk mencampurkan pada air mandi. Oatmeal koloid dapat mengikat kulit dan memberikan perlindungan pada kulit. 

4. Minyak Esensial

Sesame seeds and bottle with oil on a old wooden table,sesame oil oil in a glass jug. Free Photo

Sumber: Freepik

Kamu bisa mengoleskan minyak esensial untuk meredakan gatal di kulit. Kamu bisa menggunakan minyak esensial, seperti tea tree oil, minyak esensial basil, minyak esensial thyme, dan minyak esensial chamomile. Tea tree oil mengandung sifat antibakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri, lho! Tea tree oil juga dapat meredakan gatal yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, minyak esensial basil dapat menenangkan kulit yang terasa gatal. Minyak esensial thyme mempunyai kandungan antiseptik dan antibakteri, sehingga area kulit yang gatal terhindar dari bakteri. Minyak esensial chamomile dapat mengobati gatal akibat eksim, lho! Dengan kandungan manzana, chamomile dapat meredakan gejala eksim, seperti gatal dan kulit yang membengkak. Nah, jika kamu rasa gatal terasa semakin parah dan berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kulit terdekat, ya! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *