4 Protokol Kesehatan di Acara Pernikahan Saat Pandemi

Sumber: Freepik

Hampir semua sektor di dunia terkena imbas pandemi virus corona, dari mulai sektor ekonomi, bisnis, hiburan, pariwisata, bahkan pernikahan pun ikut terkena imbasnya. Beberapa pasangan yang sudah berencana untuk menyelenggarakan acara resepsi pernikahan pun terpaksa dibatalkan demi mencegah kerumunan dan menekan angka penyebaran virus corona. Namun, ternyata pernikahan boleh digelar asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Berikut daftar protokol kesehatan yang wajib dipatuhi saat acara pernikahan: 

1. Jumlah Tamu DibatasiWedding Ceremony Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang ingin menggelar acara pernikahan, baik akad maupun resepsi di tengah pandemi seperti sekarang ini, perhatikan jumlah tamu yang diundang, ya! Melansir dari indonesia.go.id, untuk akad nikah yang dilakukan di KUA atau rumah, tamu undangan hanya diperbolehkan sebanyak-banyaknya 10 orang saja.

Kemudian, jika melakukan prosesi akad nikah di gedung atau tempat ibadah, jumlah tamu tidak boleh lebih 30 orang dan sebanyak-banyaknya 30% dari kapasitas gedung. Ketentuan itu diatur berdasarkan penyebaran virus corona yang cepat dari orang ke orang. Oleh karena itu, demi keamanan dan kenyamanan semua orang, kehadiran tamu harus dibatasi. Setelah itu, waktu acara harus diatur seefisien mungkin untuk menghindari tamu yang berlama-lama di satu tempat. 

2. Tidak Ada Kontak FisikBuffet Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: CNN Indonesia

Selain jumlah tamu yang dibatasi, aturan yang lainnya adalah menjaga jarak fisik sesuai dengan anjuran WHO. Alur keluar dan masuk tamu akan dibuat jalur dan pintu yang berbeda, sehingga meminimalisir terjadinya kontak fisik dengan tamu lain. Sebelum memasuki venue, tamu pun dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Panitia pun menyiapkan ruang tunggu untuk tamu masuk ke dalam gedung pernikahan, sehingga tidak ada antrian untuk masuk ke dalam venue. Pengisian buku tamu dapat dilakukan manual atau digital dan diimbau untuk menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pengisian. Tak ada kontak fisik dengan mempelai dan orang tua, cukup memberi salam hormat kepada mereka. Sesi foto tetap diadakan, namun harus memperhatikan jarak antara tamu serta mempelai. Saat antre untuk bersalaman dengan mempelai pun diberlakukan physical distancing

3. Tidak Ada PrasmananBuffet Restaurant Vectors, Photos and PSD files | Free Download

Sumber: Freepik

Sesi makan bersama akan tetap diadakan, namun dengan ketentuan tertentu. Semua panitia atau pegawai katering wajib menggunakan sarung tangan, face shield, serta masker. Tamu pun tidak diperbolehkan untuk mengambil makanannya sendiri, namun makanan atau minuman akan dilayani dengan cara disajikan oleh petugas katering. Antrean memilih makanan pun harus diatur dan diberi petunjuk tanda untuk menghindari antrean yang berdesakan agar tamu tetap menjaga jarak.

Selain itu, sebaiknya ada kaca pemisah antara makanan dan tamu, sehingga tamu bisa memilih makanannya tanpa menyentuh langsung. Pastikan peralatan makan dan minum sudah disterilisasi. Saat makan, tamu juga diwajibkan untuk menjaga jarak dengan tamu lainnya. Kursi untuk makan pun wajib diberi jarak minimal 1 meter. 

4. Wajib Memakai Masker

pandemic wedding by gaia designku | Bridestory.com

Sumber: Bridestory

Panitia, tamu, mempelai, dan keluarga wajib memakai masker saat acara sedang berlangsung. Tak terkecuali penghulu serta saksi pada prosesi akad nikah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus corona melalui droplets saat sedang berbicara, bersin, bahkan batuk. Dalam prosesi akad nikah pun mempelai pria dan wali nikah diwajibkan memakai sarung tangan saat ijab kabul.

Bila acara akad nikah atau resepsi pernikahan tidak mengidahkan protokol kesehatan yang berlaku, akan ditindak tegas oleh aparat keamanan, seperti polisi dan satpol PP. Untuk acara resepsi pernikahan juga sebaiknya dibuat sistem shift untuk menghindari keramaian dalam satu waktu. Namun, waktu berlangsungnya acara juga harus diatur seefisien mungkin. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share