4 Pilihan Olahraga Untuk Meningkatkan Antibodi Cegah Covid-19

Sumber: Freepik

Di tengah era new normal pandemi virus corona, kita dituntut untuk memiliki badan yang selalu fit dan bugar. Di tengah aktivitas yang padat serta harus mematuhi protokol kesehatan, kita juga harus menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, terutama COVID-19. Selain mengonsumsi makan-makanan sehat dan suplemen, olahraga juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kok bisa ya rajin berolahraga membuat sistem imun tubuh meningkat? Olahraga apa saja yang bisa memperkuat imun tubuh? Check this out! 

1. Olahraga Meningkatkan Imun Tubuh

Silhouette of man running sprinting on road. Premium Photo

Sumber: Freepik

Walaupun olahraga dapat meningkatkan imun tubuh, namun tidak semua olahraga bisa memberi pengaruh positif pada imun tubuh. Olahraga dengan intensitas sedang tidak berpengaruh pada kekebalan tubuh, hanya olahraga intens, yaitu 20-30 menit setiap hari yang dapat mengurangi risiko tubuh terserang flu. Olahraga secara rutin meningkatkan pengaturan sistem imun, sekaligus menunda kemunculan disfungsi tubuh terkait usia.

Selain itu, olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek anti-inflamasi bagi dalam tubuh. Olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, serta bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Olahraga memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh bekerja secara efektif dan meningkatkan aliran darah, mengurangi stres dan peradangan, dan dapat memperkuat antibodi. 

2. Jalan Kaki

Close up on running shoes fitness women training and jogging Free Photo

Sumber: Freepik

Jalan kaki adalah jenis olahraga paling mudah yang bisa kamu lakukan. Berjalan kaki bisa menurunkan kadar gula dan risiko diabetes secara keseluruhan. Mereka yang rutin melakukan berjalan kaki secara rutin setiap hari 30 menit selama 5 hari, memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak berjalan kaki.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arthritis Research & Therapy menunjukkan bahwa berjalan cepat dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada orang tua dengan rheumatoid arthritis, penyakit radang yang mempengaruhi sendi. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis mengurangi keparahan penyakit. Perlu kamu ketahui bahwa penyakit kronis dapat memperparah infeksi virus corona yang berujung kematian. 

3. Bersepeda

Silhouette group of men riding bicycle at sunset. Premium Photo

Sumber: Freepik

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang sedang tren di tengah era new normal seperti sekarang ini. Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung dan membuat darah memompa ke seluruh tubuh kamu. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan oleh National Heart Service (NHS) sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Bersepeda adalah salah satu aktivitas aerobik yang berarti bahwa jantung, paru-paru, dan pembuluh darah kamu, semuanya ikut berolahraga. Bersepeda juga membantu mengurangi tekanan darah, lho! Selain itu, bersepeda di luar ruangan dapat membuat paru-paru terus menerima udara segar dan meningkatkan laju pernapasan, serta memperkuat otot-otot di sekitarnya. 

4. Yoga

Young woman stretching on the floor as morning drill to develop flexibility Free Photo

Sumber: Freepik

Beberapa gerakan yoga ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh, lho! Tradasana atau pose gunung membantu mengembalikan keseimbangan dan mengontrol sistem pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan pernapasan. Kemudian, vrikshasana atau pose gunung berfungsi untuk melemaskan sistem saraf dan meningkatkan stamina.

Trikonasana atau pose segitiga dapat memperbaiki aliran darah di tubuh, menyembuhkan gangguan pencernaan, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan konsentrasi serta keseimbangan. Selain itu, bhujangasana atau pose kobra dapat menstimulasi sistem pencernaan, mengatur metabolisme sekaligus membantu menurunkan masalah berat badan. Pose ini juga mampu menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, mood, membantu fungsi ginjal dan menjaga kelelahan.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share