4 Perbedaan Bedak Tabur dan Bedak Padat, Pilih Mana?

Sumber foto : Freepik

Dalam dunia makeup, bedak diibaratkan sebagai pengunci foundation dan concealer untuk tampilan make up yang awet. Tidak hanya mengunci makeup, bedak juga dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah, sehingga kulit tidak tampak berminyak. Bedak terdiri dari dua jenis, yaitu bedak padat dan bedak tabur. Apa saja perbedaannya? Apa saja fungsinya? Simak di bawah ini yuk! 

1. Tekstur Bedak

Foundation and powder on white background Free Photo

Sumber: Freepik

Salah satu perbedaan yang paling terlihat dari bedak tabur dan bedak padat adalah teksturnya. Tekstur bedak tabur partikelnya lebih kecil dan lebih halus, sehingga tidak dapat menutupi bekas jerawat atau noda pada kulit. Karena tekstur yang lebih halus, pemakaian produk juga lebih ringan dan lebih buildable. Bedak tabur memiliki kandungan minyak yang sedikit, sehingga lebih cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

Partikel bedak padat lebih besar dibanding bedak tabur, sehingga bedak padat terkesan ‘lebih berat’ dibanding bedak tabur yang ringan. Bedak padat cocok untuk touch up di siang hari karena lebih praktis. Bedak padat mengandung minyak lebih banyak dibanding bedak tabur, sehingga bedak padat mampu menutupi noda pada wajah dan meratakan warna kulit. 

2. Cara Aplikasi Bedak

Setting Powder vs Finishing Powder. Apa sih Bedanya? - Facetofeet.com

Sumber: Facetofeet

Dengan tingkat coverage yang cukup tinggi, beberapa bedak padat mengandung foundation di dalamnya, sehingga dapat meratakan warna kulit dan menutupi noda di wajah. Kamu bisa menggunakan brush atau spons untuk mengaplikasikan bedak padat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, kamu bisa sedikit menekan-nekan bedak ke kulit wajah untuk coverage lebih.

Saat mengaplikasikan bedak padat menggunakan spons atau brush, sebaiknya di tap-tap saja ya, jangan menggeser aplikator agar foundation tidak terhapus. Untuk bedak tabur dengan hasil yang ringan dan cepat, kamu bisa menggunakan brush. Bedak tabur juga dapat kamu gunakan untuk teknik baking, untuk hasil yang lebih halus dan awet. 

3. Manfaat Bedak Padat dan Bedak Tabur

15 Best Face Setting Powders and Compacts (Reviews) - 2020 Update

Sumber: Stylecraze

Selain dapat menutupi noda hitam dan meratakan warna kulit, bedak padat juga lebih praktis untuk kamu bawa ke mana-mana karena bentuknya yang tidak mudah tumpah. Selain itu, bedak padat juga praktis untuk kamu pakai saat touch up. Kamu juga bisa menggunakan bedak padat sendirian tanpa menggunakan foundation sebelumnya.

Untuk bedak tabur, lebih baik digunakan setelah menggunakan foundation untuk mengunci makeup dan membuat makeup tahan lama. Bedak tabur cenderung lebih mudah menutupi garis halus dan kerutan dibanding bedak padat karena bedak tabur dapat digunakan untuk baking di area bawah mata. Baik bedak tabur dan bedak padat juga sama-sama memiliki jenis translucent powder, yaitu bedak transparan. Manfaat dari bedak jenis translucent adalah tidak akan merusak warna foundation kamu! 

4. Mana yang Lebih Baik? 

Prim and Powdered: 10 loose powders for a fresh face

Sumber: Mariefranceasia

Sebenarnya, bedak tabur dan bedak padat sama-sama bagus untuk kulit kamu, kok! Jika kamu membutuhkan bedak yang mampu meratakan warna kulit dan menutupi noda-noda di wajah, kamu bisa menggunakan bedak padat. Jika kamu membutuhkan bedak hanya untuk mengontrol minyak di wajah dan tidak memiliki noda pada wajah, kamu bisa menggunakan bedak tabur.

Dengan kandungan minyak dan pelembab yang lebih banyak, bedak padat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Jika kamu memiliki kulit berminyak, bedak tabur mengandung lebih sedikit minyak di dalamnya, sehingga cocok untuk kulitmu. Penggunaan bedak padat di kulit berminyak terkadang membuat tampilan make up cakey. Bagaimana? Sudah menemukan jenis bedak yang cocok untuk kulitmu? 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share