4 Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Nyeri Saat Menyusui

Sumber: Freepik

Momen memberi ASI kepada bayi merupakan momen yang menyenangkan sekaligus penuh perjuangan. Selain meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak, menyusui juga perlu adaptasi dan penyesuaian diri bagi ibu dan anak. Sebagian dari ibu menyusui kerap merasakan rasa sakit, nyeri, dan pembengkakan pada payudara saat menyusui. Bahkan tak jarang ibu menyusui yang mengeluhkan payudara bengkak sebelah kiri atau kanan saja. Seringkali, payudara yang terasa nyeri dan bengkak mengganggu proses menyusui. Lantas, apa penyebab payudara yang bengkak dan sakit saat menyusui? Kemudian, bagaimana menanganinya? 

1. Penyebab Payudara Sakit Saat Menyusui

Young woman sitting on blue sofa suffering from chest pain Free Photo

Sumber: Freepik

Payudara keras dan sakit pada ibu menyusui umumnya terjadi ketika air susu di payudara sudah terlalu penuh. Ketika bengkak, payudara jadi terasa lebih besar, pembuluh darah juga tampak lebih jelas, dan tekstur kulit jadi lebih kasar. Payudara memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi dan dapat menyesuaikan jadwal menyusui.

Jadi, jika ibu biasanya memberi ASI setiap 2-3 jam dan suatu kali terlambat memberi ASI, maka payudara akan terasa kencang. Selain itu, jika payudara ibu terasa bengkak, umumnya berkaitan dengan mastitis. Mastitis adalah infeksi jaringan payudara yang sering terjadi pada ibu menyusui. Infeksi disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran ASI melalui puting yang luka. Mastitis kerap menyebabkan demam, jadi jika perlu kunjungi dokter untuk menangani mastitis. 

2. Penanganan Payudara yang Terasa Sakit: Kompres Payudara

Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background Premium Photo

Sumber: Freepik

Ketika payudara terasa sakit dan keras saat sedang menyusui, bayi tidak dapat mengisapnya. Oleh karena itu, kompres payudara dengan air hangat untuk memperlancar aliran ASI. Caranya mudah, siapkan handuk atau kain kecil dan basahi dengan air dengan suhu 42 sampai 45 derajat celcius. Setelah itu, kompres masing-masing payudara maksimal 10 menit saja. Jangan sampai handuk kompres terlalu panas karena akan menyebabkan radang payudara.

Jika payudara mengalami pembengkakan yang menimbulkan rasa nyeri, ibu bisa mengompres dengan air dingin. Kompres dengan air dingin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit bengkak pada payudara yang disebabkan payudara terkena infeksi. Ibu bisa menggunakan gel dingin, atau es batu yang dibalut dengan handuk untuk mengompres payudara. Hindari mengompres payudara dengan es batu secara langsung karena justru akan membuat pembuluh darah kaget. 

3. Penanganan Payudara yang Terasa Sakit: Kosongkan Payudara

Breast milk in milk pump's bottles on the bed with smiling baby crawling in background. Premium Photo

Sumber: Freepik

Bila payudara terasa bengkak sebelah kiri atau kanan, bisa jadi ada sumbatan pada salurannya. Payudara yang bengkak bisa terjadi karena ASI tidak dikeluarkan. Untuk mengatasinya, ibu perlu mengeluarkan ASI dari payudara. Jika ibu mengalami mastitis, dianjurkan tetap menyusui agar payudara dapat segera dikosongkan. Isapan bayi adalah pompa terbaik untuk payudara.

Untuk mengosongkan payudara, susui bayi atau lakukan pompa payudara. Begitu payudara kosong, maka ASI akan mengisinya lagi. Itu sebabnya penting untuk mengosongkan payudara sesering mungkin. Caranya dengan menyusui sesering mungkin pula. Bila bayi terlihat kenyang sebelum payudara kosong, lanjutkan dengan memompa ASI. Pastikan bayi menyusu di dua payudara agar produksi ASI di dua payudara menjadi seimbang. 

4. Pijat Payudara Untuk Memperlancar ASI

Woman putting her hand on breast for checking size or cancer awareness Premium Photo

Sumber: Freepik

Memijat payudara adalah salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran dan memperlancar produksi ASI. Memijat payudara adalah dengan mengurut dan membelai payudara secara perlahan dengan menggunakan tekanan ringan hingga sedang. Pemijatan payudara saat menyusui penting dilakukan untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu untuk merangsang serta meningkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara.

Untuk memijat payudara, ibu bisa menggunakan baby oil atau olive oil. Pertama-tama, sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Pijat mulai dari bagian tengah, lalu menuju ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan perlahan-lahan. Lakukan 30 kali pada masing-masing payudara. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share