4 Panduan Diet Nasi Putih Agar Tubuh Lebih Sehat

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang sedang melakukan diet dan menjaga pola makan, menghindari nasi putih adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya menurunkan berat badan, kadar gula darah dalam tubuh juga akan lebih terkontrol dengan menjauhi nasi putih. Dengan mengurangi nasi, kamu akan meningkatkan asupan protein, vitamin, mineral, serta serat yang baik untuk tubuh. Di samping itu, diet nasi putih juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, lho! Lantas, bagaimana cara sehat saat menjalani diet nasi? Check this out! 

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Oat flakes  in ceramic bowl and wooden spoon and spikelets Premium Photo

Sumber: Freepik

Karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak serat, mineral, dan vitamin yang penting bagi tubuh. Karbohidrat kompleks juga memiliki lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama pula. Mengonsumsi karbohidrat kompleks menjadi salah satu kunci hidup sehat karena dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan baik untuk penderita diabetes.

Sebagai pengganti nasi putih, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis karbohidrat kompleks, seperti quinoa, rolled oat, shirataki, ubi jalar, dan gandum utuh. Jenis-jenis karbohidrat kompleks tersebut mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, jenis karbohidrat kompleks tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol, lho! Beberapa jenis karbohidrat kompleks tersebut juga dapat diolah menjadi makanan yang sehat sekaligus lezat. 

2. Tambah Porsi Sayur dan Buah

Different tasty vegetables on rough background Premium Photo

Sumber: Freepik

Seperti yang sudah kita ketahui, sayur dan buah mengandung banyak vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Saat kamu sedang menjalani program diet nasi putih, kamu wajib untuk menambahkan menu sayur dan buah di pola makan kamu. Karbohidrat kompleks yang terkandung pada sayur dan buah dapat membantu menjaga kadar gula darah dan energi di tubuh kamu tetap stabil. Buah-buahan juga menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya itu, buah-buahan memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral yang berbeda dari sayuran. Beberapa buah dengan sumber karbohidrat yang tinggi, antara lain pisang, apel, mangga, jeruk, blueberry, kurma, kismis, dan goji berry. Kamu bisa mengolah sayur-sayuran menjadi olahan lezat, seperti salad, sup, dan hidangan lainnya. Untuk buah, kamu bisa mengolahnya menjadi jus, smoothies, salad buah, dan sebagainya. 

3. Cari Alternatif Pengganti Nasi

Bowl of shirataki noodles Premium Photo

Sumber: Freepik

Walaupun kamu sedang menjalani diet nasi putih, bukan berarti kamu menghindari karbohidrat sama sekali, lho! Karbohidrat berperan dalam menyediakan energi yang disimpan dalam tubuh, membantu menjaga massa otot, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung dan mengelola diabetes. Jika kamu merasa sulit untuk menjauhi nasi, kamu bisa kok tetap mengonsumsi nasi, seperti nasi merah, nasi hitam, atau nasi shirataki yang lebih sehat.

Jika dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi serta mengandung antioksidan yang berperan sebagai antiinflamasi. Sama seperti nasi merah, nasi hitam mengandung antioksidan serta mampu membatu tubuh dalam proses detoksifikasi. Kemudian, nasi shirataki tidak mengandung kalori, lemak, karbohidrat, serta gluten yang baik untuk program diet. Tidak hanya itu, nasi shirataki juga mengandung serat yang tinggi. 

4. Seimbangkan dengan OlahragaCoronavirus, asian man wear a mask and exercise alone in room at home to  preventing covid-19. workout from home, exercise from home. | Premium Photo

Sumber: Freepik

Selain menjaga pola makan dengan baik, kamu juga perlu menyeimbangkan program diet nasi putih kamu dengan berolahraga secara rutin. Selain dapat membakar kalori pada tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengendalikan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah obesitas.

Orang dewasa yang berumur 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Nah, kamu dapat membaginya dalam beberapa hari. Misalnya 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share