4 Manfaat Sleeping Mask, Skincare yang Lagi Hype!

Sumber foto : Productnation

Kini masker wajah tidak hanya dapat langsung dibilas saja, berbagai macam varian masker pun kini hadir, salah satunya adalah sleeping mask. Beberapa tahun terakhir, sleeping mask sangat digemari dan menjadi rangkaian skincare yang banyak digunakan para wanita di malam hari. Lantas, apa bedanya dengan krim malam? Lalu, apa saja manfaatnya? 

1. Apa Itu Sleeping Mask? 

Asian japanese woman sleep at home. Free Photo

Sumber: Freepik

Sesuai dengan namanya, sleeping mask adalah masker yang digunakan di malam hari sebelum tidur. Sleeping mask bisa berbentuk gel atau krim. Umumnya, sleeping mask digunakan di seluruh area wajah sebelum tidur, dan dibilas keesokan harinya. Tidak seperti masker dengan tekstur krim tebal yang biasa kamu gunakan, sleeping mask mudah menyerap pada kulit dengan tekstur yang ringan.

Beberapa varian sleeping mask didesain khusus untuk jenis kulit yang berbeda, seperti untuk menambah hidrasi, mengencangkan kulit, menenangkan kemerahan, meremajakan kulit, bahkan mengencangkan kontur wajah. Sleeping mask juga hadir untuk bibir dan mata, seperti lip sleeping mask dan eye sleeping mask. Selain itu, sleeping mask juga hadir dengan aroma yang menenangkan, sehingga tidur akan lebih pulas dan rileks. 

2. Mengunci Kelembaban Wajah 

Beautiful girl with a towel using a beauty product Free Photo

Sumber: Freepik

Sleeping mask memang dirancang secara khusus agar bisa menempel lebih lama pada wajah agar kuat dipakai semalaman. Kalau kamu memiliki jenis kulit kering bahkan sangat kering, sleeping mask bisa membantu dengan hasil yang instan. Selain itu, sleeping mask dapat memberi lapisan pengunci di seluruh wajah agar produk perawatan yang digunakan sebelumnya bisa meresap ke dalam kulit, sehingga wajahmu tetap lembab.

Sleeping mask umumnya mengandung hyaluronic acid yang mampu melembabkan kulit dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Kalau kamu kerap memiliki dry patches bahkan mengelupas pada wajah, sleeping mask mampu melembabkan bagian kulit yang kering, lho! Jadi, sleeping mask layak untuk kamu tambahkan di skincare routine mingguan kamu! 

3. Meregenerasi dan Menutrisi Kulit 

Pretty girl doing facial care procedure in the bathroom Premium Photo

Sumber: Freepik

Saat tidur, kulit kita beregenerasi yang merupakan sebuah proses pembelahan sel kulit muda untuk menggantikan lapisan kulit yang sudah tua dan rusak di lapisan teratas kulit. Penggunaan sleeping mask dapat membantu kelancaran proses regenerasi kulit wajahmu. Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi akan lebih lambat, sehingga kulit tampak kusam.

Umumnya, sleeping mask mengandung hyaluronic acid, yaitu zat yang berfungsi untuk menahan air agar jaringan pada tubuh tetap terlumasi dan lembab. Selain itu, kandungan antioksidan pada produk sleeping mask juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas, dan menutrisi kulit. Di beberapa produk sleeping mask juga mengandung retinol yang dapat menyamarkan noda hitam dan mengurangi garis halus serta keriput pada wajah. 

4. Cara Pemakaian Sleeping Mask 

Studio shot of beautiful young woman posing isolated over rose Free Photo

Sumber: Freepik

Cara pemakaian sheet mask diawali dengan membersihkan kulit wajah terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan skincare rutin kamu, seperti mengaplikasikan toner dan serum wajah. Sleeping mask dapat kamu gunakan setelah pemakaian krim malam lho! Sleeping mask merupakan salah satu perawatan ekstra yang bisa kamu gunakan 2-3 kali dalam seminggu, karena sleeping mask lebih intensif dalam mengatasi masalah pada kulit.

Penggunaan sleeping mask yang terlalu sering akan menghilangkan fungsi utamanya, jadi cukup sesekali saja, ya! Setelah penggunaan krim malam, aplikasikan sleeping mask sambil memijat lembut seluruh wajah agar produk terserap dengan sempurna. Walaupun sleeping mask bertekstur ringan dan menghindari debu agar tidak menempel pada wajah, usahakan tidur dalam kondisi telentang. Tidur dengan posisi tersebut menghindari sleeping mask yang menempel pada bantal, guling, dan sprei. Usahakan tidur minimal 7-8 jam sehari agar produk bekerja dengan maksimal. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share