4 Manfaat Retinol dalam Skincare 

Sumber: Shape

Retinol mungkin adalah salah satu kandungan dalam skincare yang sering kamu dengar. Retinol disebut-sebut sebagai kandungan yang dapat melawan dan memperlambat penuaan. Namun, tak sedikit ada pemberitaan simpang-siur yang menyatakan kalau retinol berbahaya untuk kulit. Padahal, jika digunakan dengan tepat, retinol mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Yuk kenali apa itu retinol dan manfaatnya untuk kulit kamu! 

1. Apa Sih Retinol Itu? 

The skincare experts who don't use retinol – and why | London ...

Sumber: Standard

Retinol atau retinoid adalah zat yang terbuat dari vitamin A. Pada tahun 1970-an, retinol digunakan sebagai obat jerawat. Akan tetapi, para peneliti menemukan bahwa retinol dapat mencegah penuaan pada kulit. Terdapat 5 tipe utama retinoid yang paling sering digunakan dalam perawatan kulit, yaitu retinyl palmitate, retinaldehyde, retinol, retin-A/tretinoin, dan tazarotene.

Retinyl palmitate adalah salah satu jenis retinoid yang dijual bebas dengan tingkat kekuatan paling rendah, sehingga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, sensitif, dan hanya memiliki sedikit kerutan. Retinaldehyde adalah retinoid yang dijual bebas dan sedikit lebih keras dibanding retinyl palmitate. Retinol adalah salah satu jenis retinoid yang paling keras dan dijual bebas. Retin-A/tretinoin tergolong keras dan hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, sedangkan tazarotene adalah retinoid yang paling keras, sehingga butuh resep dokter. 

2. Menyamarkan Kerutan

Beautiful eye of senior woman Free Photo

Sumber: Freepik

Kalau kamu punya masalah dengan kerutan pada wajah seiring dengan bertambahnya usia, skincare dengan kandungan retinoid akan membantu. Tretinoin adalah retinoid pertama yang disetujui oleh FDA untuk mengurangi keriput pada kulit. Jenis retinoid ini dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

Kolagen sendiri berfungsi untuk meningkatkan kekenyalan dan elastisitas pada kulit. Selain itu, tretinoin juga dapat menstimulasi aliran darah pada kulit, sehingga kulit tampak cerah dan merona. Tidak hanya itu, tretinoin juga membantu mencegah efek buruk sinar ultraviolet pada kulit. Penggunaan tretinoin tidak hanya dapat kamu gunakan untuk kulit wajah saja, tetapi bisa kamu gunakan di area leher yang mudah muncul keriput serta garis halus. 

3. Menyamarkan Bintik Hitam

Behind The Brown Spot

Sumber: Hudabeauty

Tidak hanya vitamin C yang ampuh dalam menyamarkan flek atau bintik hitam pada wajah. Retinol juga dapat memudarkannya, lho! Salah satu jenis retinol, yaitu tretinoin dampak memudarkan bintik-bintik hitam atau flek pada kulit yang menjadi salah satu tanda-tanda penuaan. Tretinoin juga dapat mengurangi bintik-bintik kulit prakanker yang disebut actinic keratosis.

Selain itu, tretinoin juga dapat memperbaiki tampilan kulit yang rusak akibat sinar ultraviolet. Tidak seperti zat aktif lainnya, retinoid tidak reaktif terhadap sinar matahari. Agar lebih efektif mengurangi bintik hitam pada wajah, retinol lebih baik digabungkan dengan vitamin C. Namun, untuk mencampurkan kedua zat aktif ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu, ya! 

4. Meredakan JerawatAsian woman looking at pimple on face. young woman try to remove ...

Sumber: Freepik

Retinol adalah salah satu zat yang diresepkan dokter untuk meredakan jerawat dengan keparahan sedang sampai parah. Ketika diaplikasikan pada kulit, retinoid membuka pori-pori, sehingga perawatan kulit yang lain dapat menyerap dan bekerja dengan baik. Retinoid juga mencegah terbentuknya sel-sel kulit mati akibat pori-pori yang tersumbat.

Dengan kemampuannya mengurangi jerawat, retinoid mengurangi pembentukan bekas jerawat. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, retinoid juga dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Jika kamu baru mulai menggunakan retinoid, jangan langsung gunakan retinoid setiap hari. Gunakan secara step by step dengan menggunakannya beberapa kali dalam seminggu, kemudian naikkan menjadi 2-3 hari sekali agar kulit bisa beradaptasi dengan zat baru. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share