4 Manfaat Minyak Telon Untuk Anak

Sumber: Freepik

Minyak telon kerap dikenal sebagai minyak penghangat untuk bayi. Walaupun pemakaian minyak telon memang didesain untuk anak-anak dan bayi, minyak telon juga ternyata digemari orang dewasa, lho! Tidak hanya minyak kayu putih, minyak telon juga dapat menghangatkan tubuh tanpa adanya sensasi rasa panas. Ternyata, minyak telon memiliki manfaat lain lho untuk bayi, dan anak-anak. Apa saja sih manfaatnya? 

1. Melegakan PernapasanAsian beautiful mother holding little cute baby after taking a ...

Sumber: Freepik

Bayi dan balita disarankan untuk menggunakan minyak telon dibanding minyak kayu putih.  Salah satu kandungan dalam minyak kayu putih berpotensi memicu masalah pernapasan dan sistem saraf bayi. Seperti minyak kayu putih, minyak telon juga dapat membantu melegakan pernapasan, terutama saat si kecil sedang mengalami hidung tersumbat.

Kamu juga bisa mengoleskan minyak telon di dada dan tenggorokan si kecil, kemudian pijat lembut dan perlahan untuk meredakan gejala batuk pilek atau flu biasa. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi membantu melegakannya, sehingga lendir mudah dikeluarkan. Oleh karena itu, saat si kecil sedang mengalami gejala batuk pilek yang membuatnya kesulitan bernapas, minyak telon bisa membantu untuk melegakan pernapasannya. 

2. Menghangatkan TubuhClose-up of children's foot massage on the bed. | Premium Photo

Sumber: Freepik

Takaran dan komposisi masing-masing produk minyak telon disesuaikan dengan kulit bayi dan anak. Hal ini bertujuan agar minyak tersebut dapat menyerap dengan efektif karena lapisan kulit mereka yang masih tipis. Karena bisa diserap dengan sempurna oleh kulit anak, efek positif atau khasiat minyak telon bisa langsung dirasakan. Oleh karena itu, jika dioleskan ke tubuh bayi, minyak telon dapat membantu menghangatkan tubuh si kecil.

Terutama jika si kecil sedang mengalami demam sampai menggigil, atau sedang berada di daerah yang cuacanya dingin. Saat sedang mengoleskan minyak telon ke tubuh bayi, sebaiknya sambil melakukan pijatan yang lembut untuk memperlancar sirkulasi pada tubuh bayi. Kamu juga bisa mengoleskan minyak telon pada telapak kaki si kecil dan membungkusnya dengan kaus kaki sebelum tidur agar si kecil merasa hangat. 

3. Meredakan Perut KembungMuslim mother giving massage to her baby | Premium Photo

Sumber:Freepik

Bayi umumnya kerap mengalami perut kembung karena saluran pencernaan bayi yang belum terbentuk dengan sempurna. Minyak telon atau minyak adas dipercaya dapat mencegah dan meredakan kembung pada bayi. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak adas pada minyak telon dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada perut. Selain itu, aroma minyak adas juga dapat mengurangi rasa mual dan memberi rasa nyaman pada bayi.

Penelitian tahun 2016 membuktikan bahwa campuran minyak adas dan dan minyak yang mengandung kurkumin dapat mengurangi gejala pada penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) ringan. Semua peserta penelitian melaporkan bahwa perut kembung dan nyeri yang kerap dirasakan semakin membaik. Untuk meredakan kembung pada bayi, oleskan minyak telon di perut bayi 2-3 kali sehari. 

4. Mencegah Gigitan Serangga

Sleeping baby Premium Photo

Sumber: Freepik

Kalau kamu tidak suka menyemprotkan cairan pengusir serangga yang berbahan kimia, mengoleskan minyak telon pada tubuh si kecil menjadi solusinya. Sama halnya dengan minyak kayu putih, minyak telon juga memiliki aroma yang kuat. Aroma yang kuat tersebut membuat serangga enggan mendekati si kecil. Oleskan minyak telon pada kulit bayi sebelum tidur untuk menghindari gigitan nyamuk di malam hari.

Tidak perlu khawatir, penggunaan minyak telon pada bayi tergolong ringan, sehingga aman untuk dipakai. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika dalam waktu 24 jam setelah minyak telon dioleskan, kulit bayi mengalami peradangan atau kemerahan, segera hentikan penggunaannya. Kemungkinan bayi mengalami alergi terhadap kandungan yang terdapat pada minyak telon tersebut. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share