4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Sumber foto : Freepik

Eucalyptus atau yang biasa dikenal dengan kayu putih adalah tanaman asli Australia yang digunakan untuk beragam produk kesehatan. Di Indonesia, minyak kayu putih banyak digunakan sebagai penghangat alami. Minyak kayu putih telah digunakan sebagai pengobatan alami di China, India, sampai Eropa sejak ribuan tahun silam. Ternyata, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dari minyak kayu putih, selain untuk menghangatkan tubuh. Nah, apa saja sih manfaatnya? Check this out! 

1. Meredakan Batuk dan Melegakan Pernapasan

Handsome man over wall Premium Photo

Sumber: Freepik

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Salah satu obat batuk misalnya, mengandung sekitar 1,2 persen minyak kayu putih untuk meredakan batuk.

Nah, gunakan minyak kayu putih pada dada dan tenggorokan, kemudian gosok dan pijat perlahan untuk meredakan gejala batuk pilek atau flu biasa. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi membantu melegakannya, sehingga lendir mudah dikeluarkan. Selain itu, minyak kayu putih dapat membantu melegakan pernapasan akibat asma dan sinusitis. Caranya adalah hirup uap air panas yang sudah dicampurkan dengan minyak kayu putih. Menghirup uap minyak kayu putih juga dapat meredakan gejala asma, lho!  

2. Mencegah Gigitan Serangga dan Sebagai Disinfektan

Mosquito sucks blood on the arm, annoying pest, harmful insect Premium Photo

Sumber: Freepik

Kalau kamu tidak suka menyemprotkan cairan pengusir serangga yang berbahan kimia, minyak kayu putih yang dilarutkan dengan air menjadi solusinya. Chris D’Adamo, Ph.D., seorang ahli epidemiologi dan direktur penelitian di Centre for Integrative Medicine di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, mengatakan bahwa larutan dengan kandungan minyak kayu putih sebanyak 32 persen dapat memberikan perlindungan lebih dari 95% dari nyamuk dalam rentang waktu 3 jam.

Selain menjadi cairan penolak serangga, minyak kayu putih juga berfungsi sebagai disinfektan, lho! Minyak kayu putih bersifat antimikroba, antivirus, dan antijamur yang efektif sebagai disinfektan. Terutama jika kamu sensitif dengan disinfektan kimiawi. Caranya mudah, campurkan larutan air, cuka putih, dan beberapa tetes minyak kayu putih untuk membersihkan lantai atau permukaan. 

3. Penyembuhan Luka dan Mengurangi Rasa Sakit

Wound healing Free Photo

Sumber: Freepik

Studi yang dilakukan oleh International Journal of Nanomedicine menyebutkan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah infeksi pada luka dan mempercepat penyembuhan luka ketika dikombinasikan dengan minyak zaitun. Jika kamu memiliki luka ringan, minyak kayu putih bisa menjadi alternatif. Selain bermanfaat untuk luka, minyak kayu putih juga dapat mengurangi rasa nyeri berkat kandungan antiinflamasinya.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang dewasa yang baru pulih dari penggantian lutut merasakan sakitnya berkurang secara signifikan setelah menghirup minyak kayu putih selama 30 menit selama tiga hari berturut-turut. Untuk mengobati sakit dan nyeri secara alami, disarankan untuk menghirup minyak kayu putih dengan memasukkan satu hingga tiga tetes ke dalam diffuser.

4. Menyegarkan Mulut 

Portrait of young beautiful woman doing breath of fresh autumn air in a green park. Premium Photo

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang kerap mengalami masalah bau mulut, kayu putih bisa menjadi pilihan. Bau mulut memang bukan masalah kesehatan yang serius, namun dapat mengganggu kepercayaan diri. Mint bukan satu-satunya senjata melawan bau mulut. Karena sifat antibakterinya, minyak kayu putih dapat digunakan untuk melawan kuman yang menyebabkan bau mulut.

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba alami dalam minyak kayu putih dapat membantu mengurangi bakteri di mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang, gingivitis, bau mulut, dan masalah kesehatan mulut lainnya. Oleh karena itu, kamu sering menemukan kandungan minyak kayu putih di produk-produk seperti pasta gigi, obat kumur, dan bahkan permen karet. Larutkan satu tetes minyak kayu putih dengan air untuk dijadikan obat kumur. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share