4 Manfaat Hair Tonic untuk Rambut Kuat Sehat

Sumber foto : Freepik

Hair tonic adalah salah satu produk perawatan rambut yang berfungsi untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Hair tonic biasanya digunakan dengan cara mengaplikasikannya langsung ke kulit kepala sambil dipijat pelan. Umumnya, hair tonic mengandung ekstrak tumbuh-tumbuhan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tidak hanya berfungsi untuk rambut, hair tonic juga baik untuk kulit kepala. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu butuh hair tonic untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala kamu. 

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut 

Beautiful girl with long hair Free Photo

Sumber: Freepik

Jika kamu mengalami kebotakan di beberapa bagian rambut, hair tonic menjadi salah satu pertolongan pertama untuk merangsang pertumbuhan rambut kamu. Dengan penggunaan rutin hair tonic, rambut akan menjadi lebih tebal dan subur. Gunakan hair tonic dengan kandungan ginseng yang dapat membantu masalah pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan seperti quinine dan kafein dapat menstimulasi pertumbuhan rambut.

Kemudian, kandungan seperti aloe vera juga tidak hanya bermanfaat bagi kulit, namun bagi pertumbuhan rambut lho! Kandungan aloe vera pada hair tonic berfungsi sebagai stimulan penumbuh rambut yang mengandung lebih dari 20 jenis mineral, vitamin A, C, dan E. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengurangi produksi sebum berlebih yang dapat menghambat pertumbuhan rambut kamu. 

2. Mengatasi Kerontokan Pada Rambut 

Men with bald head on a black wall close-up. Premium Photo

Sumber: Freepik

Sedang mengalami rambut yang rontok? Hair tonic adalah solusinya! Rambut yang rontok merupakan hal yang wajar. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, perubahan hormonal, menjalani pengobatan tertentu, atau menderita penyakit tertentu. Jika kamu mengalami kerontokan lebih dari 100 helai per harinya, maka harus diwaspadai. Hair tonic terkenal akan kemampuannya yang dapat mengatasi masalah kerontokan rambut serta menguatkannya.

Rambut yang ternutrisi dengan baik akan menambah kekuatannya, sehingga rambut tidak mudah rontok. Kandungan seperti niacin, biotin, keratin, kafein, dan minoxidil baik untuk pertumbuhan rambut. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya dapat mencegah kerontokan pada rambut, namun juga dapat mempertebal rambut. Saat rambut sedang mengalami kerontokan, hindari menyisir rambut saat rambut masih basah, ya! 

3. Mengatasi Ketombe 

Dandruff on woman's dark hair Premium Photo

Sumber: Freepik

Tahukah kamu bahwa hair tonic juga dapat mengurangi ketombe? Rambut yang berketombe terkadang membuat gatal dan mengganggu kepercayaan diri. Hair tonic dapat melembabkan kulit kepala, sehingga mencegah kulit kepala yang kering dan menyebabkan ketombe. Hair tonic juga dapat mengurangi produksi sebum pada kulit kepala. Produksi sebum yang berlebih dapat membuat rambut cepat lepek dan memicu ketombe.

Untuk mengatasinya,gunakan hair tonic yang diperkaya dengan kandungan menthol di dalamnya. Tak hanya memberikan sensasi dingin menyegarkan di area kulit kepala, kandungan tersebut juga dapat membantu mengontrol produksi minyak yang dihasilkan kulit kepala, sehingga rambut tidak mudah lepek dan kotor. Selain itu, kandungan menthol yang terdapat di dalam hair tonic juga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala yang berketombe. 

4. Melembabkan Folikel Rambut 

Natural hair with sakura blossom Free Photo

Sumber: Freepik

Terlalu banyak menggunakan alat styling rambut, seperti hair dryer, hair straightener, atau curling iron dapat menghilangkan kelembaban alami pada rambut. Rambut yang kering dapat membuat rambut rapuh, bercabang, dan pecah-pecah. Beberapa produk hair tonic dapat diaplikasikan ke seluruh batang rambut dan dilengkapi dengan kandungan yang mampu melapisi folikel rambut serta melembabkannya.

Produk hair tonic mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan. Selain itu, hair tonic juga mengandung vitamin B yang menutrisi rambut dan menyehatkannya. Hair tonic dapat melembabkan folikel rambut, sehingga rambut akan mempertahankan kandungan minyak alaminya. Hair tonic juga dapat mengembalikan nutrisi rambut yang sudah rusak. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share