4 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Sumber foto : Freepik

Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari. Selain bermanfaat untuk kesehatan, bersepeda juga dapat meningkatkan hubungan pertemanan dengan anggota kelompok sepeda yang lain. Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang, animo masyarakat untuk bersepeda naik. Bersepeda juga menjadi ajang untuk merelaksasi pikiran sambil melihat dan melewati jalanan sekitar. Mungkin kamu sudah tahu bahwa bersepeda memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih

1. Bermanfaat Untuk Otot Kaki

Cyclist on a green mountain bike in the woods riding on the grass. concept of active and extreme lifestyle Premium Photo

Sumber: Freepik

Bersepeda dapat meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot pada kaki. Bersepeda dapat memperkuat otot kaki bagian paha depan, paha belakang, dan betis. Selain itu, bersepeda menjadi pilihan yang tepat jika kamu baru memulai olahraga. Jika kamu sedang mengalami cedera lutut dan harus menghindari olahraga high impact, kamu bisa memilih olahraga sepeda karena tergolong low impact.

Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan pada kaki, lho! Tidak hanya itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. Bonusnya, bersepeda dapat mengurangi selulit di area paha kamu, lho! Bersepeda juga mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik. 

2. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Woman measuring waist with tape Free Photo

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang sedang diet sambil berolahraga, bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang layak untuk dicoba. Bersepeda dapat membakar 400 sampai 1000 kalori per jam, tergantung dengan intensitasnya. Bersepeda dapat membantu penurunan berat badan yang berpotensi membuat defisit kalori. Bersepeda, terutama pada intensitas yang tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh, sehingga kamu akan mendapatkan berat badan yang ideal.

American College of Sport Medicine menganjurkan olahraga cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu. Namun, agar bersepeda dapat membakar kalori secara optimal, perlu dibarengi juga dengan konsumsi makanan yang sehat dan tepat, ya! Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

3. Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

Man in shirt having heartache Free Photo

Sumber: Freepik

Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung dan membuat darah memompa ke seluruh tubuh kamu. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan oleh National Heart Service (NHS) sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Bukti baru yang disajikan dalam bentuk studi yang dilakukan oleh University of Glasgow, di tahun 2019.

Para peneliti mempelajari lebih dari 260.000 orang selama lima tahun yang kerap bersepeda ke tempat kerja, mengurangi risiko mereka terkena kanker serta meningkatkan kesehatan jantung. Bersepeda adalah salah satu aktivitas aerobik yang berarti bahwa jantung, paru-paru, dan pembuluh darah kamu, semuanya ikut berolahraga. Bersepeda juga membantu mengurangi tekanan darah, lho! 

4. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Silhouette group of men riding bicycle at sunset. Premium Photo

Sumber: Freepik

Sebuah studi oleh Healthy Air Campaign, Kings College London, dan Camden Council melihat detektor polusi udara dipasang pada pengemudi mobil, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute yang padat dan ramai melalui pusat kota London. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengemudi mobil mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi dari pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih banyak dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus.

Dapat disimpulkan bahwa pengendara sepeda terkena lebih sedikit asap dan polusi berbahaya, dibandingkan mereka yang menggunakan mobil. Selain itu, bersepeda di luar ruangan dapat membuat paru-paru terus menerima udara segar dan meningkatkan laju pernapasan, serta memperkuat otot-otot di sekitarnya. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share