4 Manfaat BB Cushion yang Harus Kamu Ketahui!

Sumber foto : HarpersBazaar

Beberapa tahun belakangan ini, posisi foundation perlahan-lahan digeser oleh BB cushion. Tren BB cushion atau yang biasa disebut cushion ini berasal dari Korea Selatan yang mengklaim bahwa cushion mengandung skincare benefit, sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, cushion juga hadir dengan kemasan yang praktis dengan aplikator di dalamnya, sehingga bisa kamu bawa ke mana-mana. Lantas, apa saja keunggulan BB cushion dibanding produk alas bedak lainnya? Simak manfaatnya di bawah ini ya! 

1. Mengandung Sunscreen 

Satisfied lady applyes foundation with cosmetic brush Premium Photo

Sumber: Freepik

Beberapa orang mungkin tidak suka menggunakan sunscreen karena teksturnya yang sedikit lengket dan membuat kulit terlihat berminyak. Umumnya, BB cushion mengandung SPF yang bisa melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit bahkan memicu kanker kulit. Jika dibandingkan dengan foundation, BB atau CC cream biasa, cushion menawarkan perlindungan terhadap sinar UV sampai SPF 50, lho!

Jadi, kamu bisa mendapatkan perlindungan dari efek buruk sinar matahari sekaligus mendapatkan tampilan make up yang sempurna dengan cushion. Tentu saja tanpa membuat kulit berminyak dan ringan. Agar tampilan wajah lebih flawless, kamu bisa menambahkan bedak tabur setelah memakai cushion. Jangan lupa untuk re-apply cushion setiap 3 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan dari sinar UV yang maksimal. 

2. Mudah Untuk Touch Up

How to Pick the Best BB Cushion for your Skin Type | Korean makeup ...

Sumber: Pinterest

Tidak seperti foundation atau BB cream dengan tekstur cair yang susah untuk touch up, cushion hadir dengan kemasan yang praktis dengan aplikator di dalamnya. Dengan tekstur yang ringan dan buildable, cushion bisa kamu pakai kapan saja untuk touch up. Walaupun kamu pakai berlapis-lapis, cushion tidak akan meninggalkan hasil make up yang cakey, dan menggumpal.

Kamu akan mendapatkan hasil yang sama seperti pertama kali mengaplikasikannya di kulit. Jika kamu butuh touch up di tengah hari, kamu hanya perlu menepuk-nepuk area wajah dengan sponge yang tersedia di kemasannya, sehingga tampilan kulit akan flawless dan dewy. Beberapa cushion juga hadir dengan hasil akhir matte, sehingga cocok untuk kulit berminyak. 

3. Mengandung Skincare Benefit

Beautiful girl face. perfect skin Free Photo

Sumber: Freepik

Cushion tidak hanya berfungsi sebagai alas bedak yang mampu menutupi noda atau kemerahan di wajah, cushion juga biasanya memiliki kandungan skincare di dalamnya. Tidak hanya mengandung sunscreen, beberapa produk cushion juga mengandung hyaluronic acid yang berfungsi untuk menjaga hidrasi pada kulit, sehingga kulit kamu tetap lembab sepanjang hari. Selain itu, ada juga produk cushion yang dikhususkan untuk anti-aging yang mengandung adenosine.

Adenosine adalah salah satu kandungan yang merangsang produksi kolagen, sehingga keriput dan garis halus tersamarkan. Ada juga cushion yang mengandung kafein, sehingga dapat mengurangi puffy face dan mengencangkan kontur wajah. Nah, pilih cushion sesuai dengan jenis kulit kamu, ya! Jika kamu mempunyai kulit berminyak, pilih cushion yang memiliki kemampuan untuk menahan minyak. Jika kamu mempunyai kulit kering, pilih cushion yang dapat menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. 

4. Aplikator yang Higienis

10 Best Cushion Foundation Compacts in 2020 | HYPEBAE

Sumber: Hypebae

Aplikator atau sponge yang terdapat dalam cushion, hadir dengan anti-mikroba dan anti-bakteri, sehingga risiko mentransfer bakteri cukup rendah. Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengaplikasikan ulang cushion tanpa mencuci sponge-nya terlebih dahulu. Sebagian besar kemasan cushion pun didesain kedap udara, sehingga tidak lembab dan menjadi tempat berkembang biak bakteri serta kuman.

Namun, untuk menjaga higienitas, sebaiknya cuci sponge dengan menggunakan sabun yang lembut serta air hangat setiap 1-2 minggu sekali. Sponge yang terdapat di dalam cushion juga didesain untuk hasil seperti air-brushed, jadi kamu tidak perlu menggunakan brush atau jari untuk mengaplikasikannya. Saat mengaplikasikan cushion, cukup tepuk-tepuk wajah dan jangan menggeser atau mengusapnya agar hasilnya lebih sempurna. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share