4 Manfaat Air Purifier yang Harus Kamu Tahu

Sumber: Freepik

Seiring dengan berkembangnya teknologi secara pesat, beberapa produk elektronik mengeluarkan alat yang dapat menjernihkan udara di ruangan, yaitu air purifier. Udara yang telah dijernihkan akan bebas dari polusi, bahkan bakteri dan virus. Canggih, kan? Penggunaan air purifier penting untuk kamu yang tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk. Yuk simak bagaimana cara kerja dan manfaat dari air purifier untuk kesehatan kamu! 

1. Cara Kerja Air Purifier

The Amazing Benefits of Air Purifiers

Sumber: Lifehack

Air purifier adalah alat yang dapat membersihkan udara di ruangan yang biasa kamu hirup. Air purifier mengeluarkan udara yang segar dan bebas dari polusi, sehingga aman untuk dihirup kembali. Alat ini bermanfaat untuk membersihkan udara dengan menghilangkan jumlah kontaminan (kotoran, kuman atau zat-zat yang berbahaya di udara) di dalam ruangan.

Cara kerjanya pun termasuk sederhana. Begitu air purifier dinyalakan, udara di ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang air purifier. Udara yang sudah disaring dengan filter akan disalurkan kembali. Udara yang dikeluarkan tentunya menjadi segar dan bebas dari polusi. Efektivitasnya untuk membersihkan udara mencapai 95%. Berikut manfaat dari air purifier untuk kesehatan kamu! 

2. Menangkal Virus, Bakteri, dan Jamur

Silentnight Air Purifier with Triple Filtration

Sumber: Silentnight

Di tengah pandemi virus corona, air purifier mungkin dapat membantu membersihkan udara di ruangan dari partikel virus dan bakteri. Selain menjaga kebersihan, air purifier juga dapat menjaga kualitas udara di ruangan tetap bersih dari virus dan bakteri, terutama virus corona. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa air purifier memang terbukti efektif untuk mengurangi jumlah virus dan bakteri dalam ruangan.

Tidak hanya bakteri dan virus, air purifier juga dapat mengurangi jumlah jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Air purifier memang sangat membantu untuk kamu yang memiliki anak atau lansia, karena lebih rentan terkena penyakit. Bonusnya, air purifier juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ruangan, lho! 

3. Mencegah Alergi dan Asma

Best air purifiers of 2020, according to doctors and experts

Sumber: NBCNews

Bagi kamu yang memiliki alergi, hal-hal kecil dan sepele seperti bulu hewan atau serbuk sari dapat memicu reaksi alergi. Air purifier bekerja menghilangkan sebagian besar polutan udara dalam ruangan, termasuk bulu hewan, serbuk sari, dan debu pemicu alergi. Air purifier juga mengurangi risiko kamu menghirup pemicu alergi.

Mengapa? Karena Air purifier mengurangi jumlah imunoglobulin E (IgE) antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi dan yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Selain itu, pemicu asma seperti spora jamur dan tungau debu dari rumah. Filter HEPA dalam air purifier juga efektif menghilangkan bulu hewan, asap, dan tungau debu yang dapat mengurangi kemungkinan peradangan pada paru-paru dan mencegah gejala asma yang kambuh. 

4. Mengurangi Asap Rokok

A cigarette in an ashtray Free Photo

Sumber: Freepik

Asap rokok yang berada dalam ruangan dapat menempel pada barang dan membuat mereka yang menghirupnya menjadi perokok pasif. Beberapa orang mungkin alergi terhadap asap rokok Air purifier dengan filter HEPA dapat menjebak polutan hingga 3 micron, yang berarti bahwa sebagian besar asap tembakau disaring dari atmosfer untuk mengurangi risiko penyakit pada paru-paru.

Jika kamu mewaspadai asap rokok pada ruangan, air purifier adalah jawabannya. Jika kamu mempunyai anggota keluarga yang menderita kondisi pernapasan seperti penyakit paru-paru dan emfisema, mereka akan lebih rentan terhadap serangan alergen dan polutan. Air purifier membantu meningkatkan kualitas udara, sehingga bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang bagi penghuni rumah. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share