4 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Lengan

Sumber foto : Freepik

Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang. Selain tubuh lebih sehat, kepercayaan diri juga akan meningkat. Lengan menjadi salah satu bagian tubuh yang menjadi fokus utama saat membentuk tubuh ideal. Lengan besar dan bergelambir merupakan masalah yang sering dihadapi oleh wanita karena dapat mengganggu penampilan. Selain itu, lemak pada bagian lengan sulit untuk dihilangkan. Buat kamu yang mempunyai masalah lengan yang besar dan bergelambir, cek tips di bawah ini yuk agar bentuk lengan kamu lebih ideal! Kamu juga bisa menggunakan beberapa gerakan di bawah ini di rumah, lho! 

1. Push up dinding

Hasil gambar untuk wall push up pinterest

Sumber: Fitnessista

Buat kamu yang jarang olahraga, push up merupakan salah satu latihan yang sulit dilakukan. Namun, kamu bisa menggunakan dinding sebagai tumpuan agar lebih mudah bergerak naik turun tanpa risiko mengalami nyeri punggung dan kamu bisa melakukannya di rumah. Push up dinding dapat menguatkan otot lengan, bahu, dan dada.

Push up tembok cukup mudah, diawali dengan posisi berdiri di depan tembok yang memiliki permukaan datar kemudian letakkan kedua telapak tangan setinggi dan selebar bahu pada dinding tersebut. Berdirilah 30-45 cm dari tembok dan renggangkan kedua telapak kaki selebar bahu. Kemudian lakukan gerakan layaknya push up pada lantai. Lakukan gerakan tersebut secara rutin sampai kamu terbiasa dengan gerakan push up pemula ini. 

2. Angkat Barbel

Beautiful young woman lifting dumbbells at home. Free Photo

Sumber: Freepik

Untuk latihan angkat barbel, yang kamu butuhkan hanyalah barbel seberat 1-2 kg saja. Buat kamu yang pemula, kamu bisa memulai angkat beban dengan yang ringan. Pertama-tama, pegang barbel dengan kedua tangan kemudian angkat kedua tangan ke atas sampai otot lengan dan perut terasa tertarik. Tahan beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal.

Pastikan posisi lengan benar saat melakukan latihan untuk menghindari cedera. Kamu bisa mencontoh video tutorial agar latihan lebih optimal. Latihan barbel pada lengan dapat memperkuat otot, meningkatkan massa otot, dan membakar lebih banyak kalori di area lengan. Selain itu, daya tahan otot lengan akan semakin kuat jika kamu rutin melakukan latihan angkat barbel. 

3. Boxing

Male boxer boxing in punching bag Free Photo

Sumber: Freepik

Olahraga bela diri seperti boxing dan muay thai dapat membantu mengencangkan lengan. Boxing bisa melatih tubuh bagian atas sekaligus otot lengan atas. Selain lengan yang lebih kencang, gerakan-gerakan pada boxing dapat membakar kalori pada tubuh bagian atas termasuk lengan. Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian atas, boxing dan muay thai melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak.

Varian gerakan memukul pada olahraga ini dapat menyusutkan bagian lengan dan pundak. Gerakan seperti menonjok dan menyikut akan meningkatkan kekuatan otot dan lengan. Untuk melakukan beberapa gerakan boxing dan muay thai sebaiknya diawasi langsung oleh instrukturnya, ya! Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan memakai pelindung agar tidak cedera. 

4. Pull up 

Back view  blonde woman doing pull ups Free Photo

Sumber: Freepik

Pull up merupakan salah satu gerakan dalam olahraga yang banyak dilakukan untuk membentuk otot tubuh bagian atas. Pull up akan menambah kekuatan genggaman tangan karena pada saat pull up, jari-jari tangan berfungsi untuk menahan berat badan. Untuk melakukan gerakan ini, yang kamu perlukan adalah tiang atau kusen pintu yang lebih tinggi daripada kamu.

Caranya mudah, pertama-tama pegang tiang dengan kedua tangan kamu dengan erat. Lalu mulailah perlahan untuk mengangkat tubuh kamu, dan tahan selama 8 detik, kemudian turun. Sebaiknya lakukan pull up secara rutin agar otot lengan kamu semakin terbentuk. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera. 

Share