4 Fakta Tentang Lupus dan Cara Pengobatannya

Mungkin kamu sering mendengar tentang penyakit lupus. Namun, tahukah kamu bahwa lupus ternyata dapat dialami oleh siapa saja, terutama wanita? Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, termasuk kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Pada kondisi tubuh yang normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi atau cedera. Namun, saat seseorang mengalami penyakit autoimun, seperti lupus, sistem imun justru menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat. Lupus memiliki beberapa jenis, yaitu SLE (systemic lupus erythematosus), cutaneus lupus (lupus pada kulit), drug induced lupus (lupus akibat obat), dan neonatal lupus. Kenali penyebab dan gejala dari lupus di bawah ini yuk! 

1. Penyebab Lupus

Sumber: Freepik

Sampai saat ini, penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Namun sebagian besar penyakit lupus terjadi karena kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Mereka yang memiliki kecenderungan bawaan untuk lupus dapat terserang penyakit tersebut ketika bersentuhan dengan sesuatu di lingkungan yang dapat memicu lupus. Sinar matahari menjadi salah satu pemicu lupus yang dapat menyebabkan lesi kulit lupus atau memicu respons internal pada orang yang rentan.

Infeksi juga dapat menyebabkan lupus atau kekambuhan pada sebagian orang. Konsumsi obat-obatan, seperti beberapa jenis obat tekanan darah, obat anti-kejang, dan antibiotik juga dapat memicu kekambuhan pada lupus. Faktor lingkungan, seperti gaya hidup merokok, stres, dan paparan racun, seperti debu silika bisa menjadi penyebab potensial lupus. Selain itu, faktor genetika dan kadar hormon abnormal juga menjadi pemicu lupus. 

2. Gejala Lupus 

Sumber: Freepik

Lupus dapat menyebabkan peradangan di berbagai organ dan bagian tubuh. Hal itu menyebabkan gejala yang dialami para penderita lupus bisa sangat beragam dan berbeda antara satu penderita dengan penderita lain. Gejala lupus bisa muncul tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. Gejala juga bisa muncul ringan, berat, sementara, atau permanen.

Beberapa gejalanya, antara lain adalah nyeri dan kaku sendi, ruam di kulit yang sering terjadi di pipi dan hidung, kelelahan yang tidak diketahui penyebabnya, kulit yang lebih sensitif pada matahari, dan pucat pada jari tangan atau jari kaki. Selain itu, penderita lupus juga mengalami penurunan berat badan, demam tanpa sebab yang jelas, bahkan sariawan. 

3. Diagnosis Lupus

Sumber: Freepik

Lupus merupakan salah satu penyakit yang sulit didiagnosa oleh dokter. Saat seseorang mengalami gejala lupus, dokter akan melakukan tanya jawab, pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis penyakit.

Beberapa tes akan dilakukan bagi penderita lupus, seperti tes darah, tes urine, biopsi, dan pemindaian, seperti rontgen. Pemeriksaan darah dilakukan untuk memastikan adanya antibodi ANA (antinuclear antibody) yang meningkat pada penderita autoimun. 

4. Pengobatan Lupus

Sumber:Freepi

Hingga saat ini, lupus tidak bisa disembuhkan dan tidak dapat dicegah. Pengobatan yang dilakukan untuk penderita lupus bertujuan untuk meredakan keluhan, mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya keluhan dan gejala, seperti penerapan gaya hidup sehat, pemberian obat-obatan, pengelolaan stres dengan baik, dan melakukan kontrol kesehatan ke dokter secara berkala.

Obat-obatan yang diberikan pada pasien lupus biasanya bertujuan untuk menenangkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi jumlah peradangan atau pembengkakan yang dialami pasien, dan membantu mencegah kerusakan pada sendi atau organ lain. Selain itu, penderita lupus juga dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari (sinar UV) secara berlebihan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share