4 Fakta Klaster Penularan Covid-19 di Kementerian

Sumber: Freepik

Seiring dengan penambahan pasien Covid-19, klaster-klaster baru pun bermunculan. Selain klaster inner circle, kini klaster kementerian di DKI Jakarta pun disebut-sebut menjadi klaster baru penularan virus corona. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengunggah data yang menunjukkan bahwa salah satu kantor dengan kasus Covid-19 tertinggi adalah kantor kementerian. Faktanya, terdapat 1.223 pasien Covid-19 yang berasal dari 39 klaster kementerian. Simak fakta-faktanya di bawah ini! 

1. Kementerian Kesehatan Paling Banyak

Sumber: Freepik

Kementerian Kesehatan yang seharusnya berperan untuk mensejahterakan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, ternyata menjadi salah satu klaster kementerian yang paling banyak menyumbangkan kasus Covid-19, yaitu 20 persen. Sampai 18 September 2020, Kementerian Kesehatan menyumbangkan 252 kasus Covid-19. Hal itu menandakan bahwa penyebaran Covid-19 masih belum terkendali.

Bahkan, klaster perkantoran yang seharusnya menjadi contoh disiplin protokol kesehatan pun menjadi celah dalam penularan virus corona. Kasus pasien positif Covid-19 di Kementerian Kesehatan bukan hanya tertinggi di klaster perkantoran, melainkan memiliki kasus terbanyak dari seluruh klaster yang dihimpun Dinkes DKI Jakarta, termasuk klaster perusahaan swasta, badan, dan lembaga. 

2. Klaster Kementerian Lain 

Hand holding covid-19 swab collection kit, specimen sample testing process. Premium Photo

Sumber: Freepik

Kementerian kedua yang menyumbangkan kasus Covid-19 adalah Kementerian Perhubungan, yaitu sebanyak 175 kasus. Selain itu, kemkominfo juga menyumbangkan 65 kasus Covid-19 di ranah perkantoran.

Diikuti dengan Kementerian Pertahanan dengan 64 kasus, Kementerian Keuangan 61 kasus, Kemenpora 43 kasus, Kemenparekraf 38 kasus, Kementerian ESDM 36 kasus, Kementerian Hukum dan Ham 35 kasus, Kemendikbud 25 kasus dan Kemenakertrans 24 kasus. Kementerian Kelautan juga menyumbang 6 kasus, termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang kini sudah sembuh dari infeksi virus corona. 

3. Penyebab Penularan Covid-19 di Kementerian

Sumber: Itagroup.com

Penularan Covid-19 di klaster perkantoran termasuk kementerian dapat disebabkan oleh penerapan protokol kesehatan yang longgar. Selain itu, penularan Covid-19 di perkantoran juga disebabkan oleh VDI (Ventilasi-Durasi-Jarak) yang rendah. Padahal, ventilasi dan sirkulasi udara yang baik dapat menurunkan risiko penularan virus corona, terutama di ruangan perkantoran. Angka penularan yang menyebar di klaster perkantoran juga tidak terlepas dari stigma buruk untuk pejabat dan pegawai yang terkena Covid-19. Beberapa orang masih menganggap Covid-19 adalah hal yang tabu dan memalukan, sehingga pihak kantor atau perusahaan menutup rapat tentang informasi Covid-19 di kantor mereka. Beberapa perusahaan atau kantor juga tidak terbuka mengenai pegawainya yang positif terinfeksi virus corona karena beberapa alasan, termasuk kekurangan tenaga kerja. 

4. Upaya Mengurangi Penularan Covid-19 di Kementerian

Sumber: Freepik

Untuk mengurangi penularan Covid-19 di perkantoran, maka pengelola perkantoran harus memberikan fasilitas bagi pegawainya untuk menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, dengan menyediakan spot tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan penyediaan masker. Namun, sebaiknya para pegawai tidak hanya mengandalkan fasilitas yang diberikan oleh kantor. Semua pegawai juga wajib menerapkan protokol kesehatan termasuk wajib menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

Selain itu, manajemen kantor diwajibkan untuk mengatur posisi meja dan kursi antarkaryawan dengan jarak minimal satu meter. Tidak hanya di dalam kantor, pengaturan posisi meja dan kursi juga diatur di dalam kantin atau kafe kantor. Manajemen kantor juga perlu untuk mengatur waktu bekerja pegawai. Waktu bekerja disesuaikan untuk seluruh pegawai, ada yang bekerja lebih pagi, dan ada yang lebih siang untuk menghindari peak commuting time. Beberapa perusahaan pun mungkin masih ada yang menerapkan sistem kerja dari rumah, sehingga perusahaan lebih fleksibel dalam mengatur pegawainya. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share