4 Fakta Ikan Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh Cegah Covid-19

Sumber: Freepik

Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona. Menjaga kekebalan tubuh bukanlah hal yang mudah, diperlukan beberapa cara agar sistem kekebalan tubuh tetap baik dan prima. Dari mulai rutin berolahraga, makan-makanan bergizi, sampai mengonsumsi suplemen. Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, kini beredar informasi bahwa makan ikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lho! Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi virus corona. Benar gak sih? Check this out! 

1. Ikan Sebagai Sumber Protein HewaniGrilled salmon steak fillet with vegetable | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Tentu kamu sudah tidak asing lagi bahwa ikan adalah salah satu sumber makanan yang tinggi akan protein. Protein dibutuhkan sebagai zat penting bagi tubuh, terutama dalam masa pertumbuhan dan perkembangan di seribu hari pertama kehidupan sejak janin berada dalam kandungan. Protein pada ikan tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan.

Selain itu, protein ikan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Protein dapat membangun, memperkuat, atau mengganti jaringan tubuh. Protein juga membuat enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi dan metabolisme tubuh. Nah, yang terpenting adalah kandungan protein pada ikan dapat membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. 

2. Ikan Mengandung Asam Lemak Omega-3 Grilled snapper fish steak | Premium Photo

Sumber foto : Freepik

Beberapa jenis ikan tertentu, seperti salmon, tuna, dan sarden memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ikan berminyak, seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sumber makanan, seperti ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, mencegah demensia, serta berperan penting dalam perkembangan janin. Selain itu, konsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mengurangi stroke. Asam lemak omega-3 pada ikan adalah jenis asam lemak esensial yang membantu menekan peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terkendali. 

3. Ikan Kaya Akan VitaminSashimi sushi set with soy and wasabi on black background | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Ikan kaya akan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, thiamin, riboflavin, dan niacin. Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium dan fosfor. Mineral di ikan mengandung juga magnesium, phosphor,iodium, fluor, zat besi, copper, zinc, dan selenium.

Nah, kandungan vitamin A pada ikan dipercaya dapat memperkuat sistem imun. Vitamin A juga terlibat langsung dalam produksi dan kerja sel darah putih, guna membantu menyerang patogen asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, vitamin D pada ikan juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, otak, dan sistem saraf. 

4. Rekomendasi Olahan Ikan Agar Nutrisinya Tetap TerjagaNigiri sushi | Free Photo

Sumber foto : Freepik

Agar kamu mendapatkan nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas, kamu perlu mengolah ikan dengan benar, lho! Jika salah mengolahnya, kamu akan kehilangan nutrisi-nutrisi tersebut, bahkan menambahkan lemak jenuh pada ikan. Saat memasak ikan, paling lama 10 menit pada setiap sisinya agar tidak terlalu kering dan kehilangan rasa alaminya.

Selain itu, mencairkan daging ikan yang beku dengan air panas bisa membuat banyak bakteri tumbuh. Nah, mengolah ikan dengan tepat dapat menjaga nutrisi dan kandungan bermanfaat di dalamnya, sehingga konsumsi ikan dapat menjaga kekebalan tubuh kamu. Di samping itu, barengi juga konsumsi ikan dengan konsumsi bahan makanan bergizi lainnya dan mematuhi protokol kesehatan. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share