4 Cara Mengatasi Stretch Marks Pada Tubuh

Sumber foto : Freepik

Stretch marks adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh, seperti payudara, perut atas, lengan atas, pantat dan paha. Stretch marks terjadi saat tubuh kamu bertumbuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan dermis pada kulit akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kehamilan, berat badan yang meningkat secara drastis, adalah dua dari penyebab munculnya stretch marks pada kulit. Berikut kami rangkum beberapa cara untuk memudarkan stretch marks. Check this out! 

1. Eksfoliasi Kulit

Natural scrub in an open glass with wooden spoon on pink backdrop Free Photo

Sumber: Freepik

Tidak hanya kulit wajah saja lho yang perlu dieksfoliasi, namun kulit tubuh juga butuh untuk dieksfoliasi. Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat menghilangkan sel kulit mati pada tubuh dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru pada area stretch marks. Kamu juga bisa membuat scrub sendiri di rumah lho! Campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir minyak almond atau minyak kelapa. Kemudian tambahkan air lemon dan aduk secara merata.

Oleskan campuran tersebut pada area stretch marks dengan gerakan memutar dan diamkan selama 8-10 menit. Atau, kamu juga bisa menggunakan scrub dengan kandungan kopi. Kandungan kafein dalam kopi memicu sirkulasi darah, sehingga membantu sel-sel kulit beregenerasi. 

2. Menggunakan Minyak Esensial

Front view of natural cosmetics concept Free Photo

Sumber: Freepik

Untuk membantu menyamarkan tampilan stretch marks, beberapa minyak esensial, seperti minyak zaitun, minyak rosehip, minyak argan, dan minyak almond dapat membantu. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan dapat menghidrasi kulit. Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 pada wanita yang sedang hamil di trimester kedua, mengoleskan minyak zaitun secara rutin membantu mencegah stretch marks.

Selain itu, minyak rosehip juga terbukti untuk mencegah timbulnya stretch marks pada wanita hamil. Minyak argan juga terbukti membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga dapat mencegah dan mengurangi stretch marks. Pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014, wanita hamil yang rajin menggunakan minyak almond sambil memijat area stretch marks merasakan tampilan stretch marks yang semakin memudar. 

3. Menggunakan Krim atau Body Butter 

Pregnant woman holding red heart and hand on her belly, symbol of new life, concept of expecting for baby and extending family. Premium Photo

Sumber: Freepik

Dalam pencegahan serta mengurangi tampilan stretch marks, beberapa krim dan body butter dengan kandungan tertentu dapat memudarkan stretch marks. Pilih krim atau body butter dengan kandungan kolagen, esensial oil, vitamin A, peptida alpukat, dan hyaluronic acid untuk mengatasi stretch marks. Kolagen berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat kulit, sehingga dapat meningkatkan elastisitas serta kekenyalan kulit.

Selain itu, vitamin A atau yang biasa dikenal dengan retinoid membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda. Vitamin A atau retinoid juga dapat mencegah munculnya stretch marks. Peptida yang terkandung dalam alpukat juga berfungsi memperkuat elastisitas kulit dan membantu stretch marks cepat memudar. Kandungan hyaluronic acid mampu melembabkan area kulit yang kering serta meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. 

4. Treatment di Klinik Kecantikan

Female legs, woman in professional beauty clinic during laser hair removal Premium Photo

Sumber: Freepik

Jika kamu menginginkan hasil yang instan tanpa rasa sakit, kamu bisa melakukan beberapa treatment khusus stretch marks di klinik kecantikan. Melakukan treatment khusus stretch marks di klinik kecantikan juga cenderung tidak berisiko dan tidak ada down time. Umumnya kamu butuh beberapa kali treatment untuk memudarkan stretch marks, tergantung dengan kondisi kulit kamu. Treatment seperti PRP dapat meremajakan kulit secara alami dan merangsang tumbuhnya jaringan kolagen pada kulit, sehingga kulit meregenerasi sel-sel kulit baru.

Alhasil, garis-garis stretch marks akan tersamarkan. PRP hanya membutuhkan waktu 30 menit saja tiap treatment. Cukup singkat, bukan? Selain itu, terdapat treatment yang bernama Attiva, yaitu radiofrekuensi yang memiliki pengaturan energi panas secara langsung. Treatment Attiva dapat memperbaiki kerusakan kolagen, mengencangkan kulit, sekaligus mengencangkan area stretch marks.

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share