4 Cara Mencegah Penularan COVID-19 Bagi Pelaku Usaha

Sumber: Freepik

Adanya pandemi virus corona membuat banyak pelaku usaha tutup sementara untuk mencegah adanya penyebaran virus corona di lingkungan kerja. Kini di era new normal, pemerintah sudah memperbolehkan para pelaku usaha untuk menjalankan kembali usahanya dengan mengikuti protokol kesehatan. Ketika para karyawan tiba di tempat kerja, apabila tidak ditetapkan prosedur untuk atasi penularan pandemi, mereka bisa jadi menularkan penyakit. Menteri Koperasi dan UKM mengimbau agar pelaku UKM untuk menerapkan prosedur pencegahan COVID-19 di tempat usaha masing-masing. 

1. Melakukan Rapid Test

Sumber: Fazzdoc

Beberapa perusahaan mewajibkan rapid test bagi seluruh karyawannya. Rapid test berguna untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi tubuh dalam melawan virus corona, rapid test bagi karyawan bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan tenang. Agar situasi di tempat kerja kembali kondusif dan aman, maka diperlukan hasil rapid test non reaktif bagi seluruh karyawan.

Fazzdoc menyediakan layanan rapid test yang nyaman, aman dan praktis, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memberikan hasil dari sampel darah serta rapid test diselenggarakan di kantor mu! Dengan memilih rapid test Fazzdoc, tentunya sangat efisien untuk mengakomodir karyawan dalam jumlah banyak. Yuk segera daftarkan kantormu mengikuti rapid test Fazzdoc dengan isi form di https://covid19.fazzdoc.com/rapid-test-company/  

2. Manfaat Rapid Test Untuk Para Pekerja

Sumber: Fazzdoc

Jika kamu termasuk ke dalam karyawan yang sering ditugaskan untuk bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, rapid test perlu untuk dilakukan. Beberapa moda transportasi, seperti kereta dan pesawat mewajibkan penumpangnya untuk menyertakan hasil rapid test non reaktif. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang lain saat berkendara dan memberikan rasa aman bagi penumpang lain. Selain itu, rapid test menjadi metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi virus corona dalam tubuh.

Jika dilakukan rapid test kemudian ada karyawan yang hasilnya positif, maka akan dilakukan tes lanjutan dan melakukan perawatan intensif, sehingga tidak menular pada karyawan lainnya. Semakin cepat ditangani, maka semakin besar juga kesempatan untuk sembuh. Oleh karena itu, hampir semua perusahaan memberlakukan rapid test bagi seluruh karyawannya sebelum memulai bekerja normal kembali.

3. Mengatur Waktu Kerja KaryawanPeenat | Freepik

Sumber: Freepik

Demi mencegah penularan virus corona antarkaryawan, pelaku usaha sebaiknya mengatur waktu kerja karyawan menggunakan sistem shift. Contohnya, tim 1 bekerja hari Senin dan Selasa, sedangkan tim 2 bekerja Kamis dan Jumat. Hari Rabu dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kantor atau tempat usaha.

Waktu bekerja juga disesuaikan untuk seluruh karyawan, ada yang bekerja lebih pagi, dan ada yang lebih siang untuk menghindari peak commuting time. Beberapa pelaku usaha pun mungkin masih ada yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau online, sehingga pengusaha lebih fleksibel dalam mengatur karyawannya. Untuk waktu bekerja tetap sama dan tidak berkurang, namun hanya diatur jam masuk kerja dan jam pulang kerjanya saja. 

4. Melakukan Protokol KesehatanPanic Buying Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: Freepik

Selain melakukan rapid test dan mengatur ulang jam kerja karyawan, pelaku usaha mewajibkan karyawannya untuk mematuhi protokol kesehatan. Pihak pelaku usaha diwajibkan untuk mengatur posisi meja dan kursi antarkaryawan dengan jarak minimal satu meter. Tidak hanya di dalam lingkungan usaha, pengaturan posisi meja dan kursi juga diatur di dalam kantin atau kafe sekitar kantor.

Semua karyawan diimbau untuk menggunakan alat makan sendiri, sehingga pantry tidak perlu menyediakan alat makan yang digunakan bersama-sama. Tidak hanya alat makan, alat ibadah, seperti mukena, sarung dan sajadah pun tidak boleh dipakai bersama. Jika karyawan batuk atau bersin, diharapkan membudidayakan etika batuk atau bersin dengan menutup mulut serta hidung dengan tisu atau lengan bagian dalam. Semua karyawan juga wajib menggunakan masker saat bekerja. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share