4 Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Tepat

Sumber foto : Freepik

Sering merasakan gigi yang terasa nyeri tiba-tiba? Bisa jadi gigi kamu berlubang lho! Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar hingga bagian dalam, sampai membentuk lubang. Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, lubang akan membesar, serta berisiko menimbulkan infeksi, gigi yang membusuk dan gigi tanggal. Gejala yang ditimbulkan biasanya sakit gigi, gigi menjadi sensitif, dan terdapat lubang yang jelas pada gigi. Nah, apa sih penyebab gigi berlubang? Dan bagaimana cara mencegahnya? 

1. Penyebab Gigi Berlubang

Installation of the expander, preparation for the photo protocol Premium Photo

Sumber: Freepik

Gigi berlubang diawali oleh plak pada mulut. Plak pada mulut berasal dari sisa makanan yang mengandung gula, yang kemudian diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam. Plak yang melekat pada gigi terbentuk oleh kombinasi antara bakteri, asam, sisa makanan, dan liur. Lapisan-lapisan pada gigi terkikis secara perlahan akibat asam yang terdapat pada plak.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau asam juga menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Selain itu, jika kamu tidak menggunakan pasta gigi mengandung fluoride juga menjadi penyebab gigi berlubang. Apalagi jika kamu malas menyikat atau membersihkan gigi. Tidak hanya itu, mulut kering pun bisa menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Nah, gimana sih cara mencegahnya? 

2. Rajin Membersihkan Gigi 

Smiling young man holding tooth brush with paste Free Photo

Sumber: Freepik

Hal yang paling mendasar dalam pencegahan gigi berlubang adalah rajin menyikat gigi dua kali sehari. Biasakan diri kamu untuk menyikat gigi dua kali di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Cara menyikat gigi pun ternyata penting, lho! Dalam menyikat gigi, awali dengan menggosok bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar selama kira-kira 20 detik.

Setelah itu, gosok gigi geraham dari atas ke bawah, mulai dari batas gusi hingga ujung gigi, untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela-sela gigi. Lakukan selama 20 detik. Gunakan ujung sikat gigi untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan dengan gerakan ke atas dan bawah. Kemudian, maju dan mundurkan secara lembut dengan gerakan pendek. 

3. Menggunakan Obat Kumur

Asian women are mouthwash Premium Photo

Sumber: Freepik

Untuk membantu membersihkan area gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi, kamu bisa menggunakan obat kumur agar gigi bersih maksimal. Pilih obat kumur dengan kandungan fluoride. Fluoride adalah senyawa yang terkandung dalam obat kumur dan pasta gigi yang berfungsi membantu mencegah karang gigi dan gigi berlubang. Bonusnya, kamu akan terhindar dari bau mulut jika rutin menggunakan obat kumur.

Obat kumur dapat mencegah penimbunan plak pada gigi dan menjadikan gigi lebih kuat. Biasanya obat kumur digunakan sekali sehari sebelum tidur atau setelah menggosok gigi. Gunakan obat kumur selama kurang lebih satu menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ataupun berkumur dengan cairan lain setidaknya selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur.

4. Menggunakan Benang Gigi

Female patient flossing her teeth Free Photo

Sumber: Freepik

Benang gigi atau dental floss adalah salah satu solusi untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Benang gigi dapat menjangkau area-area yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi, seperti sela-sela gigi. Cara memakainya adalah selipkan benang gigi secara perlahan pada salah satu sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C.

Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi. Setelah menggunakan benang gigi, berkumurlah dengan obat kumur. Benang gigi dapat mencegah plak dan karang gigi, sehingga risiko untuk terjadinya bau mulut, dan kerusakan gigi. Jadi, untuk mencegah kerusakan gigi akibat gigi berlubang, terapkan cara ini ya! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share