4 Cara Makeup Natural yang Mudah untuk Pemula

Sumber foto : Freepik

Ingin tampil segar dan sederhana dengan make up? Bosen dengan make up yang bold? Tren make up natural atau “no make up” make up look cocok untukmu! Dengan teknik dan pengaplikasian make up yang tepat, kamu akan mendapatkan hasil make up yang natural dan tahan lama untuk sehari-hari. Nah, dengan teknik dan tips di bawah ini kamu akan mendapatkan  “no make up” make up look yang kamu dambakan! 

1. Skincare 

Facial care Free Photo

Sumber: Freepik

Tampilan make up natural mengandalkan riasan kulit wajah yang tampak sehat dan glowing. Kuncinya adalah pemakaian skincare sebelum mengaplikasikan make up. Perawatan kulit yang baik selalu diawali dengan menggunakan pembersih wajah yang baik pula. Setelah menggunakan pembersih wajah, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit serta mempersiapkan kulit untuk menerima skincare setelahnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan penggunaan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuat make up menempel lebih mudah, sehingga kulit tampak sehat. Untuk perawatan tambahan, kamu juga bisa menggunakan masker wajah terlebih dahulu untuk menambah hidrasi serta membuat kulit tampak kenyal. Jika kulit kamu terasa kusam, kamu bisa menggunakan masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga tekstur kulit lebih halus dan tampilan make up lebih flawless.

2. Base Make Up

Portrait of white woman doing her daily makeup routine Free Photo

Sumber: Freepik

Setelah menggunakan rangkaian skincare, kamu wajib menggunakan primer. Menggunakan primer sebelum foundation atau concealer akan membuat make up lebih awet dengan tampilan yang lebih halus. Pilih primer sesuai dengan jenis kulit kamu, ya! Primer untuk kulit berminyak biasanya berfungsi untuk menahan minyak sepanjang hari dan dapat menyamarkan tampilan pori-pori. Primer untuk kulit kering juga berfungsi untuk menghidrasi kulit sepanjang hari agar make up tidak patchy.

Tahap selanjutnya, agar tampilan make up tetap natural, gunakan alas bedak yang ringan. Sebaiknya pilih bb cushion, tinted moisturizer, bb dan cc cream dibanding foundation. Produk-produk tersebut menghasilkan tampilan yang ringan, samar, dan glowing, sehingga kulit tetap terlihat sehat. Kamu juga boleh hanya menggunakan concealer di area yang diperlukan saja, seperti di bawah mata, bekas jerawat, atau noda hitam. Setelah itu, kunci make up kamu dengan menggunakan bedak tabur untuk hasil yang ringan dan natural. 

3. Riasan Mata

Close-up of woman applying mascara to her lashes Free Photo

Sumber: Freepik

Untuk mencapai hasil make up yang natural, riasan mata juga tetap penting lho agar mata terlihat lebih “hidup”. Untuk tampilan mata yang segar dan cerah, pilih eyeshadow berbentuk krim dengan warna yang mendekati kulit kamu, seperti coklat tua, coklat muda, atau krem. Baurkan eyeshadow dari garis bulu mata dan berikan efek memudar saat semakin dekat dengan alis. Agar alis terlihat lebih rapi dan penuh namun tetap natural, kamu bisa menggunakan eyebrow mascara.

Kelebihan eyebrow mascara adalah, bulu alis tidak akan geser atau turun dan alis terlihat lebih berdimensi. Atau, kamu bisa menggunakan pensil alis untuk mengisi bagian alis yang kosong saja, usahakan jangan terlalu menekan pensil alis saat mengaplikasikannya agar tampak natural. Maskara adalah sentuhan akhir agar mata terlihat segar dan “hidup”. Pilih maskara dengan hasil volumizing atau memanjangkan, sehingga garis bulu mata kamu terlihat jelas tanpa menggunakan eyeliner. 

4. Riasan Pipi dan Bibir

12 Best Cream Blushes of 2020 - Cream Blush vs Powder Blush

Sumber: Cosmopolitan

Sama seperti eyeshadow, gunakan blush on berbentuk krim untuk tampilan yang lebih natural. Blush on berbentuk krim lebih mudah dibaurkan dan menyatu pada kulit, sehingga kulit kamu terlihat merona. Untuk tampilan blush on yang lebih cerah, baurkan blush on dari tulang pipi ke arah atas garis rambut kamu. Pilih blush on dengan warna peach untuk tampilan segar dan alami.

Aplikasikan bronzer untuk tampilan wajah yang lebih warm dan terkesan sunkissed skin. Gunakan bronzer berbentuk krim dan aplikasikan pada bagian bawah tulang pipi serta sepanjang pelipis dan rahang. Untuk hasil kulit yang terlihat lebih glowing secara alami, gunakan highliter berbentuk krim di tulang pipi dan tulang hidung agar ilusi wajahmu semakin terbentuk. Terakhir, gunakan pewarna bibir dengan hasil akhir sedikit glossy atau satin, sehingga bibir terlihat cerah alami dan sehat. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share