4 Cara Cegah Infeksi Virus Pada Bayi 

Sumber: Freepik

Masih berada di tengah pandemi virus corona, bayi menjadi salah satu golongan yang rentan terinfeksi virus, terutama virus corona. Imunitas bayi yang belum terbentuk dengan sempurna menjadi salah satu alasan mengapa bayi mudah terserang infeksi virus. Oleh karena itu, para orang tua harus selalu waspada dan menerapkan cara mencegah infeksi virus pada bayi. Check this out! 

1. Selalu Memberikan ASI 

Mother breastfeeding baby sitting sofa home Premium Photo

Sumber: Freepik

WHO merekomendasikan  pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Ibu menyusui sebaiknya melanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia dua tahun, disertai dengan makanan pendamping ASI (MPASI). ASI merupakan sumber utama nutrisi untuk bayi yang mengandung lemak, protein, gula, enzim, antibodi, dan sel-sel darah putih yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk membangun sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar kuat melawan berbagai virus, penyakit, dan infeksi.

Dengan memberikan ASI secara eksklusif, ibu juga membantu membentuk antibodi pada bayi, sehingga kekebalan tubuh menjadi kuat. ASI mengandung imunoglobulin A yang berfungsi melindungi bayi dari serangan bakteri serta virus. Immunoglobulin A memberikan perlindungan terhadap organ tubuh bayi yang rentan terhadap kuman, seperti usus, hidung, dan tenggorokan. 

2. Imunisasi Secara Teratur

Vaccine, vaccination hepatitis b virus for child baby. doctors vaccinate the thighs of children Premium Photo

Sumber: Freepik

Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang imun atau kebal terhadap penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang kekebalan tubuh. Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk antibodi atau daya tahan tubuh. Bayi yang baru lahir memang sudah memiliki antibodi alami yang disebut kekebalan pasif.

Antibodi tersebut didapatkan dari ibunya saat bayi masih di dalam kandungan. Akan tetapi, kekebalan ini hanya dapat bertahan dalam beberapa minggu atau bulan saja. Setelah itu, bayi akan menjadi rentan terhadap penyakit. Imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh anak terhadap penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Seperti imunisasi polio mencegah kelumpuhan akibat serangan virus polio liar yang menyerang sel-sel saraf di sumsum tulang belakang. 

3. Hindari Sentuhan Dari Orang Lain

Back of a baby with a teddy bear Premium Photo

Sumber: Freepik

Saat bayi baru lahir, tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak rekan serta sanak famili yang datang berkunjung ke rumah untuk menjenguk si buah hati. Di tengah kondisi pandemi virus corona seperti saat ini, sebaiknya hindari orang asing untuk menyentuh bahkan menggendong si kecil. Orang tua akan menjadi carrier pertama bagi si buah hati, lho!

Oleh karena itu, jika terpaksa menerima tamu, tetap menjaga jarak aman dengan orang tua dan si kecil. Selain itu, kamu juga bisa memberi pemahaman kepada mereka dengan tidak menerima tamu di dalam rumah, namun di teras rumah. Tidak hanya virus corona yang bisa menular lewat orang lain, beberapa virus seperti polio, cacar air, dan flu bisa menular lho! 

4. Lingkungan yang Bersih

Hands sanitizer alcohol gel. woman use for cleaning hands and protect from corona virus, covid-19. Premium Photo

Sumber: Freepik

Pandemi virus corona menuntut kita untuk selalu menjaga kebersihan dan higienitas diri serta lingkungan. Dengan selalu menjaga kebersihan, maka kamu dan si kecil akan terhindar dari berbagai macam virus, lho! Orang tua harus memiliki kebiasaan bersih dengan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi dan menyiapkan makannya.  Salah satu kebiasaan lain adalah menghindarkan bayi dari paparan asap rokok.

Paparan asap rokok membuat proses detoksifikasi alami pada tubuh anak kurang optimal. Kondisi ini akan meningkatkan risiko asma, infeksi telinga, hingga memengaruhi kecerdasan anak. Selain itu, pastikan si kecil cukup mendapatkan paparan sinar matahari. Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari baik untuk kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan pertumbuhan gigi bayi. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share