4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Sumber foto : Freepik

Produk berbasis syariah di Indonesia semakin populer dari tahun ke tahun. Syariah sendiri merupakan sistem keuangan yang diatur menggunakan hukum Islam. Salah satu produk berbasis syariah yang diminati selain bank syariah adalah asuransi jiwa syariah. Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi atau bentuk aset. Oleh karena itu, produk asuransi jiwa syariah lebih menguntungkan bagi umat Muslim. Jadi, apa saja sih manfaat dari asuransi jiwa syariah? 

1. Lebih Menguntungkan

4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Sumber: Freepik

Pada asuransi jiwa biasa, jika tidak ada klaim dalam masa pertanggungan maka kemungkinan dana hangus dapat terjadi. Namun, hal ini tidak akan terjadi pada asuransi jiwa syariah. Cicilan premi yang sudah kamu bayarkan setiap bulannya dapat ditarik kembali bahkan sebelum jatuh tempo dan tanpa klaim. Jadi, jika kamu ingin mencairkan dana secara tiba-tiba, maka asuransi jiwa syariah bisa mengabulkannya.

Sangat menguntungkan bukan? Kemudian, premi asuransi jiwa syariah pun lebih terjangkau dibanding asuransi jiwa biasa. Meskipun harga premi lebih murah, tidak berarti asuransi jiwa syariah tidak aman lho. Asuransi jiwa syariah menggunakan konsep wadiah atau titipan, yang mana dana akan dikembalikan dari rekening peserta yang telah dipisahkan dari rekening tabarru’. Prinsip asuransi jiwa syariah adalah nasabah harus diuntungkan dan mendapatkan perjanjian yang jelas dengan pihak asuransi. 

2. Pengelolaan Dana yang Transparan

4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Sumber: Freepik

Dalam asuransi jiwa syariah, tidak ada pihak yang merugi. Dari awal pembelian polis asuransi, nasabah sudah dijelaskan secara detail dan terperinci terkait asuransi jiwa syariah yang ditawarkan. Semakin besar kontribusi maka semakin besar pula surplus yang akan didapat. Semua dana dicatat secara proporsional dan tidak ada yang disembunyikan.

Hal ini yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi biasa. Pada asuransi konvensional, dana 100% dimiliki oleh perusahaan dengan alokasi kebijakan sesuai dengan perusahaan masing-masing. Pengelolaan dana pada asuransi jiwa syariah juga menggunakan konsep bagi hasil yang jelas di awal. Dengan pengelolaan dana yang transparan, risiko terjadinya gharar atau ketidakjelasan dana dapat dicegah. 

3. Tidak Ada Riba

4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Sumber: Freepik

Sesuai dengan syariat Islam, riba sangat dihindari oleh umat muslim. Perusahaan asuransi syariah menjamin nasabahnya bahwa asuransi mereka tidak menyalahi ketentuan syariat Islam.  Pengelolaan dana pada asuransi jiwa syariah juga menggunakan konsep bagi hasil yang jelas di awal. Misalnya presentasi tabarru sebesar 60%, sedangkan ujroh 30%.

Investasi yang ditawarkan perusahaan asuransi syariah menggunakan akad yang jelas, nasabah bebas memilih akad yang membuat nyaman. Akad yang digunakan perusahaan asuransi syariah di Indonesia antara lain, akad tabarru’ dan akad tijarah. Perlu diketahui bahwa seluruh aktivitas keuangan syariah selalu berada dalam pengawasan dan lebih dulu mendapat persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah, sehingga nasabah tidak perlu khawatir dengan soal halal-haram dari produk asuransi syariah. 

4. Santunan yang Lebih Besar

4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Sumber: Freepik

Dalam produk asuransi jiwa syariah, uang premi yang dibayarkan oleh nasabah akan tetap milik nasabah. Perusahaan asuransi hanya bertugas untuk mengelola dana tersebut dalam rekening tabarru’. Konsep asuransi jiwa syariah adalah titipan, sehingga dana akan dikembalikan pada nasabah saat jatuh tempo. Jadi, asuransi syariah tidak mengenal dana hangus.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan dari asuransi syariah adalah double claim, yaitu mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi berbeda untuk mendapatkan pertanggungan yang lebih besar. Misalnya, kamu memiliki BPJS Kesehatan untuk menanggung biaya perawatan di rumah sakit, namun terbatas dan kamu harus membayar sisa biaya perawatan. Maka kamu bisa mengajukan sisa pembayaran yang kurang dengan asuransi syariah. Jenis keuntungan ini tidak dapat kamu dapatkan di asuransi biasa, lho! 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!4 Alasan Tepat Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc yang kini hadir di Playstore. Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app

Share