4 Adaptasi Kebiasaan Baru di Sektor Seni dan Budaya saat New Normal

Sumber: Freepik

Di era new normal, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap beraktivitas sambil menerapkan protokol kesehatan. Sektor ekonomi serta sektor pariwisata telah memiliki aturan kebiasaan barunya sendiri. Bagaimana dengan sektor hiburan, seni, dan budaya seperti konser musik dan event olahraga? Bagaimana adaptasi kebiasaan baru di sektor-sektor tersebut? Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerbitkan aturan mengenai protokol kesehatan di bidang ekonomi kreatif, termasuk konser musik atau kegiatan event yang mengumpulkan banyak orang. Aturan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Covid-19. Apa saja sih? Check this out! 

1. Konser Musik Apakah Diperbolehkan? Music Concert Images | Free Vectors, Photos & PSD

Sumber: Freepik

Konser musik berpotensi besar terhadap terjadinya penularan COVID-19 karena mengumpulkan banyak orang dalam waktu dan tempat yang sama. Namun, agar sektor hiburan tetap produktif, konser musik pun diperbolehkan dengan menjalani protokol kesehatan tertentu. Di dalam aturan protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum, disebutkan tentang larangan penyelenggaraan event atau konser musik dengan model penonton berdiri seperti kelas festival, karena sulit menerapkan prinsip jaga jarak.

Konser musik harus menyediakan tempat duduk untuk para penonton agar tetap bisa menerapkan jaga jarak fisik. Selain itu, penyelenggara event juga harus gencar menginformasikan kepada penonton agar mengikuti ketentuan jaga jarak minimal 1 meter sesuai dengan anjuran WHO. 

2. Bagaimana Dengan Turnamen Olahraga?Silhouette action sport outdoors of a group of kids having fun ...

Sumber: Freepik

Pandemi virus corona sangat berdampak pada event berbasis sport tourism yang tidak bisa berjalan. Kompetisi dan turnamen olahraga yang terhenti sementara tidak hanya merugikan para atlet, klub, dan official saja. Tapi, berdampak juga dengan pedagang yang berjualan di sekitar stadion. Oleh karena itu, terdapat protokol kesehatan untuk turnamen atau event olahraga yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 mendatang.

Seperti pada turnamen tenis contohnya. Dalam simulasi, pemain tidak diperbolehkan melakukan kontak fisik apapun, seperti bersalaman. Berjabat tangan diganti dengan saling menyentuhkan raket. Selain itu, pemain, wasit, serta ball boy harus menggunakan masker dari awal sampai pertandingan selesai. Pemain juga tidak boleh menyentuh perlengkapan lapangan pertandingan. 

3. Simulasi Konser Musik Coronavirus pandemic. a disinfectant in a protective suit and mask ...

Sumber: Freepik

Sebagaimana yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Covid-19, konser musik harus menerapkan jaga jarak fisik. Oleh karena itu, dalam simulasi, para penonton diharapkan tidak berdiri, berkerumun, apalagi berdesak-desakan saat menikmati pertunjukan konser musik.

Sebaliknya, penonton harus duduk di kursi yang telah disediakan sambil menjaga jarak aman dengan penonton lainnya. Sebelum memasuki venue, penonton juga akan dicek suhu tubuh dan mencuci tangan terlebih dahulu. Penyelenggara juga diwajibkan melakukan pembersihan dan desinfeksi tempat acara secara berkala. Penyelenggara harus menyediakan fasilitas cuci tangan serta menyediakan hand sanitizer di area publik.

4. Simulasi Turnamen OlahragaBaseball Park | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: Freepik

Kementerian Pemuda dan Olahraga RI resmi menerbitkan protokol kesehatan dalam kegiatan olahraga nasional pada masa new normal. Panduan Kemenpora RI mengatur protokol kesehatan pada umumnya, seperti menjaga jarak, kewajiban menggunakan masker, dan mencuci tangan. Semua personil klub diwajibkan melakukan tes PCR dan melewati tes suhu tubuh jika ada kejuaraan. Turnamen olahraga boleh diselenggarakan dengan maksimal kehadiran penonton 30 persen dari kapasitas yang tersedia.

Turnamen olahraga hanya boleh dihadiri oleh penonton minimal usia 17 tahun dan maksimal 45 tahun. Selain itu, penonton juga wajib menunjukkan hasil tes negatif PCR. Tahap pelaksanaan kejuaraan dan turnamen erbagi menjadi tiga. Pada tahap satu, induk cabang olahraga individu boleh melakukan kegiatan olahraga sambil tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, termasuk melakukan tes PCR. 

Download Aplikasi Fazzdoc Yuk!

Kamu bisa menemukan ribuan dokter serta rumah sakit terbaik untuk melalui aplikasi Fazzdoc! Temukan solusi kesehatanmu dengan mudah di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fazzdoc.app untuk Playstore dan https://apps.apple.com/id/app/fazzdoc-fazz-doctor-booking/id1499323746 untuk App Store.

Share