10 Tips Ampuh Mengatasi Jerawat. Check This Out!

Sumber foto : We Heart It/@sharmaishani

Jerawat pada kulit menjadi masalah yang cukup meresahkan, ya. Menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu penampilan sekali tentunya. Nah, apa saja tips jitu untuk menghilangkan masalah jerawat? Tidak perlu mahal-mahal, banyak cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Apa saja? Simak yuk artikel berikut!

1. Perbanyak Minum Air Putihblue, colours, and ice image

Sumber foto : We Heart It

Ini adalah cara mengatasi jerawat yang efektif dan tentunya praktis. Cairan dalam tubuh yang mencukupi membantu proses penyembuhan jerawat dan mencegah tumbuhnya jerawat baru. Jika kekurangan cairan, kulit dapat mudah kering hingga dapat iritasi. Jadi, air putih adalah hal yang esensial banget lho untuk mengatasi jerawat. Yuk dicoba!

2. Cuci Muka Secara Rutinarticle, health, and healthy image

Sumber foto : We Heart It

Nah, cara mengatasi jerawat berikutnya juga mudah. Pastikan kamu cuci muka terlebih setelah beraktivitas. Debu, asap dan polusi kerap kamu jumpai di jalan. Pasti tidak ingin zat-zat negatif tersebut menempel di kulit hingga menyebabkan iritasi dan jerawat bukan? Oh iya setelah mencuci muka, keringkan muka dengan handuk atau tisu yang steril yaa agar aman untuk kulit.

3. Olahraga Teraturgoals, gym, and inspiration image

Sumber foto : We Heart It

Tahukah kamu bahwa berolahraga dapat melancarkan peredaran darah? Nah, jika peredaran darah lancar, sel kulit dapat terpelihara dengan sehat. Merawat kesehatan kulit terutama mengatasi jerawat tidak harus selalu menggunakan produk kecantikan alias perawatan dari luar. Perawatan dari dalam tubuh juga efektif lho mengatasi jerawat membandel lho. 

4. Konsumsi Makanan Sehatfruit, salad, and health image

Sumber foto : We Heart It

Satu lagi cara mengatasi jerawat dari dalam yaitu, konsumsi makanan sehat. Memang, konsumsi makanan sehat itu banyak banget manfaatnya terlebih untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga tubuh ideal, konsumsi makanan sehat juga punya dampak positif lho untuk kulit. Jerawat dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan. Jadi, perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah yang mengandung vitamin C, ya! 

5. Jauhkan Diri Dari StressImage by ? ? ? ? ? ?

Sumber foto : We Heart It

Jerawat tidak hanya tumbuh karena faktor eksternal seperti polusi, asap kendaraan atau debu. Ketika stress, hormon tubuh lebih banyak menghasilkan sebum (minyak). Nah, untuk mengatasi jerawat salah satu cara tersimple-nya adalah jauh-jauh dari stress. Kalau sedang penat, ataupun aktivitas menumpuk, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak agar tidak stress. Perawatan tubuh dari dalam tuh penting banget.

6. Gunakan Sunscreenbeauty, skincare, and sunscreen image

Sumber foto : We Heart It

Produksi minyak berlebih pada kulit dapat menimbulkan kemunculan jerawat. Untuk mencegah jerawat dengan cara perawatan dari luar, kamu bisa menggunakan sunscreen. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari. Sekarang ini, telah banyak produk sunscreen (tabir surya) yang tepat digunakan untuk kulit berjerawat. Merek-merek sunscreen terkenal seperti Avene, Cetaphil dan lainnya mudah ditemukan di apotek terdekat. 

7. Pilih Toner Sesuai Jenis Kulitacne, flawless, and girly image

Sumber foto : We Heart It

Selain penggunaan sunscreen, kamu juga dapat menggunakan toner untuk mengatasi jerawat, lho. Toner membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Nah, minyak berlebih ini dapat memicu tumbuhnya jerawat membandel. Oh iya, toner adalah must have item untuk kamu yang rutin menggunakan make up. Membersihkan make up dengan toner dipastikan lebih bersih karena pengangkatannya maksimal. 

8. Aplikasikan Krim Aloe Vera (Lidah Buaya)

skincare, kbeauty, and cosrx image

Sumber foto : We Heart It

Krim aloe vera dapat menjadi pelembab untuk wajah berjerawat. Wajah berjerawat itu umumnya berminyak. Meski berbentuk krim, aloe vera tidak menyumbat pori sehingga aman untuk wajah berjerawat. Saat ini, krim aloe vera dapat dengan mudah kamu temui di toko-toko kosmetik maupun apotek. Ssst, krim aloe vera juga dinobatkan sebagai salah satu jenis skincare terbaik lho. Yakin tidak ingin mencoba untuk mengatasi jerawat? 

9. Masker dari Bahan-Bahan Alami

acne, diy, and oily skin image

Sumber foto : We Heart It

Ada cara mengatasi jerawat lainnya yang tak kalah efektif dan mudah. Kamu bisa membuat masker sendiri lho di rumah. Wah, menghemat biaya sekali bukan? Masker dapat diaplikasikan pada kulit sebagai salah satu cara mengatasi jerawat. Bahan-bahan alami seperti madu, kulit jeruk, hingga mentimun cocok banget untuk dijadikan bahan campuran untuk masker.

10. Bersihkan Make Up Setelah PemakaianImage by Sokphanny Tith

Sumber foto : We Heart It

Setelah menggunakan make up apalagi setelah seharian beraktivitas, pasti ada rasa malas untuk menghapusnya bukan? Sampai rumah, rasanya ingin cepat-cepat beristirahat dan mengabaikan make up yang masih menempel di wajah. Wah, jangan sampai ya! Karena kondisi kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Untuk menghindari hadirnya jerawat dan iritasi akibat make up yang menempel sepanjang hari, ada baiknya segera menghapus make up jika sudah selesai beraktivitas. 

Share